alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sekolah Terbatas Zonasi, Bimbel Online Jadi Alternatif
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d11774e65b24d61084366ef/sekolah-terbatas-zonasi-bimbel-online-jadi-alternatif

Sekolah Terbatas Zonasi, Bimbel Online Jadi Alternatif

Sekolah Terbatas Zonasi, Bimbel Online Jadi Alternatif

Saat ini PPDB 2019 tengah berlangsung mulai dari SD hingga SMA. Para murid yang telah mendapatkan Surat Keterangan Lulus mulai nmendaftar dan memilih sekolah yang diinginkannya. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, para orang tua jelas berperan aktif dalam membantu anaknya agar bisa diterima di sekolah unggulan dengan bekal nilai yang telah diraih. Namun siapa sangka, bahwa nyatanya tiap tahun akan ada perubahan dalam sistem yang sudah diterapkan sebelumnya. Masyarakat saat ini tengah dihebohkan dengan perubahan sistem penerimaan yang diterapkan pemerintah, yakni sistem Zonasi.


Mengapa heboh? apakah sistem zonasi ini begitu merugikan para calon peserta didik? Ya, nyatanya memang ada yang pro dan ada pula yang kontra. Mereka yang pro jelas mendukung perubahan sistem ini karena baginya akan menguntungkan jika anaknya bisa diterima di sekolah yang dekat dengan rumah selain akan menghemat ongkos pergi dan pulang, bagi mereka yang mendapat nilai rata-rata kecil jadi tidak perlu khawatir tidak akan mendapatkan sekolah negeri. Namun apakah hal ini cukup menyenangkan bagi mereka yang sudah bersusah payah dalam mendapatkan nilai tinggi dalam ujian? sementara sekolah yang diidamkannya berada cukup jauh dari rumah dan sekolah terdekat dirasa kurang cocok karena dianggapnya tidak unggul atau bahkan tidak memiliki sekolah negeri.


Memang tujuan dari diadakannya sistem zonasi ini cukup baik yaitu untuk memeratakan kualitas pendidikan sehingga tidak ada lagi sekolah unggulan karena semua sekolah akan dinilai unggul. Tapi sebenarnya, kualitas sekolah juga ditentukan dari bagaimana guru itu mendidik anak muridnya. Bukan begitu?


Akibat dari adanya perubahan ini, banyak dari mereka yang nantinya akan terdepak dari 3 pilihan sekolah yang ada karena alasan rumah tidak dekat dengan sekolah, padahal hanya sekolah itu yang dekat dengan rumahnya (mungkin). Nah jika seperti itu, apakah sekolah swasta akan menjadi pilihan terakhir? jelas mau tidak mau, tapi apakah kualitasnya jauh lebih baik? ya memang, jika swasta yang cukup terkenal dan biayanya selangit memang kadang tidak perlu diragukan dengan kualitasnya namun bagaimana jika jalan salah satunya adalah swasta yang biasa saja. Pastinya orang tua harus bisa mencari cara untuk membatu anaknya agar bisa lebih berkembang.


Alternatif dari situasi ini adalah dengan mengikutsertakan anak pada Bimbingan Belajar. Tapi apakah anak tidak akan kelelahan jika dikutsertakan bimbel, apalagi jika anak cukup aktif di sekolah dengan beragam kegiatan ektrakulikuler. Ya, memang. Bimbel Konvensional mungkin akan menguras tenaga si anak dalam berkegiatan karena harus datang ke tempat bimbel yang diikutinya. Maka dari itu, Bimbel Online menjadi alternatif bagi para murid yang memang memerlukan pendalaman belajar yang lebih dari pada yang sudah diberikan di sekolah.

Selain karena alasan efisiensi jarak dan waktu, Bimbel Onlie seperti Ruangguru memberikan manfaat yang begitu menarik perhatian para murid. Apabila murid memang merasa sulit belajar di sekolah dengan keadaan yang kurang mendukung karena bukan tempat yang diinginkan, maka murid bisa lebih nyaman belajar secara Online melalui Ruangguru. Pilihan paket yang beragam, materi dan latihan soal yang cukup praktis, serta ilustrasi yang menyenangkan tentu akan menambah semangat anak dalam mendalami pembelajaran.


Paket Yang Beragam

Sekolah Terbatas Zonasi, Bimbel Online Jadi Alternatif

Alasan utama yang biasa diragukan adalah biaya. Mengingat setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda maka Ruangguru memberikan alternatif pilihan agar semua orang tetap bisa memilih apa yang mereka inginkan sesuai dengan apa yang mereka miliki.


Materi dan Latihan Soal

Sekolah Terbatas Zonasi, Bimbel Online Jadi Alternatif

Bimbel Konvensional terkadang memberikan materi sesuai denga buku yang sudah disediakan oleh lembaga atau bahkan melalui buku murid yang dibawa, jika seperti itu apakah ada pemberuan dari soal-soalnya? mungkin sedikit diragukan.


Ilustrasi Menyenangkan

Sekolah Terbatas Zonasi, Bimbel Online Jadi Alternatif

Jelas sekali bahwa aspek ini tidak tersedia jika kita mengikuti bimbel konvensional. ilustrasi akan menyulitkan jika diterapkan melalui papan tulis. Bagus jika ada guru yang mau repot menyediakan ilustrasi sendiri, tapi bukannya hal itu jarang?


-----------------

Jadi, walaupun nanti adik, kerabat atau kita memang tidak diterima di sekolah negeri atau tidak bisa masuk ke sekolah swasta yang unggul, setidaknya kita bisa memperdalam ilmu melalui ruang belajar secara online.


Baca thread ane yang lain




profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariqlabib dan 3 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
thread nya mirip iklan gan..
but nice info,btw
profile-picture
ariqlabib memberi reputasi
Kebijakan tolol yg bukannya menyelesaikan masalah, malah nambah masalah. Atau emang sengaja buat menguntungkan beberapa pihak?

Kita lihat aja, apa kebijakan ini bisa konsisten. Selama ini tiap bikin kebijakan kontroversial ujung"nya selalu balik ke asal, menunjukkan betapa gk konsistennya pemerintah
profile-picture
profile-picture
ariqlabib dan anakepatihan memberi reputasi


Quote:


Bener banget gan, ane juga salah satu yang ga setuju sama kebijakan ini, masalahnya alokasi zonasi aja 90%, dengan sedikit mengesampingkan nilai. *poor

Zonasi oh zonasi

Kenyataannya, tetangga sebelah ga bs dapet sekolah karena nilai yg kecil..
Kayaknya paling cocok sistem umum dan lokal tea berai...
Jaman gw juga dulu zonasi (rayon)
profile-picture
ariqlabib memberi reputasi


Quote:


Setau ane kalo di Jakarta emang zonasi tp ga mengesampingkan nilai gan, jd kalo dia deket rumah tp nilainya kecil pasti ketendang sama yg rumahnya deket tp nilai gede

Quote:


Iya bener dulu juga ada ustilah rayon, tp dulu ga dipetain begini bener ga sih, kalo sekarang anak jd ga bebas mau pilih sekolah yg mana biar kata agak jauh dr rumah tp kalo anaknya seneng kan tenang, cmiiw
Eh btw ini thread nyenggol ruang guru yak wkwk, adek ane juga pake ruang guru gan 👍👍👍
profile-picture
sajacukupsekian memberi reputasi
masalah zonasi ini memang beberapa jadi kecewa gak dapet sekolah pilihannya.
tapi pemerintah menurutku udah lebih fleksibel sih dengan kasih 5-15 % buat yang berprestasi ini bisa banget dimanfaatin dengan belajar lebih lagi tapi gak menguras waktu (bimbel online).

contoh milih Ruangguru bisa banget jadi alternatif pilihan bimbel online kalian, kenapa dia banyak banget fitur yang sangat ngebantu, ngerjain PR susah, bisa suruh cari jawaban aja di Ruangguru. fitur lainnya? dah cek sendiri aja ribet hehehe
profile-picture
profile-picture
ariqlabib dan sajacukupsekian memberi reputasi
mantap sih bimbel online tetap menjadi solusi emoticon-Wow

ade ane dah coba nih Ruangguru menurut ane sih bagus, orang tua juga masi bisa kontrol anaknya biar gak kecolongan dah langanan tapi gak di pake wakakaka
profile-picture
ariqlabib memberi reputasi
Diubah oleh sajacukupsekian
gak ngurusin emoticon-Stick Out Tongue
rasain lu! emoticon-Ngakak (S)
Iya nih zonasi bikin banyak yang jadi putus asa, galau, dll. Tapi kalau ada bimbel online Ruangguru ni mah gak galau lagi, soalnya kalau di sekolah masih kurang paham, di rumah bisa belajar lagi pakai aplikasi Ruangguru dengan penjelasan dari guru terbaik langsung. Untung zonasi gini udah di zaman kemajuan teknologi ya. hehehe
profile-picture
ariqlabib memberi reputasi
Ruangguru memang sangat membantu ganemoticon-thumbsup Gak ngaruh sama zonasi-zonasian
profile-picture
ariqlabib memberi reputasi
Pro kotra zonasi makin ramai diperbincangkan nih. Apapun kebijakan dari pemerintah, sudah sepatutnya kita mendukung nya. Semoga ini yang terbaik.
Ruangguru hadir sebagai alternatif belajar yang sangat cerdas. Efisiensi waktu salah satu alasan memilih Bimbel Online yang berkualitas ini. Adik aku pakai soalnya gan. Mantap deh pokoknya emoticon-Smilie
zaman sudah semakin modern, teknologi juga sudah semakin canggih, saya rasa ruangguru yang memenuhi kebutuhan penggunanya dan juga anak anak di Indonesia, dimana mereka sudah membuat aplikasi yang aman nyaman dan sangat mudah untuk digunakan. selamat belajar gaes. dan ingat jangan lupa beribadah
profile-picture
ariqlabib memberi reputasi
Iya, jadi kalo menurut gw bimbel online itu ngebantu banget! Kalo zaman gw masih jadi anak sekolahan udah ada semacam aplikasi Ruangguru misalnya, pasti gw bakal pake! Gimana gak ngebantu coba? Acuan belajar siswa pasti akan lebih luas dan mendapatkan materi pelajaran yang kualitasnya sama bagusnya didukung dengan pengemasan materi pelajaran dalam bentuk video belajar beranimasi. Kenapa gw bilang kualitasnya sama bagusnya? Coba deh diinget-inget lagi, pasti lo pernah kan diajar sama guru pengampu mata pelajaran yang dalam penyampaian materinya kurang masyuk? Dalam artian bisa aja suaranya terlalu kecil, ngajarinnya sama anak-anak yang dianggep aktif aja, atau ngajarnya kurang jelas panjang lebar tapi gak nemu intinya, atau galak kalo ngajar jadi lo udah takut dan males duluan buat nanya kalo emang lo gak paham sama materi yang disampaikan.

Kalo belajar di Ruangguru ini setau gw kurikulumnya itu paling lengkap mulai dari KTSP, K13, dan K13 Revisi. Terus untuk tutor atau guru yang ngajar melalui video belajar itu juga kualitasnya udah gak diragukan lagi. Penyampaian materinya gak monoton cuma ngejelain pengertian a,b,c tapi bener-bener penyampaian materinya dengan cara pemahaman konsep didukung dengan gambar animasi yang ngebantu banget untuk memahami materi.

Jadi, menurut gw aplikasi bimbel online itu sangat membantu siswa dalam proses belajar. Kalo mau bimbel online dengan paket lengkap ya aplikasi Ruangguru. Coba deh download terus bikin akun, banyak banget fitur yang bisa membantu proses belajar siswa.
profile-picture
ariqlabib memberi reputasi
Permasalahan zonasi memang banyak diperbincangkan sekarang ini. Apalagi oleh para orang tua yang anaknya lagi naik tingkat dan nyari sekolah baru. Akan ada dua kubu, diuntungkan dan dirugikan. Hal ini yang mengarah ke dampak protes dan terbungkamnya orang-orang. Tapi salah satu hal yang paling bisa dimaksimalkan adalah kemampuan belajar anak. Saya setuju dengan kehadiran bimbel online. Ruangguru. Jika sekolah menghambat (walaupun haram hukumnya), Ruangguru bisa membantu. Setidaknya yang paling penting kan anak jadi paham. Nah, dengan cara lebih privat dan tentunya ada bantuan dari teknologi yang semakin canggih. Kenapa tidak? Saya rasa pilihan Ruangguru itu tepat.
profile-picture
ariqlabib memberi reputasi
kalo menurut ane sih emang enak belajar kaya gini soalnya bisa dimana aja, belajarnya terus praktis aja gitu, fitur yang dikasi sih keren agan agan semua ni bisa nanya soal tinggal di foto, nanya guru nya langsung bisa. dan ane lebih cocok pake yang les online gini Ruangguru sih lebih enak aja gitu....
profile-picture
ariqlabib memberi reputasi
mendapatkan hasil yang terbaik pastinya kita harus giat belajar. Apalagi sebentar lagi saya dan
semua pelajar di Indonesia akan menghadapi Ujian Tengah Semester. Oleh karena itu kita harus
bisa belajar dengan baik dan efektif agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Kebetulan cara saya belajar selain membaca buku adalah menonton video pembahasan dan
mengisi latihan soal di aplikasi Ruangguru. Menurut saya aplikasi Ruangguru membuat kita
belajar menjadi mudah,ketika semua rumus dan hafalan susah kita mengerti atau pahami dan
melihat video pembahasan di Ruangguru inshaallah pasti rumus dan hafalan yang susah
dimengerti dan dipahami seketika menjadi mudah dimengerti dan dipahami. Saya bisa berkata
begitu karena saya mengalaminya,selain menonton video pembahasan yang sangat mudah
dimengerti juga kita diberi latihan latihan soal agar kita sangat paham sekali mengenai pelajaran
tersebut. Dan keuntungan belajar di Ruangguru adalah belajarnya mudah dan tidak ribet,karena
kita belajarnya lewat smartphone,jadi kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja.
profile-picture
ariqlabib memberi reputasi
ASLII Ruang Guru adalah solusi yang paling tepat sih. Memang fitur fitur Ruang Guru keren banget selain materi dan bank soalnya lengkap bahkan ada juga ilustrasi serta video yang bagus dan memudahkan kita untuk memahami materi yang kita pelajari, untuk biaya masih sangat terjangkau dan bersahabat sih menurut ane gan.
profile-picture
ariqlabib memberi reputasi


Quote:


Ah yang boneng luh gan emoticon-Ngakak

Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di