Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jerypmtu51Avatar border
TS
jerypmtu51
Kutub Utara Vs Kutub Selatan

Kutub Utara Vs Kutub Selatan
1. Kutub selatan lebih dingin daripada kutub utara

Walaupun sama-sama wilayah salju dan es, tapi kutub selatan lebih dingin daripada kutub utara. Suhu di kutub selatan rata-rata bisa mencapai -49°C yang menjadikan kutub selatan menjadi wilayah terdingin di bumi dan salju di beberapa wilayah kutub selatan tidak pernah meleleh. Sedangkan suhu di kutub utara rata-rata hanya -34°C.

2. Beruang kutub dan penguin tidak tinggal di kedua kutub yang sama

Mitos yang selama ini diketahui publik adalah bahwa beruang kutub dan penguin dapat ditemukan di kutub utara dan kutub selatan. Tapi fakta yang sebenarnya adalah beruang kutub dan penguin tinggal di wilayah yang berbeda. Beruang kutub hanya tinggal di wilayah kutub utara. Sedangkan penguin hanya tinggal di wilayah kutub selatan.

3. Kutub utara merupakan wilayah yang memiliki penduduk, sedangkan kutub selatan tidak memiliki penduduk

Kutub utara merupakan wilayah yang memiliki penduduk. Ada 4 juta jiwa penduduk yang menghuni wilayah kutub utara yang tinggal pada wilayah lingkaran Arktik. Sedangkan kutub selatan merupakan satu-satunya wilayah di dunia yang tidak dimiliki oleh negara manapun dan tidak memiliki penduduk asli. Kalaupun ada manusia di kutub selatan, mereka hanya melakukan penelitian ilmiah di kutub selatan.

4. Wilayah dataran kutub utara dan kutub selatan tidaklah sama

Walaupun kutub utara dan kutub selatan sama-sama wilayah es, tapi pada dasarnya terbentuknya kutub utara dan kutub selatan tidaklah sama. Kutub utara terbentuk dari lautan yang membeku. Sedangkan kutub selatan merupakan wilayah dataran yang tertutup oleh salju.

5. Pengelolaan sumber daya alam yang berbeda

Kutub utara dan kutub selatan sama-sama memiliki kandungan sumber daya alam yaitu minyak. Tapi minyak yang terdapat di kutub utara telah diklaim oleh dua negara adidaya yaitu Amerika Serikat dan Rusia serta dikelola untuk kepentingan masing-masing negara. Sedangkan untuk wilayah kutub selatan, peneliti hanya meneliti kandungan minyak yang berada di kutub selatan dan tidak dikelola oleh negara manapun karena adanya Perjanjian Antartika. 



Sumber = TS
Gambar = Google

dafdiv11
fahmyfaqih
davecchio
davecchio dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3K
21
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan