alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Yang Perlu Diketahui Mengenai Hipertensi pada Anak
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d1d9b38f4d6954630780ff0/yang-perlu-diketahui-mengenai-hipertensi-pada-anak

Yang Perlu Diketahui Mengenai Hipertensi pada Anak

Jika kaskuser bertanya apakah anak anak dapat menderita hipertensi, maka jawabnya adalah DAPAT. Hipertensi pada anak dan remaja tidak jarang ditemukan. Angka kejadian hipertensi pada anak berkisar 3-4%. Angka hipertensi pada anak kemungkinan lebih besar bila keadaan pre-hipertesi (tekanan darah diantara persentil 90 sampai 95) juga dimasukkan. Bila digabung angka pre-hipertensi dan hipertensi diperkirakan 30% pada lelaki dan 23%-30% pada perempuan menderita hipertensi. Hipertensi di negara berkembang sering dihubungkan dengan obesitas, diabetes, dan kadar lemak darah yang tidak normal.

Definisi hipertensi pada anak dan remaja berbeda dengan dewasa. Hipertensi pada anak bila tekanan darah lebih besar dari persentil ke 95 berdasar usia, jenis kelamin, dan tinggi badan, diukur tiga kali pada saat berbeda.

Yang Perlu Diketahui Mengenai Hipertensi pada Anak

Bagaimana anak dapat menderita hipertensi juga berbeda dengan dewasa, hipertensi pada anak pada umumnya merupakan hipertensi sekunder yaitu hipertensi karena adanya penyakit yang mendasari. Penyakit yang paling sering menyebabkan hipertensi pada anak adalah gangguan ginjal. Sedang pada dewasa hipertensi yang sering ditemukan adalah hipertensi esensial atau tidak diketahui sebabnya. Kejadian hipertensi esensial pada dewasa ini sering berawal sejak anak anak. Bukti penelitian mendapatkan bahwa, peningkatan tekanan darah yang terjadi pada masa anak, cenderung menjadi hipertensi setelah dewasa. Selain itu meningkatnya obesitas pada usia anak anak, juga terbukti mendukung meningkatnya angka kejadian hipertensi pada anak.


Quote:



Rekomendasi pengukuran tekanan darah pada anak harus dimulai sejak dini, sejak usia ≥ 3 tahun. Seyogyanya anak usia ≥ 3 tahun yang berkunjung kepusat kesehatan harus dilakukan pengukuran tekanan darah paling sedikit satu kali setahun.

Rekomendasi pengukuran tekanan darah juga untuk anak < 3 tahun, bila dengan riwayat lahir prematur, kelainan jantung kongenital, infeksi saluran kemih berulang, penyakit ginjal dan kelainan salurannya, riwayat keluarga dengan kelainan ginjal, transplantasi organ, keganasan, transplantasi sumsum tulang, penggunaan obat yang dapat meningkatkan tekanan darah, kelainan sistemik disertai peningkatan tekanan darah.

Yang Perlu Diketahui Mengenai Hipertensi pada Anak

Hipertensi primer (essensial) jarang terjadi pada anak pra sekolah maupun pada anak lebih besar. Hipertensi primer merupakan hipertensi yang tidak diketahui penyebabnya. Namun hipertensi primer juga sering dihubungkan dengan gangguan kardiovaskuler, gangguan kadar lipid serta diabetes. Hipertensi sekunder sering ditemukan pada anak dari pada dewasa. Hipertensi sekunder ditemukan sekitar 40% pada anak, dan sekitar 80% hipertensi sekunder oleh karena kelainan ginjal. Kelainan lain yang dapat menyebabkan hipertensi pada anak yaitu gangguan pembuluh darah, gangguan hormon atau disebut cushing syndrome, gangguan hormon tiroid (hipertiroid), kelebihan hormon mineral kortikoid, gangguan tidur atau disebut sleep apnea obstruktif, tumor, dan lain sebagainya.

Bila anak menderita hipertensi segera hubungi dokter untuk menentukan apakah benar anak tersebut menderita hipertensi, bila benar hipertensi harus ditentukan beratnya hipertensi. Selanjutnya harus diketahui apakah hipertensi bersifat sementara atau menetap dan sangat penting mencari penyebab terjadinya hipertensi.


Quote:



Spoiler for KURANGI ASUPAN GARAM PADA ANAK:



Spoiler for Referensi:


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Baru tahu gue kalau anak-anak dan remaja juga bisa mengidap tekanan darah tinggi emoticon-Takut.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di