sindonews.comAvatar border
TS
MOD
sindonews.com
Pengamat Nilai Gerindra Akan Tetap Konsisten Jadi Oposisi


JAKARTA - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menilai sangat kecil peluang partai Gerinda untuk bergabung dengan koalisi Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin.

Meskipun PAN dan Demokrat bakal bergabung dengan kubu Jokowi usai Koalisi Adil dan Makmur Prabowo-Sandi bubar.

"Kalau saya cermati sangat tipis Gerindra bakal merapat ke kubu Jokowi. Kabinet rekonsiliasi masih ada peluang untuk demokrat dan PAN," ujar Pangi saat dihubungi SINDOnews, Senin (1/7/2019).

Baca Juga:

Pangi juga menyebut, nampaknya partai Gerindra dan PKS bakal tetap menjadi kubu yang berlawanan dengan pihak petahana dalam hal ini Jokowi.

"Khusus untuk Gerindra dan PKS nampaknya akan tetap konsisten menjadi partai penyeimbang (oposisi)," katanya.

Analis politik itu menjelaskan bahwa kelompok oposisi dalam sistem demokrasi memegang peranan yang sangat penting untuk mewujudkan mekanisme ‘checks and balances’.

Mekanisme itu dibutuhkan untuk mewujudkan tata kelola dan penyelenggaraan pemerintahan yang terkontrol sehingga pemerintahan yang sedang berkuasa tidak keluar "jalur" dan bertindak sewenang-wenang.

"Oleh karena itu, kelompok oposisi juga harus diperkuat untuk memaksimalkan perannya sebagai penyeimbang kekuasaan. Mekanisme 'checks and balances' harus dipandang sebagai satu kesatuan yang utuh dan tidak terpisahkan dari sistem demokrasi itu sendiri," jelasnya.

Selain itu, kata Pangi, tidak boleh ada pandangan sinis terhadap oposisi sebagai kelompok "penggangu". Karena, pemahaman tersebut sangat keliru dan fatal dalam berfikir.

"Memandang sinis terhadap oposisi dan upaya mengebiri kelompok ini sebagai pengganggu stabilitas negara akan mendorong negara ke jurang tirani mayoritas dan otoritarianisme," tuturnya.


Sumber : https://nasional.sindonews.com/read/...isi-1561977326

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Sea and Coast Guard Indonesia dan Filipina Gelar Latihan Penanggulangan Tumpahan Minyak

- Kekerasan oleh Oknum Polisi Akibat Pengawasan Lemah

- Pengamat Nilai Gerindra Akan Tetap Konsisten Jadi Oposisi

LeMoed
LeMoed memberi reputasi
1
2.6K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan