CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Penganut Aliran Kepercayaan Minta Penyesuaian
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3c30898012ae498a3d14a0/penganut-aliran-kepercayaan-minta-penyesuaian

Penganut Aliran Kepercayaan Minta Penyesuaian

Penganut Aliran Kepercayaan Minta Penyesuaian

25 JULI 2019 | 22:22 WIB - LINTAS JATENG

Penganut Aliran Kepercayaan Minta Penyesuaian

Pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Foto : Probo Wirasto.


PEMALANG, WAWASANCO- Seratusan lebih  penganut aliran kepercayaan di Kabupaten Pemalang mengajukan penyesuaian data kependudukan, menurut Kepala Disdukcatpil Andria Heru Cahyono, melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informmasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, Agus Syarif Nurhadi, pihaknya langsung memproses pengajuan tersebut yakni pada kolom agama karena memang sudah ada ketentuannya.

"Di Kabupaten Pemalang pengajuan penyesuaian data kependudukan seperti e-KTP dan kartu keluarga oleh penganut aliran kepercayaan dilakukan secara kolektif sehingga memudahkan, berbeda dengan daerah lain yang dilakukan secara perorangan,"jelasnya, Kamis (25/7).

Menurutnya hal tersebut tidak lepas dari sosialisasi yang telah dilakukan Disdukcatpil sebelumnya ke sejumlah aliran kepercayaan yang ada di Kabupaten Pemalang, dimana berdasarkan pemberitahuan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan jummlah aliran kepercayaan yang terdaftar ada sebanyak 7, baik berdiri sendiri secara mandiri maupun merupakan cabang dari yang ada di kota lain. Adapun jumlah anggota aliran kepercayaan yang semuanya mencapai 474 orang.

Pecatatan Perkimpoian

Sementara itu mengenai pencatatan perkimpoian penghayat kepercayaan, menurutnya juga bukan hal yang susah karena juga akan difasilitasi yakni cukup dengan membawa SK organisasi serta SK pemuka penghayat kepercayaan yang bersangkutan. Sehingga dengan demikian untuk saat ini kepentingan para penghayat kepercayaan sudah diakomodir oleh pemerintah.

Ditanyakan terkait kemungkinan adanya anggota penghayat kepercayaan yang ada kemungkinan belum mengetahui informasi tentang pelayanan perubahan e-KTP dan KK, menurut Agus Syarief Hidayatuloh pihaknya sudah beberapa kali melaksanakan sosialisasi secara langsung pada para anggota penghayat kepercayaan sehingga diharapkan aturan baru ini sudah tersampaikan. "Dan tidak menutup kemungkinan antar anggota penghayat kepercayaan sudah saling menyebarkan informasi tentang penyesuaian data e-KTP dan KK yang sudah bisa dilakukan di Disdukcatpil Pemalang,"pungkasnya.

Penulis : pw 
Editor   : jks

https://wawasan.co/news/detail/9952/...ta-penyesuaian


Mendingan kolom agama di ktp dihapus aja, nggak ada gunanya sama sekali
profile-picture
profile-picture
greedaon dan bajier memberi reputasi
Sabar ya, lagi diproses
berkurang lagi 474 orang emoticon-Cape d...

termasuk aliran apa yak ini
gereja diperbolehkan pake toa

maklum biar orang orang kristen bisa bangun buat ibadah

gimana?
syukurlah
semoga semakin sekuler negara kita
supaya keinginan ts terkabul
ini dari tadi percaya2 trus, emang percaya apa sih min ? 😅
Kalau ane mau diapus kek mau kagak, yang penting jangan ngerusuh dan ganggu ketentraman.
Ilustrasi penghayat kepercayaan (Foto: Istimewa/jogja.tribunnews.com)

Baru 300an, Pemprov Riau Ajak Penghayat Kepercayaan Lain Segera Melapor

RIAU1.COM - Pelaksana tugas (Plt) Pelestarian Adat dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Tengku Zul Efendi mengajak masyarakat penghayat kepercayaan lain yang belum untuk segera melaporkan diri.

Pendataan itu dibutuhkan untuk keperluan administrasi. Salah satunya adalah tentang pencatatan perkimpoian penghayat kepercayaan bagi pencatatan administrasi yang telah disahkan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 40 Tahun 2019 tentang Pelaksana UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

"Kita mengimbau kepada kelompok penghayat yang lain untuk berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Dinas Kebudayaan untuk berbagai kepentingan," sebutnya.

Imbauannya itu mengingat baru 
351 jiwa penghayat kepercayaan dan 79 KK dengan satu suku terdaftar di Dinas Kebudayaan Riau.

Sementara Riau memiliki luasan 87 ribu kilometer persegi lebih dengan keanekaragaman budaya baik darat maupun Kepulauan dengan 12 Kabupaten dan kota.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Pelestarian Adat dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Tengku Zul Efendi mengatakan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) merupakan wilayah terbanyak yang memiliki masyarakat dengan penganut Penghayat Kepercayaan di Riau.

Penghayat kepercayaan sudah dikenal sebelum Islam, Kristen dan agama lainnya masuk ke Tanah Air. Dapat dikatakan bahwa ini merupakan agama asli dari Indonesia.

http://m.riau1.com/berita/riau/15641...Segera-Melapor

#penghayatkepercayaan #tolakpenjajahanbudaya #gerakannasionalbudayanusantara


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di