Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mahkotax.putraAvatar border
TS
mahkotax.putra
Melongok SK, Lokalisasi 'Beromzet' Rp 1 M Semalam yang Akan Ditutup
https://m.detik.com/news/berita-jawa...516.1551948862



Semarang - Penutupan Resosialisasi Argorejo atau Sunan Kuning (SK) Semarang tidak bisa dilakukan serampangan. Karena SK saat ini merupakan kawasan dengan perputaran uang cukup banyak bahkan mencapai Rp 1 miliar per malam.

SK berada di kawasan Keurahan Kalibanteng Semarang Barat itu berdiri 19 Agustus 1966 sebagai lokalisasi. Pengelola atau pembina SK, Suwandi mengatakan izin dari pemerintah sudah ada dan sejak ia mengelola 9 tahun lalu sebenarnya Lokalisasi SK sudah berganti nama menjadi Resosialisasi Argorejo.

"Sejarahnya lahir 19 Agustus 1966, awalnya memang dibentuk pemerintah, izinnya ada," kata Suwandi beberapa waktu lalu.

Baca juga: Lokalisasi Sunan Kuning Semarang Bakal Disulap Jadi Tempat Kuliner

Jumlah pekerja di SK discreening ketat dan jika sudah masuk akan diberi pelatihan dengan harapan bisa segera mentas dari dunia malam. Menurut Suwandi jumlah pekerja yang disebut dengan 'anak asuh' itu makin menurun dan saat ini ada 476 orang.

"Anak asuh ada 476 orang dan ada 177 karaoke," jelasnya.

Dengan anak asuh dan rumah karaoke sebanyak itu, tidak aneh jika perputaran uang di sana cukup banyak. Menurut Suwandi sudah banyak orang yang menggantungkan hidup dari perputaran uang di sana karena tidak hanya anak asuh tapi adaa juga para pedagang dan penyetok makanan serta minuman.

"Perputaran uang semalam ya kalau Rp 1 miliar bisa, itu kotor ya," pungkasnya.

Baca juga: Muncikari Sunan Kuning Was-was, Pemkot: Tidak Seperti Kali Jodo

Suwandi berharap penutupan SK tetap memperhatikan nasib anak asuh dan pengusaha di sana. Selama ini banyak para ibu yang menyekolahkan anaknya hingga sarjana bahkan dokter dengan mencari rezeki di SK.

Rencananya, SK akan ditutup pada 15 Agustus 2019 atau menjelang SK berusia 53 tahun. Hal itu mengacu pada rencana pemerintah pusat untuk menutup semua lokalisasi tahun ini. Pertemuan untuk jalan keluar terbaik terus dilakukan dan sembari itu pada akhir Juni nanti gapura SK akan dibongkar

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan SK akan disulap menjadi kampung tematik dan wisata kuliner. Ia juga menjelaskan penutupan tidak seperti Kali Jodo Jakarta karena di SK sudah merupakan bangunan milik warga.

Baca juga: Eks PSK Lokalisasi Sunan Kuning Semarang Akan Terima Uang Tali Asih

"Pemerintah tidak mungkin lepas tangan. Kan ini rumah penduduk, kalau Kali Jodo kan aset pemerintah, di sini tidak bisa seperti itu. Jadi kita cari solusi," kata Fajar.

Rencana awal ada tali asih berupa uang modal Rp 5,5 juta per orang agar mereka mau berganti profesi. Namun para anak asuh masih merasa modal tersebut belum cukup.
_____________

@funk "lurahe sk" ditunggu FR'e emoticon-Big Grin

simsol...
simsol... memberi reputasi
1
3.7K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan