Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pinginkerja69Avatar border
TS
pinginkerja69
Galau Susah Kerja Karena Umur Ngelebihin Batas Kriteria
Halo semua, ane mau curhat tentang kondisi ane saat ini.

Jadi ane itu cowok sekarang usia ane itu 26 tahun lebih 6 bulan, ane sekarang lagi gelisah berat soal kondisi ane yang sekarang nganggur biarpun udah coba lamar sana-sini.

Ane mau cerita perjalanan karir ane sampe sekarang bisa jaya gini.

Ane udah pernah kerja di dua perusahaan, perusahaan tempat ane kerja yang pertama dulunya diajak sama sodara. Jadi ane masuk waktu itu karena ada unsur "orang dalam" karena pas banget disana ada lowker dan ane belum lama lulus.

Biarpun ane ada orang dalem, tetep aja pas masuk ane ngikutin test dan om ane bilang kalo test gagal ya kamu gagal. Singkat cerita ane lulus semua tes yang dikasih dengan nilai tinggi, ngalahin kandidat yang lain. Dari 34 orang.. cuma 3 orang termasuk ane yang lulus.

Ane kerja disana selama 3 tahun, dan gak diangkat jadi karyawan tetap karena pas tahun 2014 ada demo buruh yang nuntut agar setelah kontrak kedua (2 tahun) harus diangkat jadi kartap. Diperusahaan tempat ane kerja akhirnya diawal 2015 tepatnya januari ada pengangkataan masal, dan kandidat yang diangkat itu cuma sampe yang kontraknya januari. Sementara ane dkk yang teken kontrak bulan april, harus ikhlas karena gak diangkat dengan alasan gak ada kuota karena abis pengangkatan masal.

Saat itu ane termasuk karyawan yang rajin, rajin lembur bahkan dihari libur, ane inget tahun pertama dan kedua libur itu cuma idul fitri sama hari kemerdekaan aja, tahun barupun disuruh lembur. Bisa dibilang selama 2 tahun pertama ane gak pernah libur dan tetep lembur hari sabtu dan minggu. Absen 100% gak ada sakit, bolos atau izim. Tapi tetep perusahaan harus cut ane dkk.

Tahun 2015 ane nganggur selama 2 bulan dan dapet kerja dipabrik yang baru beroperasi (ane dapetin sendiri tanpa ada orang dalam yang terlibat). Sebenernya ane lumayan betah kerja dipabrik baru ini biarpun gaji yang didapet 1/3 dibanding pabrik sebelumnya (pabrik didaerah yang UMR nya gak lebih dari 2,2 juta dan gak ada lemburan karena 3 shift emoticon-sad)

Ane dipabrik itu bertahan selama 2 tahun, dan resign 2 minggu sebelum masa kontrak habis. Mungkin agan2 dimari heran kenapa gak diabisin aja karena nanggung cuma dua minggu doang.

Ane udah nyoba bertahan biar beres ampe kontrak kerja abis, tapi ane gak tahan karena 6 bulan lalu supervisor ane diganti sama orang baru, yang mana menurut ane doi itu super carimuka sama atasannya. Memang disetiap pabrik/perusahaan ada aja yang carimuka, rekan kerja ane pun ada 3 orang yang carimuka tapi ane masa bodo. Bagi ane yang penting sesuai SOP, barang bagus target dapet.

Tapi semua berubah pas supervisor ini datang, yang dia mau itu cuma kuantitas aja dan menyampingkan kualitas. Jadi dia itu lebih mentingin barang yang diproduksi dan nyampingin kualitas.

Bukan ane so perfect atau apa, tapi ane itu dari kecil emang selalu sesuai SOP klo bisa dibilang. Pas nyuci di bungkus detergen ada tulisan 30 menit, ya ane rendem itu 30 menit. Awalnya ini spv nyuruh ane jalanin mesin yang mana produknya itu ada jam sebelum proses (waktu tunggu kering, kalo belum kering diproses barang biasanya bakal NG Dan jadi reject, SPV ane itu mau mesin jalan sapa tau barangnya masih bisa bagus. Perbandingan resikonya itu 1:10)

Dia bilang bakal tanggung jawab kalo kenapa2 dan berurusan sama QC, ane sebagai bawahan ya cuma bisa nurut kala itu karena dia janjiin tanggung jawab. Tapi nyatanya pas QC turun dan nanyain kenapa, spv ane malah bilang gak tahu apa2 dan akhirnya ane sama 2 temen ane kena sidang sama QC.

Hal ini bukan sekali aja, tapi sampe 3 kali. Spv ane selalu janji bakal tanggung jawab dan kita yang cuma operator kala itu gak ada pilihan nolak. Sampe akhirnya ane ngelawabn itu spv karena gak sesuai SOP, wktu itu ane bilang

"pak ini belum kering, kalo diproses jelek"
"Ah segini mah kering"

Ane yang udah muak sama sifat doi langsung ngomong sambil ngasih form yang dikasih sama QC.

"Pak kalo kata bapa udah kering dan gpp diproses, kenapa gak bapak rubah aja standard keringnya. Biar dirubah sama QC, terus kalo mau jalanin mesin tanda tanganin ini dulu"

Spv ane gak berani buat tanda tangan dan ninggalin ane, ane kala itu langsung lanjut kerja aja. Dan seminggu setelah kejadian itu, ane ngerasa jelas banget didiskriminasi sama tuh SPV. Soalnya biasanya ada orang yang bantuin ane kerja di line (dia khusus bantu merbaikin barang bermasalah, tiba2 dia gak pernah bantu lagi dan ane berpikiran positif. Dan besoknya tuh orang yang suka bantu datang ke line ane dan minta maaf.

"Bang maaf aku gak bantuin line abang, soalnya gaboleh sama foremen terus sama pak SPV juga"

Sejak itu ane gak betah kerja disana, dan beberapa bulan kemudian ada tes macam buat pengangkatan gitu dan nama ane gak tertera disana (gak masuk kandidat). Ane emosi dan jujur aja kecewa, ane udah kerja sesuai SOP dan udah nyoba rajin tapi yang yang tertera disana adalah orang2 yang "maaf" carimuka.

Karena ane udah tau gak bakal diperpanjang/ diangkat. Timbullah rasa males ane kerja dipabrik itu, pada akhirnya ane mutusin keluar pas THR turun dan nyisain 2 minggu masa kerja.. karena udah muak banget.

Ane keluar dari pabrik dan nyoba2 ngelamar (usia ane 24 pas keluar), disaat ane sedang jatuh finansial ane juga ngungkap bahwa cewek ane selingkuh sama cowok lain. Begonya ane ternyata hubungan mereka udah 1 tahun, dan ane cuma dimanfaatin doang buat finansial dia. (Polosnya ane/bego) padahal ane sama cewek ane udah mau 5 tahun hubungan (ane macarin dia pas masih sekolah, dan doi selingkuh pas lulus SMK, ketauan pas doi baru masuk kerja. Mungkin karena penghasilan ane yang gak segede dulu)

Ok Skip

Singkat cerita ane putus dari doi dengan sakit hati yang dalam, sempet kepikit buat bundir. Sampe akhirnya temen ane nyaranin buat ikut les bahasa korea dan ikut program g to g korea.

Tahun 2018 ane ikut tes dan dapet nilai 9, tapi waktu itu kuotanya cuma sedikit jadi nilai minimal yang ditentuin sama penyelenggara itu 9,25... Nyesek banget ane gan. Abis itu ane nyoba sabar dan nunggu tes tahun 2019..

Selagi nunggu ane ya ngelamar2 kerja (via online), ngerjain objekan sama temen.. karena waktu itu ane mikirnya ya fokus lulus ujian korea. Sampe tibalah ujian tahun 2019, dan nilai yang ane dapet ternyata cuma 7,75... Gak segede tahun lalu padahal ane selalu nyempetin buat belajar, dan pas test ane nemuin banyak kosakata baru. Lebih nyseknya lagi temen ane yang "maaf" pas ujian simulasi/tes kata yang selalu dibawah ane, dia malah dapet nilai 9 (kita test nya beda sesi, beda pula isi soal).

Ane denger2 standard nilai 2019 itu 8, kebayang gak betapa nyeseknya kalo jadi ane emoticon-Mewek.

Ane sekarang nyoba tawaqal dan menerima kenyataan soal ke korea, sekarang ane nyoba2 ngelamar kerja di Indonesia. Dan sekarang ane punya cewek yang minta dihalalin tahun depan, dia gak nuntut mas kimpoi banyak dsb, dia gak keberatan kalo nikah cuma sekedar "ijab qabul" dengan satu syarat ane udah punya kerjaan dan gak nganggur.

Ane sekarang punya waktu 12 bulan sebelum tanggal yang keluarga dia minta (doi lagi jadi TKW pulangnya tahun 2020) kita LDRan.

Ane sekarang Galau banget soalnya sekarang rata2 permintaan perusahaan itu usia mksimal kebanyakan 24 tahun. Kalopun ada yang mau nerima usia 26 tahun, ada kolom pengalaman dibidangnya min berapa tahun gitu. Ane juga ngelamar diberbagai bidang yang ane rasa ada hubungannya sama skill ane (B.inggris sama mc.office)

Sedangkan pengalaman yang ane punya cuma sebagai operator produksi, ane udah ngirim banyak lamaran tapi Nihil. Tahun 2017 Ane juga udah coba datangin job fair, ada kriteria ane yang masuk. Tapi semua itu musnah gegara yang interview tau usia ane mau 25 tahun 5 bulan lagi, dan yang diminta perusahaan 25 tahun maksimal. Pdahal itu pabrik sama bidangnya kek pabrik ane dulu, bahkan lowongannya sama operator produksi.

Ane sebenerny gak bakal nyerah, ane cuma minta saran baiknya ane harus gimana, atau sekedar mencari penyemangat. Ane gelisah karena susah cari kerja karena umur udah lewat batas rata2 yang perusahaan mau.

Uang tabungan ane udah kepake buat kebutuhan sehari2 selama hampir dua tahun, dan ane harus punya kerjaan biar bisa halal sama pujaan hati.

Ane cukup aktif berbahasa inggris, baik dalam inggris pasif. Bisa juga mc.office 2016. Tapi ane ngerasa kemampuan ane itu seolah jadi gak ada gunanya gegara umur yang udah ngelebihin dari kriteria yang perusahaan mau.

Akhir kata, ane minta saran gimana ngejalanin buat kedepannya. Jujur ane lagi down banget sekarang, apalagi kalo ngeliat temen2 ane yang udah pada nikah dan punya rumah (biarpun kredit)

Brangkali ada agan/sis yang pernah ngalamin hal serupa kaya ane. Maaf kalo curhatan ane panjang lebar emoticon-Maaf Agan
Diubah oleh pinginkerja69 22-06-2019 10:13
nohopemiracle
sagutumbuk
echotechno007
echotechno007 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
5.9K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan