Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bangezakAvatar border
TS
bangezak
Benarkah Lintah mempunyai manfaat bagi tubuh?Simak Disini!
Mungkin bagi sebagian orang yang mendengar kata "lintah" akan merasa jijik mendengarnya, Namun jangan salah sangka,lintah mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia loh,bahkan ada yang membuka usaha terapi lintah,nah apa aja nih manfaatnya?yuk kita simak, ohiya sebelum ngebahas tentang manfaatnya lintah,ada baiknya kita harus tau lintah itu apa.

Lintah adalah hewan yang tergabung dalam filum Annelida subkelas Hirudinea. Terdapat jenis lintah yang dapat hidup di daratan, air tawar, dan laut. Seperti halnya kerabatnya, Oligochaeta, mereka memiliki klitelum untuk menyimpan telur-telur pada segmen-segmen tertentu. Seperti Oligochaeta, lintah juga hermafrodit (berkelamin ganda). Lintah obat Eropa, Hirudo medicinalis, telah sejak lama dimanfaatkan untuk pengeluaran darah (plebotomi) secara medis.

A.Apakah lintah dengan Pacet itu sama?
Lintah (Hirudo medicinalis) habitatnya hidup di air untuk menjaga kelembaban dan suhu tubuhnya. Sedangkan pacet (Haemodipsa zeylanica) hidup melekat di dedaunan dan batang pohon yang lembab. Biasanya lintah memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari pacet. Semua spesies lintah adalah karnivora .

Spoiler for LINTAH,yang geli jgn lihat:


Spoiler for Pacet,yg gakuat jangan diliat:



B.Manfaat lintah
keefektifan lintah dalam penyembuhan berbagai masalah kesehatan nyatanya telah dikenal sejak ratusan tahun lalu. Terapi lintah pun hingga kini banyak digemari, sebagai salah satu alternatif penyembuhan penyakit, terutama penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah.
Lintah yang digunakan untuk pengobatan pun bukan sembarang lintah. Hanya lintah jenis hirudo saja yang dikembangkan dalam lingkungan khusus saja, yang bisa digunakan untuk terapi pengobatan, yaitu hirudo medicinalis, hirudo orientalis, hirudo troctina, dan hirudo verbana. Lintah jenis ini memiliki bekas gigitan berbentuk huruf Y, yang akan hilang sendiri tanpa meninggalkan bekas luka.
Kandungan dalam Air Liur Lintah
Apa keunggulan lintah yang membuatnya dapat digunakan sebagai metode penyembuhan? Apa benar manfaat lintah untuk tubuh manusia bisa diandalkan? Jawabannya, terletak pada air liurnya. Air liur lintah mengandung berbagai zat yang dipercaya mampu membantu menjaga kesehatan tubuh. Zat-zat tersebut antara lain:
1. Hirudin
Zat yang mengandung 65 asam amino ini biasa digunakan pada operasi saraf-saraf kecil. Fungsinya adalah untuk menghambat pembekuan darah dan mengurangi tersumbatnya aliran darah.
2. Histamine
Zat histamine atau juga dikenal dengan sebutan bioamina ini pertama kali ditemukan oleh Dale dan Laidlaw pada 1910. Fungsi zat histamine dalam air liur lintah ini adalah untuk memperlebar pembuluh darah untuk menyalurkan zat hirudin, serta meningkatkan volume darah yang dihisap di area tersebut.
3. Enzim Calin
Enzim ini berfungsi untuk mencegah infeksi dan menyembuhkan luka. Dalam tubuh, enzim ini banyak terdapat pada darah, yang berfungsi sebagai penghambat pembekuan darah.
4. Carboxypeptidase A Inhibitor
Zat ini berfungsi untuk melancarkan aliran darah pada area gigitan. Ketika lintah mengisap darah, zat ini akan membantu menghambat pengentalan darah di sekitar bagian tubuh yang digigit ketika melakukan terapi lintah.
5. Kolagen
Zat yang biasa dijumpai pada produk-produk kecantikan wajah ini juga terdapat pada air liur lintah. Fungsinya adalah untuk mengendalikan dan merawat trombosit. Jika diaplikasikan pada wajah, zat ini mampu menghambat penuaan dini dan mencegah kerutan.
Manfaat Terapi Lintah untuk Kesehatan
Sebagai metode pengobatan, terapi lintah dipercaya dapat membawa banyak manfaat. Berikut beberapa di antaranya:
1. Mengatasi Hipertensi
Air liur lintah mengandung zat yang mampu memperlancar sekaligus menyeimbangkan tekanan darah. Sebagai pengobatan hipertensi, terapi lintah dilakukan pada beberapa titik yang dapat langsung bekerja pada pembuluh vena.
2. Mengobati Diabetes
Pengidap diabetes selalu diintai oleh kematian jaringan, yang dapat berujung pada proses amputasi. Terapi lintah dipercaya mampu meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, sehingga risiko kematian jaringan pun berkurang.
3. Mempercepat Penyembuhan Luka
Zat bdellins yang terdapat pada air liur lintah dapat membantu mengatasi peradangan dalam tubuh, seperti peradangan saluran pencernaan, pankreatitis, dan hepatitis. Cara kerja lintah dalam penyembuhan luka atau peradangan ini adalah dengan menghisap darah, lalu mengeluarkan air liur yang mengandung senyawa peptide. Senyawa tersebut berfungsi untuk mengatasi pembekuan darah dan melancarkan peredaran darah.
4. Menyembuhkan dan Menjaga Kesehatan Kulit
Zat kolagen yang terkandung dalam air liur lintah dapat menjadi solusi untuk berbagai masalah kesehatan kulit. Terapi lintah pun kini banyak dilakukan pada banyak klinik kecantikan, karena dipercaya mampu mencegah penuaan dini dan kerutan pada wajah sehingga manfaat lintah untuk kecantikan memang benar-benar terasa.


C.Cara Lintah berkembang biak?
 Lintah memang hewan hermafrodit, tetapi tetap butuh lintah lain untuk berkembang biak atau tidak dapat membelah diri sendiri layaknya amoeba. Lintahpun berkembang biak hanya setelah masa dewasa sekitar usia 6 bulan dan sebelum itu harus mengerami telur-telurnya yg berbentuk kokon.
Spoiler for telur lintah:


Nah nih gan lintah raksasa yang pernah ditemukan,gatau sih beneran atau cuma editan.
Spoiler for lintah raksasa:


yenyoktafia
pjam
alifrian.
alifrian. dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.4K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan