Kaskus

Automotive

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

officialgarasiAvatar border
TS
officialgarasi
Bisa Tahan 20 Tahun, Ini Penyebab Kenapa Harga Spare Part Mobil Eropa Mahal
Sebagian masyarakat penikmat otomotif di Indonesia menganggap spare part mobil Eropa sangat mahal dan sulit untuk didapatkan. Hal ini yang menjadi pertimbangan tersendiri bagi mereka yang ingin membeli mobil buatan Benua Eropa. Selain termasuk tidak mudah ditemukan, harga suku cadangnya dikenal mahal. Itulah mengapa biaya perawatan menjadi tinggi.

Setiap orang memiliki ketertarikan pada mobil tertentu, tidak peduli negara asal pabrikannya. Banyak yang menjadi pertimbangannya, baik dari model, desain, performa dan harga. Di Indonesia, mobil mengalami peningkatan jumlahnya yang bertambah setiap tahunnya.

Bisa Tahan 20 Tahun, Ini Penyebab Kenapa Harga Spare Part Mobil Eropa Mahal

Melansir dari Futuready.com, keadaan ini merupakan kondisi bahwa sebagian masyarakat dalam negeri, memiliki kemampuan finansial untuk membeli sebuah mobil. Ada banyak, di antara jutaan unit mobil yang sering berlalu lalang di jalan raya. Memang sebagian besarnya didominasi oleh mobil Jepang, yang memiliki andalan bahan bakar yang hemat.

Secara keseluruhan, pabrikan mobil Eropa memfokuskan faktor keamanan dan kenyamanan. Fitur yang disediakan juga termasuk canggih, serta dilengkapi interior dan eksterior yang berkualitas. Tidak hanya itu, mobil Eropa terkenal akan ketangguhan material bodinya sehingga tidak mudah penyok dan keropos. Ini yang menjadikan harga spare part mobil Eropa di Indonesia terbilang masih mahal.

Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan mengapa spare part mobil Eropa mahal

Pabrikan Mobil Eropa Belum Memiliki Pabrik Spare Part di Indonesia
Biasanya pabrik yang ada hanya mengimpor produk jadi atau komponen untuk dirakit sendiri, kebutuhan akan spare part original untuk menjaga peforma kendaraan.

Kualitas Setiap Komponen Merupakan Prioritas Produsen
Sahabat harus memiliki ekpektasi bahwa spare part mobil Eropa tersebut akan awet dan bisa digunakan hingga kurun waktu 10 tahun sejak tahun produksi. Ini mengapa spare part mobil Eropa cenderung mahal, karena materialnya kuat dan kokoh.

Spare Part Mobil Eropa Tiruan
Saat ini banyak sekali produsen spare part yang semakin kreatif untuk mengemas produknya yang sangat mirip dengan produk original. Jadi, tak heran kalau banyak masyarakat yang tergiur dengan harga yang murah. Ini yang selalu diantisipasi oleh produsen spare part mobil Eropa, dengan harga mahal maka kualitasnya juga terjamin dan awet. Seharusnya pemilik kendaraan tidak perlu mengorbankan kualitas yang nantinya berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan berkendara demi mendapatkan onderdil harga yang murah.
Kualitas Menciptakan Rasa Aman dan Nyaman
Di Indonesia spare part mobil Eropa masih tergolong mahal. Alasannya, suku cadangnya terbuat dari bahan dengan material yang berkualitas serta dilapisi lapisan khusus yang awet di segala cuaca.

Sparepart Mobil Eropa Ada yang Tahan 20 Tahun
Buat Sahabat Garasi yang gemar atau baru ingin koleksi mobil-mobil Eropa pasti tidak asing mendengar kata ZF Frierichshafen AG. Yup, itu merupakan perusahaan aftermarket atau penyedia komponen part dari Jerman. Tapi kira-kira Sahabat Garasi tahu tidak kalau perusahaan aftermarket ini menjamin partnya bisa awet hingga 20 tahun lho.

Otomatis disaat Sahabat Garasi telah memilih mobil bekas dan ingin mengganti part penting seperti transmisi atau kaki-kaki, disarankan untuk menggunakan spare part asal Jerman. Karena menurut sumber Garasi.id jika Sahabat punya kesempatan datang ke Jerman langsung, di sana masih ada yang mengendarai mobil tua yang notabene-nya telah teruji ketangguhannya. Namun meski menggunakan spare part dengan kualitas yang tinggi, bukan berarti Sahabat lepas begitu saja soal perawatannya ya. Karena bisa dipastikan jika tidak dirawat dengan baik, jenis apapun spare part yang dipilih akan rusak juga.

Sebut saja disaat Sahabat Garasi memutuskan untuk mengganti transmisi, jangan pernah sekali-kali lupa untuk memperhatikan oli transmisinya ya. Pastikan oli transmisi terjaga dengan baik dan menggunakan oli yang sesuai dengan standar transmisi. Selanjutnya Sahabat Garasi juga jangan sampai lupa untuk memperhatikan kekentalan dari oli transmisi tersebut. Sehingga transmisi akan tetap awet dan memiliki umur yang panjang. Dan ini juga berlaku untuk semua spare part yang ada di kendaraan ya Sahabat Garasi, yang artinya jangan lupa untuk terus melakukan perawatan ya.

Sumber : Garasi.id
Diubah oleh officialgarasi 20-06-2019 04:20
koi7
koi7 memberi reputasi
1
2.1K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan