CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anies Baswedan: Jakarta Butuh Besek Bambu untuk Daging Kurban
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3fdfe99a972e56371ca024/anies-baswedan-jakarta-butuh-besek-bambu-untuk-daging-kurban

Anies Baswedan: Jakarta Butuh Besek Bambu untuk Daging Kurban

Anies Baswedan: Jakarta Butuh Besek Bambu untuk Daging Kurban

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang warganya menggunakan plastik sekali pakai untuk wadah distribusi daging kurban. Sebagai gantinya, Anies meminta PD Pasar Jaya menyediakan besek dari bambu.

“Kita minta PD Pasar Jaya untuk cari supplier besek dari berbagai wilayah di Indoneisa untuk memenuhi kebutuhan di Jakarta. Dan saya undang perajin besek bahwa Jakarta butuh itu untuk Idul Adha,” kata Anies di Islamic Center, Jakarta Utara, Selasa (30/7/2019).

Anies mengatakan, besek bambu dipilih sebagai wadah daging kurban karena dinilai ramah lingkungan dan mampu membantu ekonomi petani bambu dan perajin kecil di seluruh Indonesia.

“Kalau besek pasti pada pelaku ekonomi mikro kecil. Justru kita malah menggerakkan perekonomian di level bawah,” ucapnya.
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu percaya PD Pasar Jaya mampu menghadirkan pemasok besek bambu, sehingga kantong plastik sekali pakai tidak lagi digunakan untuk mendistribusikan daging kurban di Jakarta.

“Paling tidak di Pasar Jaya kita siapkan. Karena itulah, kami undang perajin untuk ikut suplai. Ada satu hal yang membedakan plastik sekali pakai dengan besek. Itu bisa dipakai berkali-kali,” kata Anies menandaskan.

Dinas Lingkungan Hidup (LH) mengimbau agar seluruh panitia Idul Adha di Ibu Kota tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai (PSP). Apalagi penggunaan kantong plastik hitam ketika pembagian daging kurban.

"Agar panitia kurban menggunakan wadah yang ramah lingkungan, seperti daun pisang, daun talas, besek bambu, besek daun kelapa, besek daun pandan atau bahan ramah lingkungan lainnya," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih di Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Dia menjelaskan, kantong plastik merupakan jenis sampah yang membutuhkan waktu ratusan tahun agar terurai. Kantong plastik hitam juga hasil proses daur ulang plastik bekas pakai.

Selain itu, proses daur ulangnya pun juga ditambahkan berbagai bahan kimia. Sehingga, hal itu dapat menambah dampak bahaya dari penggunaannya.

"Riwayat penggunaan sebelumnya tidak diketahui, apakah bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, limbah logam berat, kotoran hewan atau manusia," ucapnya.
Karena hal itu, Andono mengharapkan agar momentun Idul Adha dapat menjadi bagian Pemprov DKI Jakarta untuk kampanye pengurangan penggunaan kantong PSP.

"Idul Adha masih beberapa pekan ke depan, masih ada waktu yang cukup bagi panitia untuk mempersiapkannya dengan baik. Agar lebih thayib (baik) ibadah kurbannya," jelasnya.

sumur

Kebijakan gabener seimin memang inovatif brayy.. cm buat wadah daging kurban ajh ribet amat. Ntr tuh besek dibuang jg padahal. emoticon-Wakaka
Ane mencium kongkalikong proyek bambu nih brayyy. Belon lama bambu ngbaik jd bahan berita eh muncul lg besek kurban. Gmn gak jancuk coba? emoticon-Cape d...
Suka2 elu deh bud... ane mah bodo amat.
Anies Baswedan: Jakarta Butuh Besek Bambu untuk Daging Kurban
profile-picture
profile-picture
profile-picture
loeztsee dan 28 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
Nih beseknya dari ini aja...


Anies Baswedan: Jakarta Butuh Besek Bambu untuk Daging Kurban
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fairuzkamil87 dan 13 lainnya memberi reputasi
jadi pemprov yg nyediain besek ?? enak banget yah cepet menghabiskan anggaran emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
handa 23 dan 4 lainnya memberi reputasi
Beli plastik ukuran 24 satu paketnya 15ribu uda dapet yg tebal isi banyak...

Kalo beli besek, berapaan tuh harga satuannya ??? Bukannya lebih mahal ???



emoticon-Bingung emoticon-Bingung emoticon-Bingung



Awas ente y nis jangan sampe nanti ngomong “plastik impor dari cina, kalo besek bikin didalam negeri duitnya buat pribumi”


emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fairuzkamil87 dan 14 lainnya memberi reputasi
tul, kantong kresek 200 rupiah ... mahal emoticon-Stick Out Tongue
enak besek 50 rupiah emoticon-Ngakak
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ide bagus tapi minim perencanaan,
bayangin aja sok2an ngumpulin pengrajin se-Indonesia demi Jakarta? sedang test the water menjadi Presiden, pak? emoticon-Big Grin

Headline nya juga terlalu heboh seolah harus dari bambu, padahal banyak juga material alternatif asalkan jangan pakai plastik & ramah lingkungan, sehingga jadi mudah menggiring opini ke soal Getah Getih kemarin emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fairuzkamil87 dan 4 lainnya memberi reputasi
Knp gak nyuruh penerima kurban bawa kantong sendiri aja Pak?kayak toko swayalan gitu. Oh iya lupa, Gubernur DKI skrg kan sukanya mikir out of the box.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fairuzkamil87 dan 12 lainnya memberi reputasi
ide nya sih bagus, tapi kenapa ga pake tupperwere aja sekalian, lebih awet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Gabener bambu

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
hebat....

ini pola pikir gubernur rasa pak rt patut di lestarikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nastak goblok lebih seneng pakai bungkus plastik yg diimpor dari cina, yang merusak alam.
Nastak goblok gak peduli lingkungan, seluruh dunia sedang gencar2nya kampanye anti kantong plastik, nastak malah pro kantong plastik.

Ada gubernur yg mengajak mengurangi penggunaan plastik, nastak malah kejang2

Anies Baswedan: Jakarta Butuh Besek Bambu untuk Daging Kurban
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prince.cerberus dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tujuh.tahun
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Turunan yamanjing pilihan monaslimin keparat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Itu besek buat nutup muka nya
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan eFVZee memberi reputasi
Anies Baswedan: Jakarta Butuh Besek Bambu untuk Daging Kurban
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fairuzkamil87 dan 4 lainnya memberi reputasi
Daun pisang, daun jati malah mudah didapat dan mumer.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
pake daun pintu aja ya goodbener.. tiap rumah kan ada tuh..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
jangan lupa pake otak oi
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan ninjes memberi reputasi
Bambu lagi aja

Hadeeehhh
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ada yg rekomenin tupperware wakakakakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
Pada saat Jakarta menghadapi masalah Sampah yg jelas2 urgent penyelesaiannya, si Gabener malah ngomongin yang remeh temen.

Padahal Risma aja bilang masalah sampah Jakarta Medeni, karena Bantar Gebang habis kontrak 2021, TPA penggantinya baru selesai 2022. Itupun hanya bis amenampung 2,200 TPH Sampah sementara produksi sampah Jakarta 7,500 TPH.

profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan whitepoint memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di