alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Vaporizer /
Bahaya Vaping (lagi) Sebuah Pemikiran
4.35 stars - based on 23 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54c39b8e9252338f428b4573/bahaya-vaping-lagi-sebuah-pemikiran

Bahaya Vaping (lagi) Sebuah Pemikiran

Tampilkan isi Thread
Halaman 15 dari 16
Quote:


Bener banget gan, masih perlu banyak pencerahan orang awam, tapi normal sih, biasanya orang kalau gak ngerti itu emang begitu, menjauh dan menghindari. Makanya sebagai vaper, sebisa mungkin kita harus mendidik orang awam biar mereka gak dapat informasi yang salah, soal mereka mendukung vaping atau tidak sih gak masalah (terutama kebanyakan perokok, kebanyakan mereka itu orang paling suka ngeyel se Indonesia emoticon-Big Grin), hidayah emang gak buat semua orang kanemoticon-Ngakak
Yang penting jangan informasi salah aja yang mereka tahu, harus tahu informasi yang bener juga, apalagi di media Indonesia kan vaping selalu di bully, di kaskus aja udah sering banget HT tentang vaping yang menjelekkan dengan informasi yang gak jelas sumbernya dari mana.
Diubah oleh putraramadhan76
pengalaman make vapor selama 2 bln ini gan(ane ngerokok 16taun gan)
1. berat badan naik tadinya 79 skrg 83 (gendut bgt yak)
2. lbh banyak minum aer putih,pdhl pas ngerokok wajib kopi minimal 4gelas sehari..sekarang 1 gelas aja kadang ga habis
3. ibu dr anak anak ane ga pernah protes lg klo pulang kerja (secara bau liquid wangi, klo rokok pasti langsung disuruh mandi)
4. sdh disebutkan diatas..😂😂
Quote:


knalpot motor & mobil juga jauh lbh berbahaya racunnya boss, sekalian aja diharamkan..emoticon-Cape deeehh#dilarangmelarang


Quote:

Lu naek motor ngehirup asap..berbahaya bagi tubuh kan?..berarti naik motor diharamkan?kan berbahaya?bikin teh pakai gula juga kbanyakan jadi racun,itu juga haram?
ane udah 8 tahunan jadi perokok aktif..pas lagi tidur atau bangun tidur sering sesak napas, apalagi dengan badan ane yg gemuk gini..
nah sekitar februari lalu ane coba ganti vaping.. sebulanan vaping udah mulai kerasa bedanya, sesak napas pas bangun tidur udah mulai hilang, jalan jauh juga udah ga terlalu capek kayak dulu, bau kamar atau ruang tamu juga udah enak ga bau rokok lagi hahaha..
baru rencana punya niat buat mulain vape....
kira kira buat pemula ada saran gak...
alatnya pake yg gimana? liquid pake yang apa..?
alasan ane mau mulain vape... karena bini lagi hamil.. jadi pengen ganti yang save gituh...
ane sih udah jelas2 ama vaping dibanding konven
cuman yg ane khawatirin tuh diabetes
misi gan..om..sesepuh

mau nanya...baru kepikiran td...ane pengguna vapor jg...no offense...

asap yg dihasilkan vape adalah "uap"...

hasil uap itu kan "lengket"...apa itu tidak bahaya bagi paru2 ??...apakah lengketnya itu tdk mengendap di paru2 ??
Quote:

alat nya kira2 paling murah 200ribuan kelas paling mungil, tapi yg menurut ane pribadi lebih layak pakai buat jangka panjang sih start di 400ribu, bisa sampai 1juta. sebisa mungkin kalau istri sedang hamil jauhkan dari asap rokok & kebulan vaporizer. bahkan liquidnya pun jangan tersentuh. beda nya mungkin vaping uap nya tidak nempel kemana2 sedangkan asep rokok jauh lebih nempel & beracun.

kalau butuh bantuan memilih, ane coba sebisa nya aja. tinggal sebut budget nya.

Quote:

basah iya, lengket enggak. kalau memang mengendap di paru2 sih berarti selama ini sudah ketauan. vaporizer mulai marak digunakan kita kira2 aja mungkin sejak 2013 tersebar di seluruh dunia. hingga sekarang udah 5 tahun. penelitian di mana2 udah banyak, pengguna udah banyak, yang scan paru juga banyak. kalau endapan itu kan berarti ada zat yg memang nyantol di paru2. berarti di scan harusnya udah keliatan dong, karena secara fisik dia memang ngendep di situ. tapi kan kenyataan nya sampe 5 tahun lebih marak masih belom ada yg menemukan ada endapan di paru2.

kalau mau bicara bener yg paling bener, kita cuma bisa merujuk ke hasil laporan penelitian atau jurnal dari sumber yg terpercaya. diluar itu, hanya opini aja. apakah jurnal nya sudah ada tentang pembuktian endapan di paru2 ? ane belum tau gan emoticon-Big Grin
[QUOTE=fuuuuuu;5a5f8c36d89b092c668b4567]
alat nya kira2 paling murah 200ribuan kelas paling mungil, tapi yg menurut ane pribadi lebih layak pakai buat jangka panjang sih start di 400ribu, bisa sampai 1juta. sebisa mungkin kalau istri sedang hamil jauhkan dari asap rokok & kebulan vaporizer. bahkan liquidnya pun jangan tersentuh. beda nya mungkin vaping uap nya tidak nempel kemana2 sedangkan asep rokok jauh lebih nempel & beracun.

kalau butuh bantuan memilih, ane coba sebisa nya aja. tinggal sebut budget nya.



bajet sekitar 500 ebu lah... ini juga hasil jual koleksi zippo... emoticon-Malu (S)
liat liat di onlen ada yg jual seken.. aman gak yak?

profile-picture
refli30 memberi reputasi
Quote:


second bisa jadi aman, bisa jadi tidak.

ane asumsikan agan pengen beli baru

BARANG NYA: Eleaf iCare >> 150rb
SPARE PART: Coil Eleaf iCare isi 5pcs >> 85rb (kira2 buat sebulan)
LIQUID: TSTY Wine >> 150rb (kira2 sebulan juga)

total gak sampe 500rb belom ongkir. mudah2an cocok buat mulai merasakan apa itu vaping. alat nya cukup praktis.
Quote:


Icare untuk liquid creamy agak ga rekomen, flat hintnya ga kerasa cocok buat fruty adem masih terasa dan TH jg mayan..
Punya ane aja nganggur nih.. emoticon-Ngakak (S)
Prefer ke rda yg lebih terasa flavornya..
Lebih baik ambil seken hand paket siap kebul mgkin akan lebih nikmat
Belum ada yang ngebuktiin kalo vape itu berbahaya atau aman. Waktu yang akan menjawabnya =)
newbieee ijin gabung, utk share pengalaman...

ane perokok dr SMA, dan bahkan sampe skrg ane kadang jd dual user (tp ga semaniak ngeroko tanpa vape)

jujur ane penggemar mentol, sampe di katain roko pec*n lah apa lah wkwkwkwk, tp ga ngaruh, selera beda beda.
nah bbrp akhir ini ane coba utk ber alih ke vapor, pertama beli starter kit harga 350 + liquid gratis.

berhasil sbulan ga ngeroko, ga pny liquid akhrnya mnt roko, n balek lagi ke roko. emoticon-Frown
karena kurang puas dgn si starter, akhirnya ane beli mod baru, alien 220w. beuh ini baru joss, rda tsunami / rdta avocado + liquid ma***ous (yang pasti super cool). ini yg ane cari cari ngebull nya pass, flavor okeh.

sampe skrg ane bs nahan roko, asal ada liquid / batre ready. cm kalo ga ada buat pengganjel kadang balek lg ke roko emoticon-Frown
disini salahnya ane, seharusnya udah bs berhenti ngeroko / tergantikan sama vape, jgn pernah sentuh lg yg namanya roko konvensional.

+ untuk peroko :
1. kenikmatan tiada duanya

- untuk peroko :
1.mulut bau
2.engap , napas susah
3.cewe jd ilfil karena badan bau roko
4.ini yg plg gw benci dan beralih ke vapor (puntung dan abu rokonya) kalo doyan gw telen skalian wkwkwkwk

+ untuk vapor :
1. mulut tidak sebau roko
2. napas jd lebih panjang
3. kadar kegantengan naek.
4. bs menggantikan roko hanya sesaat.

- untuk vapor :
1. rasis (di toko vape ga boleh ngroko, tp di warung roko bebas ngevape) wkwkwkwk


saran :
kalo lu bukan peroko atau vapor, jgn sekali sekali nyobain semua ini, rugi . karena dari segi harga pengeluaran 11 12 ga jauh beda (tergantung pemakaian)

jgn pernah vapor depan anak kecil, pengalaman ane, doi berani minta ke ane padahal masih anak sd, dgn alasan “om cobain dong, itu wanginya enak bener kaya kueeee” (miris dengernya) emoticon-Frown

buat yg udah berhasil beralih ke vapor dr roko, jgn coba skali skali roko lg. karena bs jd dual user nantinya.

sekiannn
*buy now pay later*
semua ada sebab dan akibatnya.


Quote:


Apakah lebih aman dibandingkan rokok biasa?Merokok merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi yang dapat dicegah di dunia. Berdasarkan data yang dimiliki oleh World Health Organization (WHO)1, terdapat sekitar 100 juta orang meninggal dunia akibat epidemik tembakau pada abad ke-20 di seluruh dunia2, termasuk 480.000 ribu diantaranya merupakan penduduk Amerika serikat. Diperkiran akan ada sekitar lebih dari 8 juta kematian terjadi setiap tahun pada tahun 2030 yang dapat mencapai hingga 1 miliar kematian pada abad ke-21 jika penggunaan tembakau tetap dilanjutkan3. Hal ini menempatkan rorok menjadi penyebab kematian yang lebih banyak dibandingkan HIV, kokain, akohol, methamphetamine, dan kecelakaan motor. Rokok mengandung berbagai senyawa mematikan yang jika dihirup dalam jangka waktu yang panjang, seperti stroke, serangan jantung, COPD, asma, diabetes, dan kanker4.

Secara umum merokok dapat mengurangi harapan hidup seseorang hingga 10 tahun. Bahaya pada rokok sebenarnya terdapat pada proses pembakaran. Pembakaran pada rorok akan menghasilkan lebih dari 7000 bahan kimia dan senyawa dimana sekitar 70 jenis diantaranya bersifat karsinogen (contohnya adalah nitrosamin). Oleh karena itu, secara umum tidak ada cara aman untuk merokok, terlepas dari bentuk rokok tersebut baik berupa cerutu, pipa, atau kookah5.

Asap rokok mengandung ultrafin (residu tar) yang merupakan partikel berukuran sebesar nanometer dan dapat dihirup. Partikel ini dapat masuk kedalam tubuh melalui proses intersisalis dan selanjutnya tersebar kedalam pembuluh darah. Sebagian besar karsinogen dalam asap rokok ditemukan di tar. Selain itu, pembakaran rokok juga menghasilkan karbon monoksida dan hidrogen sianida yang dapat berkompetisi dengan oksigen untuk berikatan dengan haemoglobin. Oleh karena hal ini, rokok elektronik dinilai lebih aman sebab tidak memproduksi tar dan zat beracun lainnya dari proses pembakaran seperti pada rorok biasa. Pada rokok elektronik, terdapat cairan yang mengandung nikotin dan perasa yang dilarutkan dalam propilen glikol dan gliserol. Larutan ini nantinya akan menguap dan diubah menjadi asap yang dapat dihirup seperti rokok5,6.

Shahab dkk melakukan penelitian untuk membandingkan kadar bahan kimia berbahaya dan racun pada populasi yang merokok, menggunakan rokok elektronik, dan Nitrogen Replacement Therapy (NRT). Mereka menemukan bahwa kadar nikotin pada perokok elektronik hampir sama dengan mereka yang menggunakan NRT yang telah terbukti aman.7,8 Bahkan, senyawa kimia bernama NNAL ( dikenal sebagai penyebab kanker paru-paru), ditemukan 97% lebih sedikit pada perokok elektronik dibandingkan perokok biasa. Pada studi lainnya, rokok elektronik dipercaya dapat menekan tingkat kecanduan rokok dan bermanfaat pada pecandu yang berniat untuk berhenti merokok, terlebih bahwa efek yang diberikan hampir sama dengan NRT. Walaupun masih ada beberapa kontroversi mengenai apakah rokok elektronik dapa digunakan untuk mengatasi kecanduan rokok9.

Walaupun beberapa manfaat rokok elektronik telah dijabarkan pada beberapa penelitian dan penggunaannya saat ini digencarkan untuk menggantikan rokok biasa, secara umum merokok adalah kebiasaan yang berbahaya dan mematikan. Beberapa keburukan pada rokok elektronik akan dijabarkan sebagai berikut. Yang pertama adalah, kandungan nikotin yang terdapat pada rokok elektronik telah diketahui memiliki efek negatif bagi kesehatan. Terpapar nikotin dalam kurun waktu yang lama dapat menyebabkan resistensi insulin dan diabetes tipe 2. Walaupun resiko ini dapat ditekan dengan efek penekan nafsu makan yang juga dimiliki nikotin, zat ini bersifat sangat adiktif sehingga paparan yang lama dapat menyebabkan perubahan struktur otak dan meningkatkn resiko kecanduan obat lain.

Rokok elektronik: Apakah lebih aman dibandingkan rokok biasa?

Nikotin juga dapat mengganggu perkembangan otak prefrontal pada remaja dan menyebabkan gangguan pemusatan perhatian defisit dan kontrol impuls. Potensi bahaya nikotin ini sangat mengkhawatirkan mengingat tingkat penggunaan e-rokok yang melonjak pada remaja terutama di negara barat. Nikotin juga dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah5.

Senyawa lain yang terdapat pada rokok elektronik adalah diasetil. Diasetil adalah senyawa organik yang biasanya diproduksi dari proses fermentasi secara natural. Walaupun kehadiran senyawa ini diperbolehkan misalnya pada produk makanan ataupun alkohol, Senyawa ini diketahui dapat menyebabkan bronkiolitis obliterans hingga kerusakan permanen pada bronkiolus. Penting untuk diketahui bahwa cairan propilen glikol dan gliserol pada rokok elektronik memang tidak berbahaya, namun dapat membusuk saat proses penguapan dan berubah menjadi formaldehid yang beracun. Kejadian ini sering ditemukan pada rokok elektronik yang menggunaan alat penguap yang menggunakan tekanan tinggi5.

Sebagai kesimpulan, rokok elektronik memang dapat menjadi alternatif sumber nikotin yang sedikit lebih aman bagi para pecandu rokok dengan tidak adanya paparan tar atau gas beracun pada asap rokok elektronik. Namun, apakah rokok elektronik dapat membantu mengatasi kecanduan saat ini masih belum dapat dijelaskan dengan pasti. Oleh karena itu, penggunaan rokok elektronik sebaiknya dihindari bagi mereka yang belum merokok5.

Daftar Pustaka

1.World Health Organization. Tobacco Free Initiative (TFI). Why tobacco is a public health priority. Available at: http://www.who.int/tobacco/health_priority/en/.
2.World Health Organization. WHO Report on the Global Tobacco Epidemic: The MPOWER Package. Geneva, Switzerland: World Health Organization; 2008. Available at: http://www.who.int/tobacco/mpower/mp...ull_2008.pdf..
3.World Health Organization. WHO Report on the Global Tobacco Epidemic, 2009: Implementing Smoke-Free Environments. Available at: http://whqlibdoc.who.int/publication..._eng_full.pdf. Geneva, Switzerland: World Health Organization; 2009.
4.Centers for Disease Control and Prevention. Smoking & tobacco use. Health effects infographics: Annual deaths attributable to cigarette smoking—United States, 2005–2009. Updated April 14, 2015. Available at: http://www.cdc.gov/tobacco/data_stat...ics/index.htm.
5.Harvard Medical School. E-Cigeratte: Good news, bad news [website on the Internet]. Accessed on November 2017. Available at: https://www.health.harvard.edu/blog/...2016072510010.
6.Centers for Disease Control and Prevention. NCHS Data Brief, no 217, October 2015. Electronic cigarette use among adults: United States, 2014. Available at: http://www.cdc.gov/nchs/data/databriefs/db217.htm. Accessed October 29, 2015.
7.Hatsukami DK, Stepanov I, Severson H, et al. Evidence supporting product standards for carcinogens in smokeless tobacco products. Cancer Prev Res (Phila). 2015 Jan;8(1):20-6.
8.Farsalinos KE, Polosa R. Safety evaluation and risk assessment of electronic cigarettes as tobacco cigarette substitutes: a systematic review. Ther Adv Drug Saf. 2014 Apr;5(2):67-86.
9.Shahab, L., et al. (2017). Nicotine, Carcinogen, and Toxin Exposure in Long-Term E-Cigarette and Nicotine Replacement Therapy Users. Annals of Internal Medicine. DOI: 10.7326/M16-1107.

udeh cek gula belum?

emoticon-Wkwkwk gan ane contoh yg tdnya perokok tembakau pindah ke vape dr yg single coil double coil nikotin yg terus meningkat dr juice.apa sih yg gw dapet?? klo agan pemakai vape sesekali cek gula darah agan..
klo boleh jujur kandungan manis dr juice vape yg buat saya kena diabetes...
terserah sih gan. saya sbnernya juga suka ama vale
Hahaha.. Stop smoking start vaping.... 😊
thread lama tp pengen nimbrung semoga masih bisa diskusi hehee.
gw bukan perokok atau vapers, tapi kalo nongkrong sama temen suka minta roko 1 atau 2 batang aja ( jadi ga ngeroko setiap hari dan gapernah beli roko juga ) terus kepikiran gmn kalo misalnya gw bawa vape sendiri aja ( kan katanya vape lebih aman ) tapi seminggu ngevape gw rasain beda sih ga bikin mulut pait sama kalo nyesek dada ada dikit sih soalnya sering batuk ( ini gatau gw yg salah cara isep atau gmn ya wkwk )
nah terus kepikiran tuh kalo misalnya ngerokok katanya bisa bikin paru2 kotor sama kanker paru2 karna ada zat karsinogen yg dihasilin sama roko terus kalo ngevape kira2 ada bahaya kena paru2 basah ga secara yg dihirup itu uap dan mungkin aja bisa masuk paru2 terlebih lagi bahan liquid yg digunakan itu lebih kental dibanding air apakah kira2 ga berbahaya gitu.
cuman pemikiran aja sih, siapa tau ada yg bisa jawab hehe (no offense)
sama nau tanya wajar ga sih suka batuk kalo ngevape gitu buat pemula atau ada tips biar ga batuk2
Quote:


Selama gw surfing di internet baca artikel sih so far masih aman nge vape,masalah paru paru basah setau gw karna virus itu *CMIIW,batuk ma wajar....sama kaya awal ngerokok pasti batuk...
Tapi sepengalaman gw (1th nge vape) beberapa hari kebelakang ini setiap nge vape perut berasa mules terus.... Gatau kenapa...mungkin ada yang bisa bantu jawab juga
Quote:


Ok gan terimakasih infonya, nahh kalo gw malah kebalikan jadi kaya perut sakit, tapi susah berak nah itu kanap tuh ya.
Halaman 15 dari 16


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di