hpriyonoonAvatar border
TS
hpriyonoon
Sindiran untuk Kepala Daerah yang Sering ke Luar Negeri
2019/07/13 06:10:59 WIB
Round-Up
Sindiran untuk Kepala Daerah yang Sering ke Luar Negeri
Tim detikcom - detikNews


Wakil Presiden Jusuf Kalla (Grandyos Zafna/detikcom)

Jakarta - Cerita kepala daerah pergi studi banding ke luar negeri sering didengar. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta kebiasaan ini disudahi.

Kepada siapa sindiran ini dilayangkan? JK tidak menyebut spesifik kepala daerah yang dimaksudnya.

JK meminta kepala daerah untuk tidak jauh-jauh melakukan studi banding di luar negeri. Dia meminta daerah yang baik di Indonesia bisa jadi percontohan studi banding daerah lainnya.

"Jadi hanya studi banding ke kota-kota lain, Surabaya bersih, atau Tangerang baik, ya studi banding ke situ. Nggak usah pergi ke Singapura terlalu jauh, dan lebih murah kalau studi banding yang ke situ," ujar JK saat membuka peresmian pembukaan Rating Kota Cerdas Indonesia di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (12/7/2019).

JK menekankan studi banding tak perlu ke luar negeri. Sebab, lanjutnya, yang paling penting adalah implementasi di lapangan.

Baca juga: Lanjut ke AS, Anies Hadiri Acara USINDO di Washington DC

Politikus senior Golkar ini meminta para kepala daerah saling belajar satu sama lain dan berkolaborasi.

"Jangan hanya kita studi banding ke Singapura, ke Tokyo atau ke mana saja. Tapi melaksanakannya dengan baik," jelas JK.

JK berpesan kepada wali kota dan bupati untuk bekerja dengan cerdas. Menurutnya, keberhasilan suatu daerah bisa diukur dari kecerdasan dan ketegasan pemimpinnya.

"Untuk memenuhi kebutuhan penduduk yang tinggi. Maka layanan harus lebih cepat dan lebih baik. Maka pemakaian teknologi tidak bisa dihindarkan dan harus diadakan. Untuk mempercepat hal tersebut. Itulah yang kita sebut nanti kota cerdas. Sebenarnya bukan kota cerdas, yang penting wali kota cerdas," kata JK.

JK mencontohkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam mengelola kotanya. Dia menilai Risma sebagai sosok yang cerdas, tegas, dan pekerja keras.

"Semuanya tergantung kecerdasan wali kota dan bupati. Mau punya, mau beli macam-macam, operasi macam-macam. Kalau bupati tidak cerdas atau tidak kuat memakainya. Kayak wali kota Surabaya, di samping cerdas juga keras. Ibu Risma, sakit-sakit pun datang ke sini, saya terima kasih sekali lagi," jelas JK.

payungan


1. waduh nyindir siapa ini opa JK ?





2. JK berpesan kepada wali kota dan bupati untuk bekerja dengan cerdas. Menurutnya, keberhasilan suatu daerah bisa diukur dari kecerdasan dan ketegasan pemimpinnya.

bekerja cerdas itu contohnya ini :








kalau tidak berhasil






Diubah oleh KASKUS.HQ 13-07-2019 05:11
ujellyjello
arofi13
kaiharis
kaiharis dan 28 lainnya memberi reputasi
29
8.2K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan