Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pelindungsapiAvatar border
TS
pelindungsapi
Ketegangan China-Taiwan Meningkat, Amerika Kerahkan Kapal Perang
JAKARTA - China mengecam tindakan kapal perang milik Angkatan Laut AS yang berlayar melalui Selat Taiwan setelah Beijing memperingatkan siap untuk perang jika Taiwan berupaya memerdekakan diri.

Pengerahan kapal perangnya, USS Antietam itu ke Selat Taiwan terjadi saat ketegangan antara China dan Taipei kembali memanas dalam beberapa waktu terakhir.

Armada Ketujuh Angkatan Laut AS di Pasifik menyebutkan pelayaran itu berlangsung selama 24-25 Juli sebagai bagian dari transit rutin.

"Persinggahan ini memperlihatkan komitmen AS terhadap perairan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," menurut pernyataan Armada Ketujuh AL AS seperti dikutip CNN.com, Jumat (26/7/2019).

Washington menegaskan "Angkatan Laut AS akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana saja yang diizinkan hukum internasional."

Sebelumnya, Beijing dalam buku putih pertahanannya menuduh AS menggunakan pengaruh politik untuk merusak stabilitas global.

Pengerahan USS Antietam ke Selat Taiwan juga berlangsung setelah angkatan udara China-Rusia menggelar latihan bersama yang tidak pernah terjadi sebelumnya pada awal pekan ini.

Kendati demikian, hingga kini belum ada respons resmi dari pemerintahan presiden Xi Jinping terkait pengerahan kapal perang tersebut.

AS secara berkala melakukan pelayaran dengan dalih uji navigasi di Selat Taiwan yang selalu memancing kemarahan China.

https://m.bisnis.com/kabar24/read/20...n-kapal-perang

Urusan amerika apa ya, yg berantem china ama taipei, kok amerika yg sibuk? Ada yg tau apa peran amerika?
0
2.1K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan