KASKUS.HQAvatar border
TS
KASKUS.HQ
Rich Brian Comeback dengan Album 'The Sailor', Dibuka oleh Single 'Yellow'


Nggak kerasa sudah setahun setelah Rich Brian meluncurkan debut albumnya 'Amen'. Februari tahun ini, rapper asal Indonesia yang kini tengah berkarier di kancah musik Amerika tersebut sempat memberikan bocoran tentang album keduanya lewat Twitter. Tapi memang nggak banyak detail yang diberikan, hanya sebuah cuitan untuk menggoda fans yang berbunyi "Hope ur ready for the next one : )".

26 Juli mendatang, album keduanya yang diberi judul 'The Sailor' rencananya akan dirilis. Meski setelah peluncuran 'Amen' dia disibukkan dengan banyak hal termasuk tur 88 Degrees and Rising Tour bersama rekan-rekannya di 88rising, Brian tetap bisa fokus untuk memproduksi album keduanya ini. Sebagai single pembuka, lagu berjudul 'Yellow' dirilis di berbagai platform streaming pekan lalu termasuk juga Spotify.

Complex.commenulis, 'Yellow' dianggap Brian sebagai sebuah langkah yang penting dalam kariernya sebagai seniman. Dia juga menjelaskan bahwa untuk menulis lagu ini, dia seolah mencambuk dirinya agar bisa menciptakan sebuah karya yang sangat personal hingga ke level terdalam untuknya. Lagu ini menjelaskan tiga hal penting dalam hidup Brian: (1) ketika dia mampu mengatasi halang rintang selama perjalanannya menuju Amerika, (2) cerita tentang dirinya yang mampu menerobos batas-batas untuk membuktikan eksistensi dirinya, (3) ketika dia merasa menemukan kemenangan.

Lagu 'Yellow' digarap dan diproduksi Brian bersama dengan Bekon and the Donuts. Bekon sendiri ikut menyanyikan lagu ini bersama Brian. Harus diakui bahwa 'Yellow' terbilang sangat berbeda dengan lagu-lagu lama Brian seperti misalnya 'Dat Stick'. Namun hal tersebut semakin menunjukkan bahwa dia mendewasa sebagai seorang penulis lagu dan selalu menantang dirinya untuk bereksperimen dengan produksi-produksi yang lebih "hangat".



Lagu 'Yellow' juga punya pesan yang sangat mendalam: ide bahwa semua, apapun itu, sangat mungkin terjadi dan tidak ada yang mustahil. Kalau dalam kasus Rich Brian, hal ini menceritakan perjalanan pindah dari Indonesia ke Amerika setelah belajar Bahasa Inggris secara otodidak dan menjadi salah satu bintang rap terbesar Asia di panggung musik dunia.

Lewat setahun dari perilisan 'Amen', Brian mengaku merasakan banyak perubahan dari sisi penulisan lagu. "Dalam proses penulisan, aku merasakan ada perkembangan yang besar," katanya. Proses penggarapan 'The Sailor' di sisi lain memberikan kedewasaan buat Brian. Tidak lagi bingung dalam mencari style musik yang dirasa "Rich Brian banget" gitu, dia justru menulis apa adanya.

"Dalam album ini, aku menulis tentang apapun yang kurasa personal, benar-benar personal buatku. Aku berusaha untuk sejujur dan seterbuka mungkin. Secara produksi, aku banyak berkolaborasi di sini ketimbang melakukannya sendirian. Dalam album ini aku juga belajar untuk merelakan beberapa hal (seperti tidak harus melakukan semuanya sendiri), tapi juga nggak mengorbankan kebebasan kreatifku,"  katanya.

'Yellow' juga tentang identitas Brian sebagai orang Asia. Tergambar dalam lirik lagu ini yang berbunyi "Don't fight the feeling cause I'm yellow." Sang rapper nggak membantah hal itu.

"Ini memang tentang identitasku sebagai orang Asia dan orang Asia secara umum. Aku menulis lagu ini untuk memberitahu ke orang Asia lain bahwa mereka bisa melakukan apa yang mereka inginkan. Tidak ada yang mustahil,"  katanya.

Brian tidak ingin menyebut dirinya adalah role model untuk anak-anak muda Asia yang juga ingin besar di industri musik seperti dirinya. Tetapi lewat lagu ini, dia ingin memberitahu ke mereka bahwa apapun bisa terjadi meski mereka tidak punya role model atau tidak punya seseorang yang bisa dicontoh sebelumnya.

"Sulit memang, karena tidak banyak orang melakukan hal tersebut dan kita jadi berpikir apakah yang ingin kita lakukan ini mungkin atau tidak. Lewat lagu ini aku ingin meyakinkan orang-orang untuk tidak berpikir bahwa sesuatu itu tidak mungkin," ujar Brian.

Saksikan video klip dan dengan lagu terbaru Rich Brian 'Yellow' di KASKUS TV dengan klik play video di bawah ini:

{thread_title}



emoticon-terimakasih

Diubah oleh KASKUS.HQ 04-07-2019 09:51
rifaye_alcatraz
davecchio
etaslim
etaslim dan 2 lainnya memberi reputasi
3
4.5K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan