stealthmaniaAvatar border
TS
stealthmania
Ini Alasan Kenapa Indonesia Bisa Jadi Anggota G20 Bukan Malaysia



Banyak orang yang sudah mengetahui soal Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, tahun ini KTT G20 digelar di Osaka, Jepang. Tapi sobat Pantau tahu enggak nih, kenapa Indonesia masuk dalam organisasi ekonomi ini?

Hampir semua orang mengetahui bahwa pertemuan para pemimpin negara di dunia yang didominasi negara-negara kaya yaitu G-20 adalah pertemuan yang amat bergengsi.

Tahun ini juga Presiden Joko Widodo kembali mejeng di KTT G20. Bahkan pria yang akrab disapa Jokowi ini 'nongkrong' bareng dengan para pemimpin dunia. Nah jadi negara-negara yang tergabung di G-20 ini mempunyai peran dan pengaruh penting di arena global karena menguasai 89 persen perekonomian dunia.

Indonesia sendiri diberi kehormatan bergabung menjadi anggota G20 ini pada tahun 2008 dan sebagai satu-satunya negara ASEAN yang menjadi aggota G-20.

Presiden RI ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono, pernah berpendapat bahwa forum G20 ini bukan hanya forum ekonomi tapi juga forum peradaban, karena beberapa negara anggotanya adalah negara dengan mayoritas penduduk Muslim seperti Turki, Saudi Arabia dan Indonesia.

Sebelum melanjutkan kenapa Indonesia masuk kedalam anggota G20, siapa saja anggota G20?



Tentu ada pertanyaan apa alasan Indonesia dimasukkan sebagai anggota G-20, sementara Malaysia atau Thailand tidak. Dirangkum dari berbagai sumber, alasan Indonesia jadi anggota G20 adalah, Indonesia adalah negara besar karena itu layak Indonesia memiliki hak khusus untuk menjadi anggota.

Kemudian, Indonesia merupakan negara dengan penduduk terbesar ke-4 di dunia setelah China, Amerika Serikat, dan India. Jumlah penduduk yang besar ini menggambarkan potensi pasar yang besar bagi produk-produk dunia.

Selanjutnya, negeri ini memiliki penduduk yang mayoritasnya beragama Islam. Karena itu Indonesia dapat menjalankan perannya sebagai jembatan antara peradaban, khususnya dapat menunjukkan kepada peradaban barat bahwa Islam itu compatible dengan demokrasi dan dapat menjadi referensi bagi negara-negara berkembang lainnya.

Belum kucup disitu, Indonesia memiliki masyarakat yang majemuk, bersuku-suku dan penganut agama-agama penting di dunia, juga bisa menjadi contoh negara lain bagaimana masyarakat yang majemuk itu bisa hidup berdampingan.

Indonesia juga memiliki potensi ekonomi yang tinggi, baik sumber daya alamnya maupun sumber daya manusianya. Bonus demografi yang dialami Indonesia di mana jumlah penduduk usia produktif tinggi dan kelas menengahnya mulai tumbuh pesat menunjukkan pada dunia begitu besarnya potensi yang dimilikinya.

Nah sudah tahukan kenapa Indonesia menduduki posisi dalam lingkaran G20?



SUMBER
rizaradri
KzRaItoN
tepsuzot
tepsuzot dan 5 lainnya memberi reputasi
6
14.5K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan