alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Photography /
Pilih lensa canon USM atau STM??
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d0859aaf0bdb257a977de3b/pilih-lensa-canon-usm-atau-stm

Pilih lensa canon USM atau STM??

Pilih lensa canon USM atau STM??

Memilih lensa untuk kamera memanglah perkara yang mudah, terutama untuk pemula. Begitu banyak jenis-jenis lensa dengan beragam fitur dan spesifikasi yang ditawarkan. Hal tersebut membuat kita bingung harus memilih lensa mana yang cocok untuk kita gunakan.

Begitu halnya dengan user canon. Sudah banyak produk lensa yang dikeluarkan oleh brand kamera ternama itu. Mulai dari jenis lensa KIT, WIDE, TELE, FIX dan lain-lain. Fiturnya pun beacam-macam, mulai dari yang ber embel-embel IS, IS I, II, III, USM, L, sampai yang terbaru STM.

Baiklah, langsung menuju topik... emoticon-Jempol

Seri lensa USM dan STM adalah seri lensa milik canon yang selalu menjadi incaran para fotografer, karena memang keduanya menawarkan fitur yang menakjubkan. Sekilas fungsi dari kedua jenis lensa ini mirip. namun jika kita menilik lebih dalam, penggunaannya sangat berbeda.

Quote:


Jika kalian bingung memilih antara seri lensa USM dan STM ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu proporsi kalian menggunakan kamera. Apakah kalian lebih banyak memggunakan kamera sebagai fotografi atau videografi. Kategori fotografi pun bermacam², mulai dari genre nature, street, macro, wildlife, sport, model, dll. begitu juga videografi.

Setelah kalian menentukan genre atau gaya kalian, barulah kita bisa menyimpulkan mana lensa yang lebih cocok untuk kamera dan style kita dalam menggunakan kamera.

1. Lensa USM

Pilih lensa canon USM atau STM??

USM (Ultra Sonic Motor) ) merupakan seri terdahulu sebelum seri lensa STM muncul. Namum meskipun lensa masih tetap banyak peminat dan penggunanya karena memang banyak yang memerlukan fitur yg ditawarkan dari lensa ini.
Lensa seri USM sendiri menawarkan fitur yang mengedepankan auto fokus. lensa yang identik dengan lingkaran merah didepan ring fokus ini sangat cocok untuk mengabadikan objek² yang bergerak dengan cepat. Oleh karena itu jika kita menonton pertandingan sepak bola di stadion kita akan banyak menemukan fotografer² menggunakan lensa jenis ini.
Kelebihan dari lensa USM adalah memiliki kecepatan auto fokus yg sangat cepat dan tidak berisik. Sedangkan kelemahan dari lensa ini adalah tidak mampu menahan getaran sehingga mengakibatkan gambar mudah ngeblur terutama pada jenis lensa USM tipe telephoto. Namun itu bukan masalah besar dengan fitur yang semenarik lensa USM. Dengan mencari seri lensa yang telah dipasang IS (image stabilizer) seperti lensa canoon EFS 15-85 f 3.5-5.6 IS USM atau cukup menggunakan tripod yang kokoh untuk meredeam getaran tersebut.
Jadi jika kalian merupakan type oramg yang menggunakan kamera untuk mengabadikan moment / objek yang selalu bergerak ataupun kalian menginginkan kecepatan autofokus yang maksimal maka lensa seri USM adalah pilihan yang tepat.
Berbagai jenis lensa seri USM dan harganya menurut Datascript yang merupakan distributor resmi produk canon di Indonesia

1. EF 16-35 mm f/2.8 III USM : Rp. 38.379.000
2. EFS 18-135 mm f/3.5-5.6 IS USM : Rp. 8.723.000
3. EF 100-400 mm f/4.5-5.6 IS II USM : Rp. 35.379.000
4. EF 17-40 mm f/4 L USM : Rp. 12.870.000
5. EF 70-200 mm f/2.8 L USM : Rp. 22.726.000
6. EF 400 mm f/4 DO IS II USM : Rp. 111.100.000
dan lain-lain

Sumber : canon.id


2. Lensa STM

Pilih lensa canon USM atau STM??

Lensa STM (Silent Transition Motion) atau juga yang sering kita dengar sebagai Stepper Motor ini merupakan seri paling baru untuk jenis lensa yang diproduksi canon. Lensa jenis ini biasanya identik dengan gelang silver yang ada didepan ring fokus lensa. Lensa ini memiliki harga yang lebih murah dibanding dengan lensa seri USM dan biasanya sudah disematkan fungai IS didalamnya (tapi ada juga yang tidak). Lensa STM menawarkan fitur auto fokus yang sangat cepat saat menggunakan mode live view atau saat merekam video. Berdasarkan kemampuannya, lensa jenis ini sangat cocok untuk kalian yang berkecimpung di dunia videografi karena mampu memfokuskan objek dengan sangat cepat tanpa perlu khawatir dg suara motor lensa ketika kita beralih antara 1 frame ke frame lain saat merekam video berkat sistem silent yang dimilikinya.

Quote:


Tentu saja cocok...
Lensa seri STM dengan tambahan IS akan sangat membantu mengurangi efek shake saat pengambilan foto. Ditambah lagi saat ini sudah banyak lensa seri STM dengan bukaan-bukaan lebar yang bisa membuat hasil foto kamu makin ciamik. Namun jika dibandingkan dengan lensa seri USM untuk kategori fotografi jelaa lensa seri USM lebih unggul, karena lensa seri STM tidak secepat lensa seri USM dalam urusan auto fokus saat pengambilan foto.

Untuk saat ini berbagai tipe dari lensa seri STM sudah menjamur dipasaran Indonesia. Mengintip dari produsen aslinya, berikut daftar jenis lensa STM dan harganya :

1. EFS 18-55 mm f/3.5-5.6 IS STM : Rp. 4.103.000
2. EFS 35 mm f/2.8 macro IS STM : Rp. 5.929.000
3. EFM 18-150 mm f/3.5-6.3 IS STM : Rp. 7.304.000
4. EF 50mm f/1.8 STM : Rp. 1.991.000
5. EFS 55-250 mm f/4-5.6 IS STM : Rp. 4.097.000
6. EFM 11-22 mm f/4-5.6 IS STM : Rp. 6.193.000
Dan masih banyak lagi

Sumber : canon.id


Oke, demikian pembahasan mengenai lensa seri USM dan STM. Mudah²an bisa membantu kalian dalam menentukan lensa mana yang sesuai dengan bidang yang kalian tekuni.

Kesimpulan :
Lensa seri USM sangat cocok untuk mengabadikan objek fotografi yang bergerak cepat misalnya fotografi satwa, olahraga, street fotografi dll. Sedangkan lensa seri STM sangat cocok untuk kalian yang suka ngevlog atau merekam video


Soo.... Kalian pilih manaa???????

Thankz udah berkunjung ke thread saya kali ini. Sampai jumpa dithread selanjutnya

Simak juga hot thread lainnya yang sangat menarik:

Memahami jenis² lensa dan fungsinya untuk pemula

Cara menghemat shutter count kamera

Rincian biaya membuat STUDIO FOTO sederhana
profile-picture
pjam memberi reputasi
Diubah oleh sobatf
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
ane punya kamera nikon rusak karena dimainkan oleh adik ane dan terjatuh dari lantai 2. mau nanya gan? tempat yg bagus untuk reparasi yg bagus dimana gan?
profile-picture
sobatf memberi reputasi
Quote:


Di alta nikindo gan, service center resmi nikon. biasanya dikota besar sudah banyak tersebar. Kalo masih ada garansinya (garansi resmi alta nikindo) bisa dapat potongan harga. Tapi kalo gak punya garansi alta baik yg masih berlaku maupun yg sudah mati harganya bisa 2x lipat.
Soal pelayanan jangan diragukan lagi emoticon-Jempol
profile-picture
pjam memberi reputasi
Diubah oleh sobatf
pasar ɡozi wiwin
usm, STM enak enak semua gan, tergantung budget kalo ini, haha, 50mm STM terbaru jg udah mantap buat portrait
profile-picture
sobatf memberi reputasi
Quote:


Tergantung kebutuhan gan emoticon-2 Jempolemoticon-Toast
Quote:


Ada gan kartu garansi nya . Makasih gan hehe dari info agan saya td ngecek boxnya ternyata masih ada kartu garansinya.emoticon-Shakehand2
profile-picture
sobatf memberi reputasi
Quote:


Okee siyaaappp emoticon-Jempol
profile-picture
pjam memberi reputasi
dari harga Udah kliatan brp yg pake Fitur usm n yg nawarin STM, tinggal maksimalin ajaemoticon-Jempol
profile-picture
sobatf memberi reputasi
lensa STM memang cocok untuk videografi karena bisa pull and push fokus dengan cantik. Apalagi bila dikombinasikan body dengan dual-pixel auto-focusnya. hasilnya lebih mantap.
Ada tapinya...belum ada seri L untuk lensa STM, artinya kualitas optik tidak sebagus lensa-lensa USM terutama seri L. Kebanyakan lensa STM juga banyak dikhususkan body bersensor APS-C.
Apakah ini karena untuk cinematografi canon lebih berfokus untuk menjual body seri C mereka? Saya tidak tahu.hahaha
profile-picture
sobatf memberi reputasi
Quote:


Ahsiyaaaap gan emoticon-Jempol
Quote:


Mungkin karena skarang lagi demam vloging gan, jadi untuk menjaga eksistensi dslr canon membuat lensa STM
IMHO
harga ga boong gan. usm tetep lebih bagus. lensa efs yg usm aja tetep lebih mahal dr stm. emoticon-Berduka (S)
profile-picture
sobatf memberi reputasi


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di