CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Tech / ... / Hardware Computer /
<<< IBM/Lenovo ThinkPad Community >>> - Part 3
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bfc3dbde2cf23c7e8b4570/ltltlt-ibm-lenovo-thinkpad-community-gtgtgt---part-3

<<< IBM/Lenovo ThinkPad Community >>>

Tampilkan isi Thread
Halaman 195 dari 264
Quote:


maksud "investasi" yg ane sebut sebelumnya itu soal performa yg ttp andal sampai 3-5 tahun ke depan. ngk kepikiran buat dijual 😁

dulu pernah beli baru R61 tahun 2007 sampai akhirnya digondol maling tahun 2017...hahaha

awal pake Thinkpad second seri X100e (digondol maling bareng R61). lalu udah setahun lebih ini pake X230 ex Sing.
Diubah oleh cudunk
Quote:


ane masih setia dengan Thinkpad nih gan emoticon-Ngakak

udah riset brand lain ke sana ke mari, tp belum teralihkan juga...
Quote:

coba baca ini: https://www.howtogeek.com/223821/wha...you-delete-it/

Quote:

gw pribadi lebih milih L380: quad core cpu, lebih ringan, ada backlit keyboard.
udah coba cek T460/T460s atau T470/T470s ?
x230 new user here emoticon-Smilie
punya gw datang dengan keyboar 6-row dengan layout jepang, so far gw suka banget dengan keyboardnya, dipake ngetik enak banget...nah yang jadi masalah itu, gw pake win 10, peletakan simbol yang dikenali itu masi ngikut yang US version.. udah coba add layout keyboard jepang tapi gak berhasil, masih ada mis dan tombol yang malah sama sekali gak dikenali... how to solve this?

TIA
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Memang banyak di market place yang jual x230 keyboard jepang dengan harga lebih murah dari english keyboard. Ada yang jual english keyboard kalau mau diganti. Ada juga yang jual tuts keyboard per huruf. Kalau tidak ingin ganti atau mod, well, saya pun penasaran emoticon-Smilie Karena saya punya prinsip kalo kita pun akan belajar hal baru saat membantu orang, maka saya bereksperimen. Bisa dicoba step berikut kalau belum, siapa tahu bisa.

Windows Settings > Time & Language > Language > Add Windows display language in Microsoft Store > Pilih Bahasa Jepang (sebelah italiano) > Uncheck set as my display language. Setelah di download dan muncul Jepang, klik bahasa jepang itu, pilih option, di hardware keyboard layout rubah dari english keyboard (101/102 key) ke japanese keyboard (106/109 key), dan restart laptop.

(Mungkin perlu) Setelah restart, balik ke setting language seperti di atas, masuk option bahasa Jepang, add keyboard bila perlu (di laptop saya tidak ada keyboard lain selain microsoft ime, mungkin ada yang lain di laptop anda)

Tekan Shift Kiri + Alt untuk pindah keyboard dari english ke jepang dan sebaliknya.

Saat pilih Jepang, muncul icon language di taskbar, klik kanan icon tsb untuk pilih hiragana / katakana, dll. 


間違っていれば訂正してください (CMIIW in Japanese, ngetik sendiri bukan copy paste) emoticon-Smilie



Quote:


Sering banget hehehe, tapi mungkin karena belum terbiasa aja...

Quote:


Oke gan, makasih
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Quote:


Apa yang saya tulis di atas untuk x230 berlaku juga untuk s230u. Ada 24GB msata cache ssd yang bisa anda ganti dengan msata ssd biasa. Tapi msata harganya mahal (2x lipat 2.5" sata ssd), jalan di kecepatan sata 2 (setengah sata 3), dan anda harus bongkar semuanya untuk akses slot msata.

Solusi ganti hdd dengan ssd 2.5" akan lebih murah, lebih mudah (cuma lepat 1 baut), dan lebih cepat (sata 3). Harga Adata SU800 512GB 2.5" SSD (850 rb) masih lebih murah dari Samsung 860 Evo msata 250GB (925 rb). Kalau anda butuh kapasitas besar, tidak masalah dengan kecepatan msata ssd yang tidak optimal, plus uang juga no problemo, msata ssd + hdd bisa dipertimbangkan.

Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

T430s caddy

Halo gan, mau minta feedbacknya... saya mau ganti dvd T430s dengan HDD caddy. Di online kan ada yang jual slim 9.5mm harganya 200rb untuk T430s tapi ga jelas mereknya. Sebenernya yang harga 200rb sama yg universal 80an ribu jauh sekali beda kualitasnya atau sebenarnya sama saja?
Quote:


kalau untuk video editing dan rendering ringan, belilah T430 yang ada nvidianya, setidaknya bisa bantu dikit2.
kalau yang intel only, meski sudah pakai SSD, ya bisalah kalau agan pakai aplikasi editing video yang ringan2 macam Movavi, atau Fillmora, kalau agan pakai Premier atau Vegas ya siap2 jadi orang paling sabar sedunia.

Quote:


1. WORTH. Sikat aja. teh best option ada di X250.
2. AGAIN, soal baterai, situ kan beli barang seken, otomatis batrenya juga seken, jadi jangan ngarep terlalu tinggi soal awet berapa jam, dsb dsb.
anggep beli mobil seken, kalau apes ya harus ganti aki, kalau hoki, ya tinggal pakai.
Mau nyaman? beli X250 seken + belikan Baterai Original dan BARU, dijamin bisa sampai 12jam lebih ONLINE kalau pakai konfigurasi dual baterai 3+6.

Quote:


Hapus aja om, ga masalah.

Quote:


Dari sejak 2016 nongol, beli mekbuk sudah bukan investasi bagus, karena hampir setiap tahun keluar, selalu keluar dengan masalah baru, entah keyboard, layar, wifi, fleksibel, dan lain lain - MAAP OOT.

Quote:


Perbedaan 2 caddy ini sudah saya kupas tuntas di beberapa page ke belakang, silakan coba nyelem dulu.
Saran saya = beli yang Caddy khusus harga 200rb biar situ nggak repot waktu plug and play, dan konektivitas SATA portnya STABIL.

PS : HDD caddy memang TIDAK BERMEREK. mau yang Universal harga 50-80ribuan atau yang khusus 180-270ribuan ya semua tidak bermerek.
yang membedakan hanya di bezel, sata alligment, locking mechanism dan bahan caddy itu sendiri.

KUPAS TUNTAS HDD CADDY UNIVERSAL VS KHUSUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
widyadewa dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kiterunner
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Cukup bagus.

Saya sering baca di sini: "Apakah GPU membantu video editing?" Kalau anda baca sekilas di internet, kebanyakan jawabannya YA. Tapi kalau anda gali lebih dalam lagi, anda akan lihat kalau jawabannya bukan hitam-putih ya atau tidak, tapi MUNGKIN. Support untuk GPU acceleration di video editing jauh dari universal seperti di 3D di gaming, tergantung banyak sekali faktor. Saya ilustrasikan situasinya dengan video editor yang saya pakai: CyberLink PowerDirector 16-17, salah satu editor choice di pcmag.com bersama dengan Adobe Premiere Pro CC, Apple Final Cut Pro X, dan Corel VideoStudio:

Apakah program anda support GPU acceleration? Jika ya, AMD VCE, Nvidia NVENC, Intel QSV (Quick Sync Video)? Di PD16 misalnya, nvenc jauh lebih cepat dari vce untuk h.264 encoding.

Ada cara mudah untuk mengetahui apakah software anda benar memanfaatkan gpu waktu rendering. Amati Windows Task Manager > Performance tab > GPU, video encode/decode.

- Seandainya support pun, masih diperumit dengan banyak faktor lain:

- Membantu di decoding, encoding, keduanya?

- Komposisi timeline anda berpengaruh, banyak pakai transisi dan FX yang support GPU atau tidak sama sekali?

- Target format akhir anda, H.264, H.265, dll?
Contoh, di PD 16 v2524 dengan RX 560 dan driver 18.3.4: H.265 bermasalah dengan kualitas, bitrate, anomali decoding. Untuk H.264 hardware acceleration hanya berlaku untuk profile progressive

- Driver.
PD 16 support nvidia nvenc sampai ketika driver baru dirilis dan nvenc hilang. Untuk itu user harus rollback ke driver versi 411.70 supaya nvenc jalan. Setelah itu keluar patch 3424 untuk PD 16 sehingga nvenc support hadir lagi di driver baru. Ketika dipikir semuanya beres, seseorang upgrade ke PD 17 dan berpikir masalahnya sudah beres. Tidak, nvenc belum jalan di PD 17. Kemudian keluar patch (hanya untuk versi stand alone dan tidak untuk versi subscription), masalah beres. Tapi itu hanya di desktop. Di laptop dengan nvidia optimus tidak jalan, kecuali igpu dimatikan di bios, dan tidak semua laptop punya setting ini di biosnya. Rumit eh?

- Kualitas. Seberapa banyak kualitas yang turun karena hardware encoding, dan kalau ada, apakah anda peduli?


Benchmarking pakai eGPU

Saya pakai PD17 project sendiri dengan hasil akhir h.264 AVC / 720p / 24 fps / 4 Mbps berdurasi 72 detik. Sumber video: beberapa adegan di mana istri saya yang di shoot di depan green screen dan satu clip dari film avenger. Cerita pendeknya, istri yang sering bermimpi jadi superhero, saya kumpulkan dengan rekan-rekannya di avenger untuk melawan Thanos emoticon-Big Grin

Berikut waktu rendering (detik):

Hanya cpu, i5-3320M (thinkpad x230)
hardware (intel qsv): 29
software: 55

Dengan eGPU RX 570
hardware: 35
software: 57

Hanya cpu, i5-7200u (lenovo v310)
hardware (intel qsv): 20
software: 35

Anda lihat, intel qsv lebih cepat dari amd vce. Kualitas dan file size keduanya sama saja menurut saya.

Singkatnya, jangan memutuskan beli laptop untuk video editing semata berdasar integrated atau discrete graphics. Pilihlah laptop dengan cpu tercepat yang bisa anda beli. Untuk kebanyakan consumer yang bukan pixel peeper, Intel Quick Sync yang ada di setiap cpu intel dengan IGP sejak Sandy Bridge (2011) sudah sangat memadai dan disupport oleh banyak aplikasi. Ada yang bilang kualitas Intel QSV lebih bagus dari Nvidia NVENC dan AMD VCE.

Jangan telan mentah2 apa yang saya tulis. Google "[nama software anda] gpu acceleration", batasi opsi pencarian dalam setahun terakhir, dan silakan dalami sendiri.
profile-picture
profile-picture
Faith.9 dan BangJip memberi reputasi
tengkyu untuk semua jawabannya gan, hhe maaf masih gaptek emoticon-Angkat Beer

BTW kl mau nyari batere internal buat X270 (ane waktu beli gak include) kira2 harus mesen ke service center atau bisa nyari di tempat lain ya?
Gan, versi upgrade X230 itu apa ya? Dari segi fisik/look aja, spec udah "enak"

Ane kepikiran T440S, tapi pas dilihat fiturnya masih kalah dari X230 (gak ada fp, walau nggak terlalu penting sih hehe), terus CPU & GPU nya juga masih kalah dikit sama punya X230 meski harganya lebih mahal sejuta emoticon-Hammer (S)

Btw, X230 sama T440S beratnya berapa sih? Kalo diliat kok bulky banget ya? Enak buat dibawa mobile/dibawa kemana2 nggak (jalan kaki/berdiri di TJ/KRL)?

Terus RAM nya bisa dipasang DDR3L nggak?
profile-picture
zharki memberi reputasi
Diubah oleh panlpu47
Quote:

udah coba nyari di toko online lokal? kalo gak ada, cari di toko online luar.

Quote:

Segi fisik/look maksudnya apa nih? kalo yg sama tebel, gak ada. Kalo yg lebih tipis atau ringan sih ada banyak.
T440s ada kok opsi fp reader nya. Berat thinkpad bisa dicek di PSREF (google T440s PSREF).
T440s kan 14 inch, kalo mau yg sepantaran lihatnya yg satu aliran: X240, X250, ...
kalo menurut gw sih X280/X390 bisa dibilang versi upgrade dari X230 kalo nyari yg form factor kecil, tapi ada cons nya: ram nya udh soldered semua dan baterenya tanam. L380 bisa dipertimbangkan juga kalo mau yg ram nya gak soldered.
profile-picture
panlpu47 memberi reputasi
Halo mastah2 thinkpadder

Nubie minta referensi laptop yang cocok buat dipake data processing (olah data pake excel, file excel ane bisa ratusan mb ++)
Buat main game yang enteng2 aja...
Pengennya yang 14 inch, ram min 8 gb, plus ada slot tambahan buat ssd

Budget 5-6 juta (melar2 dikit buat upgrade gpp)

Mohon bantuannya yaa...

X201

Gan gimna sih cara ngunain thinvantage x201 , dipencet2 ngak mw udah lama ngak nyalain,, pengen instal ulang ni laptop,,, padahal factory recovery masih ada
Quote:


seri T udah jelas.
14 inch
ada slot tambahan buat SSD atau bisa pakai 3 drive sekaligus kalau mau dan perlu
untuk urusan excel dan office apps yang berat2, jelas soal RAM, kalau RAM besar, udah santai itu kerjaan.

kandidat :

T430 - sisa dananya bisa buat upgrade ram dan ssd
T440p - sisa dananya bisa buat upgrade ram dan ssd

Quote:


pencet tombol thinkvantage pas mau booting.
kalau pakai reco nggak mau, drpd ribet, mending install ulang sendiri saja, bikin bootable USB pakai Rufus, inul OS sendiri, soal driver, nanti download Lenovo System Update di Google, tinggal siapin koneksi internet bagus, driver udah terinstall sendiri.

Windows 7 = Lenovo System Update
Windows 10 = Lenovo Vantage di mocrosoft store - FREE

X201 pakai Win 10 ? YES, dan jalan dengan lancar dan tanpa kendala, so ngga usah kuatir apa apa, install aja.
Untk aktivasi kalau X201 ada COA windows 7 pro nya di balik baterai, itu bisa dicoba buat aktivasi Win 10 pro.
kalau COA nya nggak ada, silahkan beli produk key ke marketplace macam bukalapak atau tokopedia.

Quote:


RALAT :

untuk CPU mungkin memang masih lebih powerfull X230 krn X230 pakai CPU M, sedangkan T440S pakai CPU ULV, tapi untuk GPU, jelas lebih nyaman T440S yang pakai IHD4600 dibanding X230 yang pake IHD4000. perbedaannya bisa sampai 60-65% lebih cepat di T440S.

FP, Bluetooth, Webcam, Backlit Keyboard itu sifatnya OPTIONAL, ada yang ADA, dan ada yang TIDAK ADA.
tergantung bawaan dari pabrikan, T440S ber FP ya ADA, X230 ber FP ya ada, yang TIDAK ber FP juga ada.

T440S itu versi PREMIUM di jajaran gen 4, touchpadnya sudah pakai GLASS, bahan casenya murni Carbon Fiber Reinforced.
Meski dia pakai procie ULV krn buat kejar hemat daya, tapi dia ada varian layar HD, HD+ dan FHD sampai ke touchscreen.
RAMnya juga hanya 1 slot FREE, jadi 4GB soldered + 8GB maksimal dalam 1 slot FREE, jadi maksimal RAM hanya 12GB untuk T440S dan hanya mau baca ram DDR3L.

X230 itu last X series dengan prosesor M.
juga last X series dengan RAM slot ada 2 maksimal 16GB dan bisa baca DDR3 maupun DDR3L. ( masing masing bisa baca 8GB per slot )
Untuk layar, X230 hanya datang dengan layar HD TN atau HD IPS ( yang ini langka, jadi jangan ngarep bisa dapet dengan mudah, perbedaan TN VS IPS silahkan Google )

Kedua laptop di atas, di real life beratnya sama saja, masih acceptable kalau mau dibawa mobile, atau mainan laptop sambil berdiri di krl/bis, kecuali kalau agan masuk ke generasi anak jaman now yang cenderung manja dan biasa pake leptop setipis kertas.

T440S wajar lebih mahal sejuta, bahkan bisa lebih dibandingkan X230, terutama karena dia lebih muda, dan well, suka tidak suka, dari material dan segmen, dia lebih PREMIUM.

Coba kalau agan nggak keberatan, mungkin bisa dijabarkan disini, budget berapa, kebutuhan mau untuk apa, dan toleransi maksimal berat unitnya berapa kg, pasti banyak yang bisa bantu kalau detailnya dikemukakan dengan rinci emoticon-Big Grin
profile-picture
panlpu47 memberi reputasi
Diubah oleh kiterunner


Quote:


Kyaknya emang bener ngak bisa gan hrus instal ulang,,, Trus untuk fungsi2 awal bisa normal ngk gan klo instal ulang sendri tnpa recovery kan banyak tu aplikasi2 bawaan thinkpad,,,, !! Driver x201 compatible dengan windows 10? Trus untuk aktivasi emank bisa dengan coa windows 7 ke windows 10,, ada sih di belakang laptop,, Sory gan banyak tanya emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Mesen ke sc biasanya di lempar ke pihak ke 3 gan. Kisaran 1jt lebih dikit utk baterai internal.
Thinkpad jadul saya udah pada kena layar / monitornya.. tapi masih bisa di pakai / nyala sih.., X60s layar / monitor / lcd nya yang kena.., gambar garis2 parah.., kalo t410s bagian belakang layarnya yang deket ama engsel kayak retak gitu.., akhirnya ga pernah saya tutup saya biarin kebuka biar ga tambah parah, kalo nyari sparepart nya masih ada ga ya kira2?


btw situs thinkpadder id udah ga ada ya?
Diubah oleh omigasun3
agan2 sekalian..mau tanya nih..ada yg jual e550 kisaran 3,5jt..msh mulus..tolong dong recomend nya..
Halaman 195 dari 264


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di