denias168Avatar border
TS
denias168
Peneliti LIPI: Jalan Trans Papua untuk Siapa?



Source: Peneliti LIPI: Jalan Trans Papua untuk Siapa?


Amnesty: Perencanaan Trans Papua Harusnya Libatkan Warga Lokal
Sependapat dengan Cahyo, peneliti Amnesty International Indonesia (AII) Aviva Nababan menilai jalan Trans Papua belum punya peruntukan yang jelas. Ia pun mempertanyakan proses perencanaan yang dilakukan pemerintah.
"Dilihat lagi prosesnya. Apakah pemerintah melakukan fungsi-fungsinya itu dengan memikirkan hak asasi dari orang-orang yang terkena dampak? Apakah betul-betul mengikuti prinsip pelibatan masyarakat lokal? Kalau tidak, seharusnya itu diperbaiki. Kita mikirnya jangan dari perspektif Indonesia bagian Barat. Ada jalan, asyik. Ada jalan, bagus," ujar Aviva di LBH Jakarta, Jumat (19/7/2019).
Aviva mengingatkan, Indonesia punya komitmen untuk memenuhi Sustainable Development Goals(SDGs). Artinya, harus ada pelibatan masyarakat lokal dalam setiap perencanaan pembangunan. 
Ia juga meminta pemerintah untuk menghormati hak asasi warga Papua. Karena menurut penelitian AII, ada dugaan pelanggaran HAM yang membuat warga Nduga ketakutan atau trauma terhadap aparat keamanan.
"Ketika ada masalah pelanggaran HAM terkait penegakan hukum di Papua, kasusnya cenderung jarang diusut. Sekalipun ditindaklanjuti, pertanggungjawabannya tidak memuaskan," jelasnya.
Editor: Adi Ahdiat/Agus Luqman




mimicat
simsol...
sialan6
sialan6 dan 4 lainnya memberi reputasi
-3
4K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan