Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sukhoivsf22Avatar border
TS
sukhoivsf22
Banyak Orang RI Tak Melek Bank, Fintech Laris Manis
Selasa, 23 Jul 2019 21:01 WIB

Eduardo Simorangkir - detikFinance


Mirza Adityaswara/Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat pertumbuhan pembiayaan perekonomian dalam negeri melalui financial technology (fintech) tumbuh 274% secara year on year (yoy) per Juni 2019. Meskipun pembiayaan melalui fintech menjadi yang terkecil di antara sumber pembiayaan lainnya, namun pertumbuhannya tercatat meningkat pesat dibanding sumber pembiayaaan lainnya, termasuk perbankan atau kredit bank umum yang hanya tumbuh 10,05% (yoy).

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara mengatakan hal ini mencerminkan popularitas fintech di Indonesia saat ini sangat tinggi. Hal ini menurutnya juga didukung oleh masih banyaknya masyarakat yang belum terjangkau oleh sistem perbankan.

"Fintech walaupun bunganya tinggi tapi masih banyak masyarakat yang butuh kredit karena belum terjangkau oleh sistem perbankan kita," katanya di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Pertumbuhan jumlah pengguna fintech juga tercatat sangat drastis. Jumlah borrower atau peminjam per Mei 2019 tercatat mencapai 8,7 juta, jauh lebih tinggi dibanding Maret 2018 yang sebanyak 1,03 juta borrower.

"Artinya masyarakat kita yang butuh pendanaan, baik untuk produksi maupun untuk konsumer. Yang belum terjangkau oleh perbankan kita sehingga mereka tetap pinjam walaupun bunganya tinggi," katanya.

"Makanya sekarang oleh OJK mulai diatur bunganya fintech. Dan fintech ilegal juga ditutup untuk mengurangi dampak negatif di masyarakat," tambahnya.


(eds/zlf)

https://www.detik.com/finance/fintec...ch-laris-manis
0
2K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan