Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

indonesiaerpAvatar border
TS
indonesiaerp
PERKEMBANGAN ERP IDEMPIERE DI INDONESIA
Perkembangan ERP ( Enterprise Resource Planning ) khususnya platform berbasis open source seperti iDempiere sangatlah berkembang pesat. Tidak kalah dengan ERP system yang berlisensi seperti SAP dan Oracle, iDempiere pun berani menunjukkan kemampuannya yang lebih spesifik dan dapat di implementasikan secara flexible dan tentunya dengan biaya yang sedikit ( Gratis ),  ERP iDempiere Indonesia dapat dioperasikan sebagai sarana pendukung untuk bisnis anda agar lebih terintegrasi dan lebih terstruktur dengan adanya sistem yang bisa membantu anda untuk memonitor bisnis anda seperti, melihat cash flow, laporan keuangan, asset management dan banyak lagi. Semua bisa anda dapatkan gratis tanpa harus membayar tapi dengan resiko anda memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa mengoperasikan ERP iDempiere karena banyaknya modul atau aplikasi yang ada di ERP system iDempiere. Tapi tidak usah khawatir  karena sudah banyak perusahaan ERP atau Konsultan ERP yang menawarkan jasanya sebagai implementor untuk pengoperasian ERP iDempiere, sehingga anda tidak perlu membuang waktu terlalu lama untuk mengerti bagaimana cara mengiplementasikan ERP iDempiere sehingga usaha atau bisnis anda dapat  terkontrol dengan baik.


Siapa Yang Membuat IDempiere?


Software iDempiere ini dikerjakan oleh komunitas penggiat ERP yang terdiri dari programmer software bisnis, akademisi, dan juga pengguna seperti akuntan, HRD, dan pergudangan. Ada tiga tokoh dalam komunitas ini yaitu Carlos Ruiz (Brazil), Low Heng Sin (Malaysia), dan Thomas Bayen (Jerman). Ketiganya seringkali menggawangi perkembangan teknologi iDempiere.
Komunitas iDempiere ini bukan komunitas yang “asal ngumpul”. Komunitas ini berkomitmen untuk 100% berpartisipasi menyempurnakan iDempiere baik itu dari design arsitektur software, manajemen release update, donasi, mensponsori perkembangan fitur, kontribusi codingan, dokumentasi, testing, aktif memberikan feedback dan bantuan teknis, dan masih banyak lagi.

Apa Beda IDempiere Dengan ADempiere?

Keduanya berasal dari akar yang sama yaitu project ERP open source, Compiere, yang diinisiasi oleh programmer Jerman, Jorg Janke, pada tahun 1999.
Popularitas Compiere begitu pesat seiring semakin banyaknya kontributor yang bergabung dalam komunitasnya dan jumlah download yang mencapai 1 juta download di SourceForge pada tahun 2006. Compiere sendiri selama 4 tahun berturut-turut dinobatkan sebagai project terbaik versi SourceForge mulai dari tahun 2002
Popularitas ini ternyata memecah komunitas Compiere menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang ingin Compiere menjadi komersial, dan kelompok yang ingin meneruskan semangat Open Source. Kedua kelompok mendapatkan keinginannya, dengan Compiere menjadi software ERP berbayar, dan lahirlah ADempiere sebagai kelanjutan Compiere berbasis komunitas pada tahun 2006.
Pada kurun waktu 2008 - 2011 beberapa programmer software ADempiere memutuskan untuk mengimplementasikan teknologi Open Service Gateway initiatives (OSGi) yang memungkinkan modul-modul ADempiere dipecah dan digabungkan (bundle) sesuai dengan fungsi yang diinginkan. Tidak semua anggota komunitas setuju dengan ini, yang berujung lahirnya komunitas iDempiere yang terus menyempurnakan struktur teknologi ADempiere dengan OSGi menjadikan iDempiere satu paket software bisnis yang tidak hanya kuat dan lengkap, tapi juga fleksibel dengan kebutuhan bisnis.
Diubah oleh indonesiaerp 02-04-2019 06:31
nona212
nona212 memberi reputasi
1
3K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan