Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

matthysse67Avatar border
TS
matthysse67
Vietnam Usir Turis Cina Pakai T-Shirt Peta Laut Cina Selatan
Vietnam Usir Turis Cina Pakai T-Shirt Peta Laut Cina Selatan

Reporter: Tempo.co

Editor: Maria Rita Hasugian
17 Mei 2019 08:05 WIB

Vietnam Usir Turis Cina Pakai T-Shirt Peta Laut Cina Selatan
Turis Cina mengenakan T-Shirt bergambar peta 9 Dash Line diusir setibanya di bandara Cam Ranh di Vietnam, Minggu malam, 13 Mei 2018. [ NGA PHAM ]


TEMPO.CO, - Foto sejumlah turis asal Cina mengenakan T-shirt bergambar peta 9 Dash Line __ area konflik Laut Cina Selatan yang diperebutkan Cina dan beberapa negara termasuk Vietnam__ membangkitkan amarah warga Vietnam. Mereka mendesak aparat mengusir para turis itu.

Baca: Diancam Cina, Vietnam Batalkan Pengeboran di Laut Cina Selatan

Turis-turis Cina dengan mengenakan T-Shirt putih bergambar peta 9 Dash Line baru saja menjejakkan kaki di bandara Cam Ranh di Vietnam, Minggu malam, 13 Mei 2018.

Petugas keamanan dan imigrasi Vietnam kemudian menghentikan langkah para turis Cina dan memerintahkan mereka untuk melepaskan T-Shirt mereka.

ADVERTISEMENT

"Kami meminta mereka mencopot T-Shirt sebelum mereka diizinkan meninggalkan bandara," kata seorang petugas keamanan, seperti dikutip dari South China Morning Post, 16 Mei 2018.

9 Dash Line merupakan peta berupa 9 garis putus-putus menggambarkan tentang batas laut yang dibuat tahun 1940 yang diklaim Cina sebagai wilayahnya dan hal serupa juga dilakukan Vietnam dan beberapa negara lain.

Para netizen melalui media sosial mendesak aparat agar mengusir mereka keluar dari Vietnam. Bahkan ada netizen meminta pemerintah melarang masuk turis Cina itu untuk selamanya.

"Secepatnya usir mereka dan larang mereka datang ke Vietnam selamanya," kata Nguyen Ngoc Hieu lewat akun Facebooknya.

Baca: Bendung Cina, Vietnam Reklamasi Pulau di Laut Cina Selatan

"Kita harus tegas, tidak mengizinkan siapapun melewati pintu perbatasan jika paspor, T-Shirt dengan lainnya yang terkait dengan peta 9 dash line," kata Quan Hai.

Peristiwa seperti ini bukan yang pertama kali terjadi di Vietnam. Beberapa waktu lalu aparat perbatasan Vietnam menuliskan kalimat "Fuck You" di satu pasor milik seorang warga Cina saat berada di bandara Ho Chi Minch City.

Aparat itu sepertinya kesal dengan gambar peta laut Cina Selatan yang terdapat dalam paspor warga Cina yang akan masuk ke Vietnam pada tahun 2016.

Sebelumnya, petugas perbatasan di area turis pulau Da Nang dan Phu Quoc dilaporkan menolak memberikan cap stempel di visa paspor Cina yang bergambar 9 Dash Line, area konflik Laut Cina Selatan.

https://googleweblight.com/i?u=https...latan&hl=id-ID
Diubah oleh matthysse67 10-07-2019 04:19
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.1K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan