Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ahmadteknikacAvatar border
TS
ahmadteknikac
Ketahui penyebab ac bocor air pada bagian indoor disini
Satu di antara masalah-masalah AC yang sering terjadi pada AC di rumah atau kantor Anda adalah kebocoran air pada AC.
Kebanyakan dari kita tidak tahu mengapa ada air merembes dari AC tersebut, lalu kita tidak memperdulikannya selama berbulan-bulan, bahkan sampai bertahun-tahun.
Bila Anda sudah lama tidak melakukan servis AC, katakanlah selama 6 bulan atau bahkan lupa saking lamanya, maka kebocoran pada AC Anda adalah hal yang lumrah terjadi. Kebanyakan, kebocoran pada AC kita terjadi kurang lebih 6 bulan setelah pembelian dan setiap 3 bulan jikalau tidak diservis. Oleh karena itu keobocoran pada AC adalah hal yang hampir pasti terjadi.
Walaupun, sebenarnya rembesan air yang keluar dari AC adalah normal. Tetapi, jikalau air yang keluar dari AC terlampau banyak, makan itu merupakan AC Anda kemungkinan mengalami masalah.
Maka ada baiknya kita perlu mencari tahu apakah penyebab dari kebocoran AC.

Menurut pengalaman di lapangan ac bocor air disebabkan karena
1. Tersumbat saluran pembuangan air oleh kotoran /lendir yang menumpuk di talang indoor biasanya terjadi pada ac yang sudah lama tidak di cuci/service

2. Kondensasi pada pipa karena busa pembungkus/armaplek nya sudah tidak menyerap air

3. Blok es pada bagian evaporator di karenakan freon kurang / kotor / motorfan indoor lemah putarannya sehingga dingin tidak terbuang maksimal.
Jika pada pipa outdoor ada blok es di pipa kecil itu menandakan freon ac tersebut sudah kurang dan jika terjadi blok es pada pipa besarnya kemungkinan unit sangat kotor atau motorfan nya sudah lemah putarannya dan menyebabkan blok es pada evaporator.

Itulah penyebab yang sering terjadi jika unit ac menetes air di bagian indoor. Untuk normalnya dalam perawatan ac sekitar 3-4 bulan tergantung pemakaian. Terkadang ada yang 2 bulan karena unit ac di nyalakan full siang dan malam.

Sumber artikel www.ahmadteknik.com[img]www.ahmadteknik.com[/img]
andrelucky
carulux
carulux dan andrelucky memberi reputasi
2
6.6K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan