aldysadiAvatar border
TS
aldysadi 
Lebaran, Tempat Wisata Dipenuhi Sampah (Kurangnya Kesadaran Pengunjung)
Hai, Gaes! Jumpa lagi di thread Aldys emoticon-Betty (S)

Lebaran menjadi momen yang pas untuk pergi ke tempat wisata dimana hingga minggu kemarin tempat wisata masih ramai oleh pengunjung. Namun, sangat disayangkan, kesadaran pengunjung untuk menjaga lingkungan sekitar tempat wisata masih sangat kurang.

Hal ini tak hanya menjadi perhatian TS, beberapa teman dan kerabat TS yang juga pergi ke tempat wisata dalam momen merayakan lebaran bersama keluarga juga turut mengeluhkan hal yang sama akibat banyaknya tumpukan sampah yang mengotori objek wisata yang mereka kunjungi.


Salah satu area di kebun binatang Ragunan yang berserakan sampah karena ulah pengunjung

Foto tersebut TS ambil pada saat mengunjungi kebun binatang Ragunan. Area yang tadinya bersih seketika berserakan sampah akibat ulah pengunjung yang membuang sampah sembarangan.

Padahal, bisa kita lihat, di dalam foto, sudah disediakan 3 kotak sampah. Namun, pengunjung justru lebih suka membuang sampah sembarangan bahkan sampah dibuang di sekitar kotak sampah, astaga!.

Menjelang pukul 3 sore, TS melihat para petugas kebersihan bekerja ekstra keras untuk membersihkan semua sampah. Meskipun mereka dibayar untuk melakukannya, tetap saja ada rasa miris di dalam hati TS.

Bukankah berbuat baik pada sesama akan turut memudahkan kehidupan kita di dunia yang hanya sementara ini?


Objek Wisata Alam Rentan Rusak oleh Sampah

Foto di atas hanya salah satu contoh nyata. Di tempat wisata lain, terutama objek wisata alam akan lebih rentan rusak oleh sampah karena di lokasi yang seperti ini, pengunjung akan dipastikan selalu membawa makanan dan minuman sambil menikmati pemandangan.

Spoiler for Pantai bersampah:

Makanan dan minuman yang sering dibawa adalah yang praktis dengan kemasan plastik. Setelah selesai dikonsumsi, sampahnya justru ditinggalkan begitu saja.

Wisata bertema alam, misalnya gunung, bukit, sungai, pantai, laut, hutan, dll. Lihat saja, saat musim lebaran atau liburan, tempat ini akan dipenuhi oleh banyak sampah pengunjung.


Dosakah Membuang Sampah Sembarangan

Spoiler for ilustrasi:

Tak lengkap rasanya jika TS tak membahasnya dari sisi agama, yaitu agama islam. Jika ditanya membuang sampah sembarangan itu dosa atau tidak?

Tentu, kita pasti tahu bahwa membuang sampah sembarangan adalah perbuatan yang tercela! Salah! Tak terpuji! Dengan begitu, membuang sampah sembarangan adalah dosa!.

Quote:


Membuang sampah sembarangan dapat menyebabkan bahaya dan kerugian bagi kehidupan dan juga ekosistem karena membahayakan kesehatan manusia dan mencemari lingkungan.

Nah, efek membahayakan dan merugikan inilah yang menyebabkan kita berdosa jika membuang sampah sembarangan.

Dalam Al-Qur’an pun tertulis larangan merusak bumi, seperti dalam Surat Al-A’rof ayat 56 dan kerusakan di bumi akibat ulah manusia sebagaimana tertera dalam Surat Ar-Ruum ayat 41.

Mungkin, GanSis pernah mendengar kejadian dimana hewan mengalami sekarat akibat memakan sampah plastik atau sedotan plastik yang menyumbat di hidungnya?

Atau mungkin, pernah mendengar kehidupan masyarakat yang tinggal di sekitar sungai yang menderita akibat air sungai berbau dan menyebabkan penyakit kulit pada tubuh mereka?


Kenapa Kita Harus Membuang Sampah pada Tempatnya?

Spoiler for ilustrasi:

Merugikan dan membahayakan adalah dampak jangka panjang atau tak langsung dari membuang sampah sembarangan. Mungkin, TS harus menyebutkan dahulu satu persatu dampak langsungnya agar kita semua semakin enggan membuang sampah sembarangan.

1. Sampah merusak keindahan dari sebuah tempat karena gara-gara sampah, sebuah tempat menjadi kotor.
2. Sampah mengganggu kenyamanan karena sampah memiliki bau yang tak sedap.
3. Sampah merusak pemandangan karena gara-gara sampah, sebuah tempat jadi tak sedap dipandang mata. Selain itu, keindahan dari suatu tempat juga tertutupi oleh sampah yang berserakan.


Quote:



emoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower

Semoga thread ini dapat menjadi pengingat sekaligus ajakan bagi kita semua untuk membuang sampah pada tempatnya. Nah, Gaes kalau punya pengalaman menyebalkan serupa pada para pembuang sampah, silakan tulis komentarnya di bawah, ya.

emoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower

Quote:

Quote:
Diubah oleh aldysadi 22-06-2019 07:32
sanasukenagato
danQe
swiitdebby
swiitdebby dan 9 lainnya memberi reputasi
10
10.2K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan