CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Social Climber, “Penyakit Jiwa” Orang Miskin yang Ingin Kelihatan Kaya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cffb57bf0bdb205b771e26f/social-climber-penyakit-jiwa-orang-miskin-yang-ingin-kelihatan-kaya

Social Climber, “Penyakit Jiwa” Orang Miskin yang Ingin Kelihatan Kaya

Mengenal Social Climber, “Penyakit Jiwa” Orang Miskin yang Ingin Kelihatan Kaya

Tampil sederhana apa adanya bikin lebih bahagia.

Social Climber, “Penyakit Jiwa” Orang Miskin yang Ingin Kelihatan Kaya

Kamu punya teman yang sukanya hobi pamerin barang-barang berharganya di media sosial? Saat beli tas baru dia langsung pamer, Hp baru langsung pamer, sepatu baru pamer, atau saat berada di suatu tempat mewah dia langsung pamer juga. Makan di restoran mahal pamer, nonton di bioskop film terbaru pamer, bahkan sampai ke toilet Mall saja dia pamer dengan mengunggah foto di depan cermin.

Social Climber, “Penyakit Jiwa” Orang Miskin yang Ingin Kelihatan Kaya
Suka pamerin barang mewah di medsos (ilustrasi via: errizhou.blogspot.co.id)

Lebih parahnya lagi, keadaan yang sebenarnya tidak berbanding lurus dengan apa yang ia pamerin di media sosial. Jika di media sosial ia memamerkan barang mewah dan kehidupan glamour, namun kenyataannya dia bukanlah seorang yang kaya. Bahkan cenderung dari golongan menengah ke bawah.

Apa itu penyakit jiwa social climber?

Untuk perliaku demikian biasa disebut dengan istilah Social Climber. Social climber pada dasarnya merupakan perilaku seseorang yang dilakukan untuk meningkatkan status sosialnya. Ia melakukan segala hal agar mendapat pengakuan status sosial lebih tinggi dari status yang sebenarnya.

Biasanya orang yang mengidap perilaku social climber gaya hidupnya cenderung lebih glamourdan selalu ingin terlihat mewah. Sebab dengan gaya hidup seperti itu, ia ingin mendapat pengakuan jika dia termasuk orang kaya, meskipun kondisi yang sebenarnya tidak seperti yang ia pamerkan di media sosial.

Social Climber, “Penyakit Jiwa” Orang Miskin yang Ingin Kelihatan Kaya
Sosial climber ialah melakukan segala sesuatu agar ia terlihat lebih tinggi status sosualnya (ilustrasi via aura.co.id)

Sebenarnya tidak ada yang salah jika ingin dianggap menjadi orang kaya, namun bagi para social climber, melakukan hal tersebut dengan segala cara. Para social climber ingin terlihat kaya dengan tidak melalui sebuah proses terlebih dahulu untuk benar-benar menjadi orang kaya. Ia bahkan bisa melakukan apa saja agar mendapatkan kelas sosialnya.

Biasanya para pelaku social climber akan merasa tidak nyaman, tidak percaya diri, dan khawatir tidak diterima di lingkungannya apabila tidak tampil glamour. Akibatnya sebisa mungkin dengan berbagai cara ia lakukan agar tampil mewah.

Social Climber, “Penyakit Jiwa” Orang Miskin yang Ingin Kelihatan Kaya
Para sosial climber akan merasa khawatir dan tidak percaya diri apabila tidak tampil mewah (brilio.net)

Selalu merasa khawatir, dan tidak percaya diri saat tidak menggunakan barang-barang dengan brand ternama, merupakan gejala yang dimiliki para social climber. Inilah yang kemudian social climber bisa disebut “penyakit kejiwaan”. Ia akan merasa gelisah dan takut jika terlihat miskin, merasa minder, tidak bisa menerima kondisi dirinya pada keadaan yang sebenarnya.

Social climber berbeda dengan orang kaya yang sebenarnya, orang kaya yang melalui proses panjang penuh perjuangan, akan lebih kalem dan lebih sederhana meskipun ia memiliki uang yang lebih banyak dari para social climber. Lihat saja penampilan pemuda terkaya saat ini, Mark Zuckerberg, dia tampil sangat sederhana. Bahkan secara penampilan mungkin ia kalah mewah dari karyawan di Indonesia yang gajinya tidak lebih dari 5 juta.

Apakah penyakit social climber berbahaya?

Tentu! Social climber merupakan benih penyakit kejiwaan yang sangat berbahaya. Kita ingat kembali pembahasan diatas, para social climber bisa melakukan apa saja agar hidupnya terlihat memiliki status sosial yang tinggi dengan hal yang praktis dan tidak melalui proses.

Dari point tersebutlah para penderita social climber bisa melakukan hal-hal negatif sekalipun agar ia bisa tampil mewah. Semisal saja, pegawai negeri golongan I menginginkan hidup dengan rumah megah, mobil mewah, barang-barang keseharian yang berharga puluhan sampai ratusan juta, tentu gaji dari menjadi PNS tidak bisa mencukupi, dan jalan pintasnya kemungkinan korupsi.

Social Climber, “Penyakit Jiwa” Orang Miskin yang Ingin Kelihatan Kaya
Gayus pegawai pajak yang menjadi tersangka korupsi uang pajak (sosialberkarya.files.wordpress.com)

Akibat dari dampak social climber, mereka tidak sedikit yang sampai melakukan penipuan untuk hidup mewah. Kita mungkin masih ingat dengan kasus beberapa waktu lalu dimana ada seorang yang membeli mobil mewah dan smartphone mahal dari uang hasil donasi yang ia kumpulkan, padahal tentu uang tersebut bukanlah haknya. Mungkin kejadian tersebut akibat social climber tadi.

Menjadi orang kaya memang tidak ada salahnya, namun harus melalui proses dan perjuangan terlebih dahulu. Selain itu meskipun uang berlimpah bukankah dengan hidup sederhana dan apa adanya keadaanmu akan membuat hidup lebih tenang?

Tampillah apa adanya, tidak perlu membohongi diri sendiri. Syukuri apa yang kamu miliki saat ini, sebab dengan bersyukur kita akan merasa cukup dan puas dengan apa yang ada di hidupmu selama ini.

[B]https://www.inovasee.com[B]
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angelzyanka dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Hidup ya sesuai kemampuan & tujuan diri sendiri mau jadi apa,jangan orang lain mampu beli barang x lu ikutan beli barang yg sama tapi gak liat kemampuan,atau lebih bego nya lagi lu sama sekali gak tau apa manfaatnya selain cuma dipamerin biar kaga kalah gengsi
profile-picture
MiracIe memberi reputasi
Quote:


Emg sih ga smuanya seperti itu, cm kadang suka miris aja liat nya sm kaum seperti itu, gw jamin ortunya sangat sedih banget gan emoticon-No Hope
apa adanya aja sih ribet amat hidup
Quote:


Namanya jg org ga normal gan, idup nya selalu ingin ribet dan uwow emoticon-Wakaka
Quote:


Hehehe
ngga cuma penipuan, sepengetahuan ane bahkan ada model instagram yang ampe jualan diri demi menutupi kebutuhan gaya hidupnya...
ini udah dikategorikan penyakit, atau menuju ke suatu penyakit berbahaya? soalnya dilingkungan ane banyak yang begitu, belagak kaya padahal nggak. mau kasian tapi liatnya juga muak karena orangtuanya yang dipalar buat barang2 mewah. secara ane kenal sama bapakknya bukan orang yang terlalu "berada"
profile-picture
chemengkampung memberi reputasi
Quote:


Klo ini ma emg udh banyak gan, jgn kan model, bocah abegeh pun bnyk yg demikian #miris emoticon-No Hope
Quote:


Mungkin penyakit hati x yaa gan, org2 yg kurang besyukur dgn keadaan emoticon-No Hope
BPJS

Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita emoticon-Cape deeehh
Harusnya org yg begini punya surat SKTM yaa, biar dpt bantuan gtu dr pemerintah emoticon-Hammer2
ati2 gan kalo uda majang gayus anak bp mata silau semua emoticon-Takut
profile-picture
calozatrio81 memberi reputasi
Quote:


Kn dia org terkeren gan yg bs jln2 keluar negri sekedar nonton tenis emoticon-Peluk
menurut ane, social climber ini yang menyebabkan banyaknya scam dan postingan isntagram mewah yang ternyata,... ah sudahlah...
Tip jadi sok kaya

1.merusak nama baiknya sendiri,hidup
dalam kepalsuan mobil nya Mercy roda dua rumahnya di kawasan menteng atap terpal andai ketahuan aslinya temen2 sosialita apa ngga tambah malu.

2. bisa tambah stress dan tekanan batin.sekali berbohong akan dilanjutkan bikin bohong yg baru,menonjol yg utama

3.rasa percaya diri nenurun Lama Lama lihat cermin takut kayak lihat gendruwo.

4.ekonominya bakal hancur,cicilan banyak dan panjang kayak kereta.andai di PHK lengkap MISS QUEENS ABADI

5.terakhir jika disaingi tetangga atau teman besoknya pingsan
Diubah oleh cahmlg123456
Biar cepet kaya dan bisa pamer harta gw mau jd yutuber aja ah ato selebgram..

Males kerja cape2, tiap hari pergi pagi pulang malem..

*motivasi muda mudi masa kini
Quote:


Yg begini ma kayanya harus di rukiyah deh gan, biar kesurupannya ga tambah menjadi 😂
Quote:


Mo pamer harta biar apa gan ?? Ane gagal fokus nih emoticon-No Hope
Quote:


Udh gan jgn sedih, biar smua org ga ikut sedih ugaa emoticon-Leh Uga
berat gan, pengen kaya instan tanpa mau berusaha... kurang bersyukur awal dari serba ripuh
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di