alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Photography /
Memahami jenis LENSA kamera & fungsinya untuk pemula
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d0270f882d4953f8c11ce2c/memahami-jenis-lensa-kamera-amp-fungsinya-untuk-pemula

Memahami jenis LENSA kamera & fungsinya untuk pemula

JENIS-JENIS LENSA & FUNGSINYA


Memahami jenis LENSA kamera & fungsinya untuk pemula

Menghasilkan foto yg berkualitas selain diperlukan keahlian yg mumpuni, juga harus ditunjang dengan peralatan yang memnungkinkan. Tak terkecuali kamera. Kamera sendiri tak terlepas dengan lensanya yg merupakan ujung tombak yg berperan sebagai media penangkap utama foto yg kita hasilkan

Memahami jenis LENSA kamera & fungsinya untuk pemula

Memilih kamera adalah hal yg sangat sulit khususnya bagi fotografer pemula. Saat pertama kali ingin membeli kamera pasti kita bakal dibuat bingung ingin memilih kamera A, B, C atau D. Hal tersebut wajar saja karena kita menginginkan kamera terbaik untuk kita genggam yang pastinya sesuai dg isi dompet.
Tapi taukah kalian??? Ada hal yg lebih sulit dibanding memilih kamera. Yaitu memilih lensa.
Untuk fotografer pemula yg baru memiliki kamera dan buta akan pengetahuan tentang lensa, biasanya bakal cenderung kepengen lensa dg body yg besar dan panjang karena dianggap kokoh, keren, cakep atau kece badai ulaa laaaaa uyee yeee emoticon-Cape d...

Okee, agar kita tidak salah dalam membeli lensa dan tentunya tidak membuang-buang budget kita untuk membeli lensa yg nantinya hanya akan menjadi ganjal pintu emoticon-Wow sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu berbagai jenis lensa dan fungsinya masing" kemudian barulah kita memilih berdasarkan genre / tipe fotografi yg sedang kita jalani. Mengingat begitu banyak lensa yg bertaburan di pasaran dan tidak sedikit pula merk" lensa kamera pada masa kini. emoticon-Jempol

1. Lensa KIT


Memahami jenis LENSA kamera & fungsinya untuk pemula

Lensa KIT atau yg sering kita sebut sebagai lensa standar adalah lensa yg kita dapatkan pada saat pertama kali membeli kamera. Kecuali jika kita membeli kamera body only maka kita tidak akan mendapatkan lensa KIT.
Lensa KIT yg ditawarkan pun berbeda" tergantung ketersediaan stok ditoko ataupun bawaan lensa pada brand kamera dan type kamera tertentu.
Ada lensa KIT 18-55 mm, dan 18-135 mm (kebanyakan)
Lensa kit biasanya memiliki bukaan (f) standar yaitu 4-5.6 artinya lensa KIT memiliki bukaan terlebar (f) : 4 pada focal lenght 18 mm dan f : 5.6 pada focal lenght 55 atau 135 mm.
karena lensa ini lensa standar berarti hasil yg kita lihat dikamera kurang lebih seperti apa yg mata kita lihat.
Lensa ini sangat disarankan untuk fotograger pemula karena kita dapat terbantu menguasai genre fotografi yg kita inginkan. Namun, untuk sebagian orang lensa ini sering diremehkan karena hasil foto yg kurang tajam. Tapi itu kembali lagi pada siapa yg memegang kamera emoticon-2 Jempol
Banyak manfaat dari lensa KIT ini, seperti foto landscape, potrait, bokeh, dan telephoto (FL:135mm) Namun untuk lensa KIT 18-55mm Lebih cocok untuk kalian yg sedang memiliki usaha studio foto kecil"an seperti untuk keperluan foto potrait untuk pas foto

Harga lensa kit sendiri untuk seri 18-55 mm biasanya dijuak dg harga 1.300.000 - 1.900.000
Sedangkan untuk seri 18-135 biasanya sedikit lebih mahal yaitu sekitaf 2.500.000 - 3.400.000

2. Lensa Wide


Memahami jenis LENSA kamera & fungsinya untuk pemula

Sesuai namanya, lensa wide memiliki cakupan atau tangkapan gambar yg lebar. Umumnya lensa wide memiliki FL (focal lenght) yg lebih kecil dibanding dg lensa" lain. Misalnya lensa wide 10-12mm, 10-22 mm, 18-24 mm dll.
Fungsi lensa ini sendiri adalah untuk mendapatkan dan memangkap gambar dg sudut pandang yg lebih luas.
Lensa ini sangat cocok untuk fotografer yg suka dg tema" pemandangan ataupun keindahan alam dan Cocok juga untuk foto keluarga.
Lensa ini sangat direkomendasikan untuk kalian yg bergelut di wedding fotografi, tetutama pada saat menjadi fotografer di acara wedding yg memungkinkan kita menangkap foto tamu" undangan yg biasanya ingin foto bersama pengantin.

Memahami jenis LENSA kamera & fungsinya untuk pemula

Lensa wide biasanya memiliki harga yg beraneka ragam sesuai dg brand dan spesifikasi yg dimiliki. Untuk brand yg sudah terkenal seperti canon, nikon, sony, pentax, atau fujifilm biasanya harganya lebih mahal dibanding dg brand yongnuo, meike, tamron, sigma dll.

Untuk lensa wide canoon 10-18mm IS STM f 4-5.6 biasanya dijuak dg harga 2 jutaan
Sedangkan untuk yg seri L 17-40 mm f 1.4 USM dibandrol dengan harga 6 - 7 jutaan kurang lebih dengan harga lensa nikon seri 12 - 24 mm f 1.4
Untuk lensa wide third party biasanya jauh lebih murah.

3. Lensa Telephoto


Memahami jenis LENSA kamera & fungsinya untuk pemula

Lensa telephoto atau lensa tele identik dengan bentuk lensa yg besar dan panjang. Bahkan beberapa lensa tele memiliki FL hingga 500mm.
Lensa tele sangat cocok digunakan untuk menangkap moment" yg kita tidak dapat menjangkaunya seperti menangkap foto satwa atau pemain sepak bola. Lensa inj juga cocok untuk kalian yg suka foto" candid dari kejauhan.

Memahami jenis LENSA kamera & fungsinya untuk pemula

Memahami jenis LENSA kamera & fungsinya untuk pemula

Harga lensa tele beraneka ragam pula. Biasanya semakin kecik nilai (f) number atau bukaan lensa makin lebar maka harganya juga semakin mahal.
Misalnya saja
Harga lensa telephoto 55-250 mm dg f 4-5.6 dibandrol dg harga 2-3 jutaan
Sedangkan lensa telephoto 70-200 mm dg f 2.8 bisa mencapai 8 - 10 jutaan
Begitu juga dg merk. Untuk merk third party seperti tamron 75-300mm non IS f 4-5.6 bisa kalian dapat
dg harga 1.3 - 1.5 jutaan saja
Sedangkan untuk brand ternama seperti canon 75-300 mm non IS f 4-5.6 dibandrol dg harga 1.8 - 2.5 jutaan.
Tentunya semua memiliki kekurangan dan kelebihan masing".
Untuk lensa telephoto sendiri disarankan untuk memilih yg sudah memiliki IS / VR (stabilizer) / menggunakan tripod jika tak memiliki IS / VR karena lensa yg satu ini cenderung rentan terhadap getaran akibat bobotnya yg berat, kecuali kamera yg telah memiliki fitur stabilization pada bodynya.

4. Lensa Fix


Memahami jenis LENSA kamera & fungsinya untuk pemula

Lensa fix atau yg biasa disebut lensa sejuta umat adalah lensa yg cukup praktis dan banyak digunakan oleh sebagian besar fotografer. Lensa ini sangat cocok untuk kategory foto model. Hal yg paling disukai dari lensa fix antara lain :

1. Bobot yg ringan
2. Harga terjangkau
3. Memiliki bukaan yg lebaf (f) number kecil

jika kalian tidak memiliki budget yg cukup untuk membeli lensa dg bukaan besar, lensa fix dapar memberi kalian solusi karena lensa fix yg banyak difavoritkan fotografer ini cukup terjangkau harganya, meskipun tidak sedikit juga lensa fix yg harganya selangit.

Lensa fix identik dg FL yg tetap. Biasanya di body lensa hanya menyediakan 1 number focal lenght misalnya 35mm, 50mm, 80mm, 105mm dll. f (number) nya pun berbeda2. Ada yg 2.8, 2.0, 1.8, 1.4, dan 1.2
Dan sekali lagi, harga untuk lensa dengan f (number) lebih kecik biasanya akan jauh lebih mahal selain memperhatikan series dan merk lensa.

Harga lensa fix termurah bisa kalian dapat dg harga 700.000an untuk produk third party sedangkan untuk produk brand terkenal rata-rata untuk lensa dg FL 50mm bisa kalian dapat seharga 1.2 - 1.8 jutaan. Untuk FL 50mm biasanya lebih murah dibanding lensa fix dg FL lainnya. ada yg 7 juta, 10 juta bahkan sampai puluhan juta.

Salah satu kekurangan pada lensa fix adalah FLnya yg tetap. Jadi kita tidak akan bisa melakukan zoom in / zoom out. Yg ada kita harus maju mundur menyesuaikam objek yg akan kita foto. Agak ribet sih tapi itu bukan masalah ug berarti emoticon-Malu

5. Lensa sapu jagat


Memahami jenis LENSA kamera & fungsinya untuk pemula

Sebenarnya lensa sapu jagat lebih mirp dg lensa KIT. Dimana lensa ini dapat mencakup semua kebutuhan para fotografer. Lensa ini memiliki FL tependek hingga terpanjang dg (f) yg berbeda-beda. Istilah sapu jagat sendiri diberikan oleh para potografer karena lensa ini bisa menangkap berbagai keadaan dalam pemgambilan foto. Misalnya landscape, potrait, sampai telephoto.
Rata" lensa yg termasuk lensa sapu jagat adalah lensa KIT 18-135mm, lensa 18-200 mm, atau 24-70mm. Lensa ini sangat cocok jika kamu tidak ingin repot" membawa banyak lensa saat bepergian.
Namun yg jadi masalah untuk fotografer dg kantong tipis ada pada harganya. Kalian harus menyiapkan paling tidak 2.5 juta hingga 3.5 juta untuk lensa dg f (number) standad (4-5.6) dan harus merogoh kocek lebih dalam jika ingin memiliki bukaan yg lebih lebar.

Demikan beberapa jenis lensa dan kegunaanya. Mudah"an dapat membantu kalian dalam memilih lensa yg sesuai dg genre fotografi yg sobat inginkan.

Jangan lupa RATE & comment ya guys..
Jangan lupa cendol nya emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak just kidding

Mampir ke profil ane n mampir ke channel youtube ane di

Official Channel SOBAT FOTO

Terima kasih emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
giberti dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sobatf
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
Punya bukaan 1.4 Udah Nyuuuuus dah
profile-picture
profile-picture
bazootedguy dan sempakloreng memberi reputasi
wah nice thread, ini yang aku tunggu, sangat menginspirasi banget.
profile-picture
sempakloreng memberi reputasi
Mksdnya merek third party apaan yak?
profile-picture
sempakloreng memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kagag hobby poto2an saiya
jd bener2 awam soal ginian
profile-picture
profile-picture
red.wangyi dan sempakloreng memberi reputasi
Jiwa missqueen ku menjerit klo liat harga lensa lensa itu emoticon-Ngakak

Fish eye sama macro lens nya mana bre
profile-picture
sempakloreng memberi reputasi
Diubah oleh uusDK
Istri tetangga ane, bukaan 7 udah gak karu-karuan rasanya.

Akhirnya bisa lega setelah lewat bukaan 10.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eggnostick dan 3 lainnya memberi reputasi
Tambah pengetahuan ane ini gan. Thanks ya
profile-picture
sempakloreng memberi reputasi
Mantul nih info nya , kalo lagi pengen hunting2 lensa bisa hubungin si TS nih ntaremoticon-Cendol Gan
Quote:


Apa hubungannya sama lensa... Bambang emoticon-Cape d...

Lagian juga bukaan mah cuma sampe 9
profile-picture
aroelsfc memberi reputasi
Waduuh kemarin baru aja bookmark trit kamera masa sekarang bookmark lagi harusnya di satu trit pasang klik bait lengkap dengan daftar judul
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Recommended Selleremoticon-cystg
Diubah oleh gamingear
Quote:


Sampai bukaan 10 cm kok, seyeng..

Memahami jenis LENSA kamera & fungsinya untuk pemula
Pengen cari lensa kamera yang bisa tembus pandang emoticon-Betty
profile-picture
fauziiaraxii memberi reputasi
Klo ane lebih sering sewa aja klo lensa, apalagi klo lagi ada "kerjaan yg agak serius"

Karna daripada ente punya kamera bagus lensa biasa hasil nya akan lebih baik klo ente punya kamera biasa dengan lensa bagus.. karna lensa lebih vital

Bnyak tuh di online penyewaan ada bsmentertainm*** , pondokle***, ze***, rentalkam***
profile-picture
fauziiaraxii memberi reputasi

Sampel : Olym G Zuiko 40mm F1.4

Memahami jenis LENSA kamera & fungsinya untuk pemula
Quote:


Nyoba yang f1.2 biar tau rasanya eheheh
Quote:


Range harganya kira2 brp buat yg fix lens gan?
Lihat 1 balasan
Akhirnya mengerti, thanks gan
Kok tilt shift gk ada gan, yg bisa bikin hasil poto kaya mainan itu.
ane malahan penasaran sama kegunaan yg ada di depan telephoto warna putih, soalnya ane pernah make lensa wide terus ada begituan
Walik ya. emoticon-Traveller
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di