Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kitten.meowAvatar border
TS
kitten.meow
Bendera Tiongkok Berkibar Setengah Tiang di Tiananmen untuk Li
BENDERA Tiongkok berkibar setengah tiang di Lapangan Tiananmen, Senin (29/7), sebagai penghormatan kepada mantan Perdana Menteri Tiongkok Li Peng yang memerintahkan pembantaian demonstran di lapangan tersebut pada 1989.

Li yang meninggal dunia di usia 90 tahun pada pekan lalu dijuluki Jagal Beijing karena perannya dalam aksi brutal militer Tiongkok terhadap demonstran prodemokrasi pada 4 Juni 1989.


Namun, dalam pernyataan belasungkawa dalam media massa Tiongkok, Li disebut sebagai 'prajurit komunis yang setia dan teruji yang mengambil langkah penting untuk mencegah kekacauan di Tiongkok pada 30 tahun lalu'.

Di Lapangan Tiananmen, Senin (29/7), prajurit saat upacara penaikan bendera menaikkan bendera Tiongkok setengah tiang saat ratusan mata turis memandang.

*Baca juga: *

Kantor berita Tiongkok Xinhua melaporkan jenazah Li akan dikremasi di Beijing pada Senin (29/7).


Bendera Tiongkok juga dikibarkan setengah tiang di Aula Rakyat di sebelah Tiananmen serta di bagunan pemerintah, bandara, dan kedutaan besar Tiongkok.

Li menjabat sebagai perdana menteri Tiongkok selama 11 tahun hingga 1998. Dia kemudian menjabat sebagai Ketua Parlemen Tiongkok hingga 2003.

Meski keputusan untuk menghancurkan demonstran adalah keputusan kolektif bersama deng Xiaoping, Li dianggap bertanggung jawab atas pembantaian itu. (AFP/OL-2)


https://m.mediaindonesia.com/read/de...wang-400-meter


Bantai org Jadi pahlawan
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
754
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan