CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Dikit Lagi Lulus? Ketahui 5 Softskill yang Sangat Dibutuhkan di Dunia Kerja Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3bea21facb954905653696/dikit-lagi-lulus-ketahui-5-softskill-yang-sangat-dibutuhkan-di-dunia-kerja-ini

Dikit Lagi Lulus? Ketahui 5 Softskill yang Sangat Dibutuhkan di Dunia Kerja Ini

Dikit Lagi Lulus? Ketahui 5 Softskill yang Sangat Dibutuhkan di Dunia Kerja Ini

Kebanyakan orang mati-matian mempelajari mata pelajaran atau mata kuliah mereka seolah-olah salah satu cara mendapatkan pekerjaan adalah dengan mengandalkan hal tersebut. Padahal, tidak semua orang merekrut pekerja mereka hanya mengandalkan hardskill saja. Ada banyak orang yang mempertimbangkan softskill pelamarnya sebelum memutuskan apakah mereka diterima atau ditolak.



Softskill sendiri merupakan ilmu yang tidak dapat kalian raih dalam pendidikan formal melainkan harus kalian dapatkan lewat berbagai macam pengalaman-pengalaman yang akan membentuk softskill tersebut.

Softskill sangat berguna bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan karena sekarang pelamar tidak hanya dipandang dari segi hardskill saja melainkan juga softskillnya. Lalu, apa saja softskill yang dibutuhkan orang untuk mencari pekerjaan? Mari kita bahas satu persatu.

1. Komunikasi
Dikit Lagi Lulus? Ketahui 5 Softskill yang Sangat Dibutuhkan di Dunia Kerja Ini

Semua orang tentunya bisa berkomunikasi lewat berbagai macam hal. Tetapi tidak semua orang mempunyai kemampuan berkomunikasi yang benar dan bagus. Kemampuan komunikasi yang dimaksud disini adalah kemampuan kita menyampaikan sesuatu secara jelas, kemampuan bernegosiasi, dan kemampuan kita memahami orang lain.

2. Berpikir Kritis
Dikit Lagi Lulus? Ketahui 5 Softskill yang Sangat Dibutuhkan di Dunia Kerja Ini

Orang yang berpikir kritis adalah orang yang selalu memikirkan sesuatu secara matang dan akan langsung bertanya kepada orang lain jika dia tidak memahami apa yang sedang dibicarakan atau disampaikan dan juga orang yang berpikir kritis adalah orang yang mampu menganalisa situasi dengan cepat dan tepat.

3. Kepemimpinan
Dikit Lagi Lulus? Ketahui 5 Softskill yang Sangat Dibutuhkan di Dunia Kerja Ini

Semua orang tentunya ingin menjadi pemimpin, tapi tidak semua orang mempunyai softskill kepemimpinan. Orang dengan softskill kepemimpinan adalah orang yang mampu mengatur bawahannya dengan baik dan adil. Selain itu mereka juga bisa mengelola sumber daya yang ada dengan maksimal dan dapat mengatasi masalah yang terjadi dan mengambil keputusan yang tepat untuk setiap hal.

4. Kepribadian
Dikit Lagi Lulus? Ketahui 5 Softskill yang Sangat Dibutuhkan di Dunia Kerja Ini

Orang yang memiliki kepribadian yang baik memiliki merupakan orang yang tau etika dan bisa menyesuaikan posisi mereka dalam kondisi-kondisi tertentu. Selain itu mereka memiliki sopan santun, kepercayaan diri, kejujuran, dan masih banyak hal lainnya.

5. Kerjasama Tim
Dikit Lagi Lulus? Ketahui 5 Softskill yang Sangat Dibutuhkan di Dunia Kerja Ini

Setiap pekerjaan pasti melibatkan kita dengan orang lain di tempat kerja tersebut. Maka dari itu kerjasama tim merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dimiliki. Kita harus bisa berkooperasi dengan orang lain dan juga memberikan saran yang baik dan juga dapat menerima kritik orang lain terhadap kita.

Itulah beberapa softskill yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Kalau kalian suka dengan thread ini jangan lupa cendol emoticon-Toastdan rate5nyaemoticon-Rate 5 Star.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
captainpirates dan 2 lainnya memberi reputasi
Spoiler for Thread Menarik Ane Lainnya:
ipk loe apa kabar wkwk..
Wah, makasih banyak gan info tambahannya. Emang sih beberapa softskill diatas memang dirasa sangat perlu buat menghadapi dunia kerja yang makin kompetitif di masa sekarang ini
Sepakat dengan agan TS...

Adal Hard-Skill tidak di nomer dua kan, gan...
emoticon-2 Jempol
Quote:


Harus seimbang, softskill jalan hardskill jalan
betull itu
setuju nihh emang penting banget softskill itu kalo mau kerja di perusahaan-perusahaan besar. percuma juga kalau IPK besar tapi gak sama sekali memiliki softskill, ujung-ujungnya nanti malah bikin perusahaan kecewa berat sama kita
softskill,hardskil + jangan lupa berdoa bro 😁
Quote:


Sama sama gan
profile-picture
azid12353 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Quote:


Bener banget gan, harus seimbang hardskill dan softskill
Quote:


Kalo udah kecewa di pecat dah
Quote:


Doa emang harus ngalir terus gan
profile-picture
captainpirates memberi reputasi
Quote:


Cuma dia dan Tuhan yang tau gan
noted!!!! infonya bermanfaat sekali makasihemoticon-Smilieemoticon-Smilieemoticon-Smilie ane inshaAllah 2 minggu lagi sidang akhir mohon doanya ya agan sista supaya lancar... dan setelah lulus ane dapet rezeki bisa langsung bekerja..
Quote:


mantab gan...heheemoticon-Jempol
Quote:


Semangat sidangnya, semoga bisa langsung kerja


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di