Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fanniajahAvatar border
TS
fanniajah
Asyik Bikin Lupa Waktu, Ini 5 Permainan Jadul Di Kampung Ane


Hallo agan agan dan sista sista penganut kaskus.. Khususnya para kreator yang sedang berbahagia menyambut even kaskus kreator. Semoga sukses pada yaah..



Seperti yang kita tahu, semua orang pasti pernah mengalami masa kecil yah gan. Tapi tidak semua masa kecil bahagia.
Masa kecil adalah masa masa yang paling bahagia, itu sudah menjadi hak setiap anak. Saat kecil, yang kita lakukan hanyalah sekolah, mengerjakan tugas dan bermain, begitu saja setiap hari sampai dewasa. Namun Yang paling membuat kita gembira adalah pada saat kita bermain bersama teman diluar, itu jika gan sist lahir kedunia pada tahun 1990an. Lain hal nya dengan anak anak yang lahir tahun kemarin sore.

Dulu banyak sekali permainan tradisional yang kita mainkan bersama, sampai sampai jika sekarang mengingatnya jadi ingin kembali kemasa lampau. Tapi bagaimanapun juga nggak mungkin lah ya gan.. Sudah cukup masa kecil yang bahagia dengan teman teman sepermainan, ane harap masa kecil gan sist juga bahagia

Ngomong ngomong masalah permainan yang mewarnai masa kecil kita, dikampung ane banyak sekali permainan tradisional yang kita mainkan dulu. Biasanya dikampung ane ada musim musiman untuk main permainanya. Kadang musim layangan, musim kelereng dan lain lain.

Nah pada thread ane kali ini, ane mau kenalin 5 permainan tradisional didaerah ane (Jawa ngapak) yang sederhana tapi seru. Mungkin dikampung gan sist juga ada permainan semacam ini, namun dengan nama yang berbeda. Apa saja permainan tersebut, cekidot..



1. Lima lima

dokumentasi pribadi

Pertama ada permainan yang sangat sangat sederhana. Kenapa demikian, karena permainan ini hanya membutuhkan 5 kerikil atau batu kecil yang sama besar sebagai alat mainya. Dan kita bisa sambil duduk santai saat bermain, karna hanya tangan kita saja yang bergerak. Bisa dimainkan dengan jumlah 2 pemain atau lebih, cara mainya cukup meletakan 5 batu tersebut kelantai dan ambil satu batu untuk alat lemparnya. Cukup melempar setinggi dua jengkal dari permukaan lantai kira kiranya. Nah disaat batu tersebut dilempar keatas, hanya menggunakan tangan satu, kita diharapkan dengan cepat mengambil satu persatu 4 batu lainya dan batu yang tadi dilempar tidak boleh terjatuh. Jika keempat batu lainya sudah berhasil diambil tanpa menjatuhkan batu yang dilempar, maka pemain tersebut bisa lanjut keputaran kedua. Diputaran kedua ini batu yang diambil tidak satu persatu lagi, tapi mengambil 2 batu sekaligus dan begitu seterusnya sampai putaran keempat.

Kalo didaerah ane permainan ini namanya lima - lima karna batu yang dimainkan berjumlah 5. Dulu ane dan teman teman bisa memainkan permainan ini disela waktu sebelum masuk sekolah atau jam istirahat didalam atau diluar kelas. Menurut ane permainan ini dapat melatih ketrampilan anak serta melatih berhitung.


2. Rok ndodok)

sumber gambar

Kalo dikampung ane ada beberapa permainan anak anak yang disebut rok - rokan. Ada rok umpet yang dalam bahasa Indonesia petak umpet, rok reang, dan salah satunya rok ndodok. Rok ndodok dimain secara rame rame, baik anak perempuan atau laki laki. Untuk memulai permainan ini para pemain akan hompimpah terlebih dulu dan siapa yang kalah dialah yang jadi sipengejar dan kita yang dikejar. Nah apabila sipengejar sudah mendekati kita, agar kita tidak jadi sipengejar maka kita bisa melindungi diri dengan jongkok. Karna saat kita jongkok sipengejar tidak bisa menjadikan kita pengejar sebagai gantinya, karna sipengejar harus mencari gantinya dengan pemain yang posisinya berdiri. Untuk pemain yang sudah jongkok tidak bisa bangun lagi untuk lari, kecuali dibangunkan oleh pemain lain yang berdiri.

Permainan ini bisa dimainkan dilapangan luas atau didalam kelas saat jam istirahat sewaktu SD, itu kalo nggak dimarahin guru sih. Karena dianggap menyehatkan, permainan ini juga bisa menggantikan pelajaran olahraga jika guru olahraga kami sedang absen. Jadi selain seru permainan ini juga sehat loh gan.


3. Balgok

sumber gambar

Bukan hanya Rok ndodok saja, tapi banyak permainan tradisional jadul yang bisa menggantikan olahraga. Karna dimainkan dengan lari larian, begitu juga dengan permainan balgok. Permainan ini dilakukan diluar ruangan, karena dimainkan dengan jumlah lebih dari 3 pemain untuk membuat 2 tim. Kedua tim tersebut akan bergilir memainkan bola yang digelinding dengan tujuan merobohkan pecahan keramik yang sudah disusun sebelumnya sampai 3 kali. Jika pecahan keramik tersebut sampai roboh makan tim pemain tersebut harus lari, dan tim satu nya harus melempar bola mengenai badan ke pemain lawan.

Disela sela waktu lawan mengejar, tim yang dikejar harus menata kembali pecahan keramik sampai selesai. Dan disinilah tantanganya, pemain yang dikejar tidak boleh sampai terkena lemparan bola. Jika ada pemain yang sudah kena lemparan bola maka pemain tersebut sudah tidak bisa menata ulang pecahan keramik. Jika pemain yang dikejar berhasil menyusun kemarik sampai selesai maka tim tersebutlah pemenangnya dan berhak bermain menggelinding bola lagi dan begitu seterusnya.


3. Wong wongan / orang orangan

sumber gambar

Gan sist tau permainan wong wongan.? Dalam daerah lain ada yang menyebutnya cewe cewean, karena permainan ini untuk anak perempuan dan alat mainya menggunakan boneka gambar yang terbuat dari kertas. Nama wong wongan diambil dari bahasa jawa yang artinya orang orangan dalam bahasa Indonesia. Yaah, daerah kami (Jawa ngapak) menyebutnya wong wongan, karna cara mainya seperti kita menjalani aktivitas sehari hari.

Boneka gambar yang paling legend buat kami yaitu gambar diatas, yang punya 3 karakter cewe cantik. Seinget ane, salah satu dari ketiga karakternya bernama Lingling, selebihnya ane lupa deh. Kami biasanya menambahkan mainan mainaan kecil lainya yang dirasa cocok untuk membuat rumah rumahanya. Boneka gambar kertas ini harganya juga sangat terjangkau untuk anak anak, dulu disekolahan atau abang keliling dijual seharga dibawah 500 rupiah pada tahun 2000an.


5. Jangka (Engklek)

sumber gambar

Yang terakhir ada permainan Engklek, kalau didaerah kami namanya "Jangka". Permainan ini menggunakan pecahan keramik atau genteng sebagai alat main masing pemain, untuk dilemparkan ke kotak yang sudah dibuat sesuai urutan. Lalu sang pemain melompat ke garis kotak dengan kaki satu tanpa menginjak garik dan terjatuh. Jika terjauh atau menginjak garis maka pemain tersebut dianggap gugur. Jika pemain sudah melewati semua urutan kotak, maka ia akan mendapat corak bintang disalah satu kotak tersebut.



Cukup dulu ya gan kenalan sama permainan tradisional khas daerah kami. Jika disebutin semua ya banyak banget gan, dan semuanya menggunakan alat yang sederhana namun sangat menyenangkan. Semua permainan permainan tersebut telah membuat masa kecil kami terasa bahagia dan memberikan kenangan manis untuk diceritakan masa kini. Hingga saat inipun, kalo ane lagi keinget masa kecil rasanya rindu sekali dan ingin mengulang masa indah itu.


asli tulisan Ts

Quote:
brownist
delia.adel
tata604
tata604 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.6K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan