Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KASKUS.EditorAvatar border
TS
KASKUS.Editor
Telur Mentah atau Matang, Mana yang Lebih Baik?


Telur merupakan salah satu makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Benar gak Gan?

Selain karena telur merupakan sumber protein yang terbilang mudah dan murah didapatkan, telur juga daapt diolah menjadi berbagai jenis menu makanan. Mau direbus bisa, didadar bisa, dicampurkan ke dalam adonan hingga menjadi sebuah kue yang nikmat pun bisa. Meski begitu, tak jarang juga orang justru memilih mengonsumsi telur tanpa dimasak terlebih dahulu alias langsung mengonsumsi telur dalam keadaan mentah.

Kebiasaan mengonsumsi telur mentah memang masih sering dijumpai di Indonesia sendiri. Banyak yang menganggap telur mentah lebih dapat memberikan nutrisi yang lengkap ketimbang telur yang sudah matang.

Namun faktanya, benarkah demikian Gan?


emoticon-sudahkuduga

Sebenarnya seperti telur yang telah Agan masak, telur mentah juga bergizi. Telur mentah juga kaya akan protein berkualitas tinggi, lemak sehat, vitamin, mineral, antioksidan dan berbagai nutrisi lain. Dalam 1 telur mentah seberat 50 gram saja mengandung protein, lemak, vitamin A, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B12, Selenium, Fosfor, hingga folat. Selain itu satu telur mentah mengandung 147 mg kolin, yang merupakan nutrisi penting untuk fungsi otak dan jantung yang sehat. Hampir semua nutrisi ini terkandung pada kuning telur sementara putih telur terdiri dari lebih banyak protein.

Meski banyak mengandung nutrisi, namun ini bukan berarti mengonsumsi telur mentah itu dijamin aman dan baik bagi tubuh Gan.
Ini alasannya:

Protein dalam telur mentah tidak dapat diserap maksimal




Penelitian menyebutkan bahwa protein di telur matang lebih mudah diserap dan dicerna dibanding protein telur mentah. Bila di telur matang penyerapan protein bisa terjadi hingga 90 persen, pada telur mentah hanya sebesar 50 persen yang bisa diserap Gan.

Telur mentah menghambat penyerapan biotin



Biotin dikenal sebagai vitamin B7 yang larut dalam air dan diperlukan oleh tubuh dalam proses metabolisme dan pencernaan gula dalam darah. Vitamin ini lah yang penting terutama bagi ibu hamil. Ketika Agan mengonsumsi telur mentah, tubuh tidak bisa mencerna dan menguraikan vitamin ini karena telur mentah mengandung protein avidin yang menghambat penyerapan vitamin B ini.

Telur mentah rentan terinfeksi bakteri salmonella





Telur mentah rentan terinfeksi bakteri Salmonella Gan. Bakteri ini bisa ditemukan di kulit dan dalam telur. Mengonsumsi telur yang terkontaminasi bakteri Salmonella bisa menyebabkan keracunan makanan loh. Gejalanya meliputi kram perut, diare, mual, demam dan sakit kepala. Gejala ini biasanya muncul 6 hingga 48 jam setelah makan dan bisa berlangsung selama 3 hingga 7 hari.

emoticon-Bingung

Pilih yang mana dong?

Pilihan mau makan telur mentah atau matang itu memang kembali ke Agan Sista semua. Tapi seperti yang sudah ane jelaskan di atas, telur mentah memang memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan telur yang telah dimasak. Namun ada resiko infeksi salmonella di telur mentah yang harus Agan waspadai terutama bagi kelompok yang lebih rentan terinfeksi salmonella seperti anak-anak, orang lanjut usia, ibu hamil dan mereka dengan kekebalan tubuh rendah.

Ada beberapa cara yang bisa Agan lakukan untuk mengurangi resiko infeksi bakteri Salmonella pada telur mentah. Seperti membeli peroduk telur yang dipasteurisasi; membeli telur yang ditempatkan di bagian berpendingin; simpan telur di kulkas setelah membeli; jangan membeli atau makan telur yang telah kadaluarsa dan jangan mengonsumsi telur yang retak, pecah atau kotor.

Namun meski begitu salah satu upaya pencegahan yang pasti dari penyebaran bakteri ini yang jelas adalah dengan memasak telur dengan baik, higienis dan matang. Proses memasak dapat mematikan kuman yang mungkin saja ada di dalam telur sehingga telur akan lebih sehat dan aman untuk kamu konsumsi Gan.

Jadi, mau pilih makan telur mentang atau matang nih Gan?



sumber: diolah dari berbagai sumber
0
6.5K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan