Kaskus

News

nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
Pengamat: Siapa Mau Naik LRT ke Kelapa Gading? Itu Tempat Orang Bermobil
Pengamat: Siapa Mau Naik LRT ke Kelapa Gading? Itu Tempat Orang Bermobil

Pengamat transportasi dari Institut Studi Transportasi (Intrans) Darmaningtyas menilai lintas rel terpadu ( LRT) Jakarta akan menjadi proyek merugi. Ia memperkirakan, okupansi penumpang LRT kemungkinan besar tidak sanggup menutupi biaya operasional yang diperlukan. " LRT Jakarta akan menjadi proyek rugi, itu sudah pasti. Dia akan disubsidi seumur hidup," ujar Darmaningtyas saat dihubungi Kompas.com, Kamis (13/6/2019) siang. Baca juga: M Taufik: LRT Jakarta Proyek Gagal "Mau bagaimana tidak rugi? Biaya operasionalnya tinggi, penumpangnnya sedikit. 

Dari mana bisa memperoleh biaya operasional kalau bukan mengandalkan subsidi?" tambahnya. Saat ini, proyek LRT Jakarta yang telah siap beroperasi adalah pembangunan tahap 1 koridor 1. Lintasannya membentang 5,8 kilometer dari Stasiun Velodrome Rawamangun, Jakarta Timur sampai Stasiun Pegangsaan Dua, Jakarta Utara, melewati kawasan Pulomas dan Kelapa Gading. Baca juga: Pembangunan Skybridge LRT dan Transjakarta yang Instagramable Hampir Rampung Rute ini dinilai menjadi salah satu penyebab rendahnya okupansi LRT Jakarta saat telah beroperasi resmi. "Ke Kelapa Gading siapa yang mau naik (LRT)? Itu, kan, tempatnya orang bermobil, okupansinya enggak signifikan, jelas," katanya.  

Menurut dia, kebijakan tarif Rp 5.000 tidak akan banyak berpengaruh untuk mengalihkan pengguna kendaraan pribadi ke LRT.  Baca juga: Naik LRT Jakarta Gratis, Warga Penasaran hingga Ajak Anak Berlibur "Orang bermobil, kan, tidak sensitif dengan tarif. Yang sensitif tarif itu penumpang transjakarta. Jadi, besaran tarif itu tidak terlalu memengaruhi keputusan mereka memakai LRT," ujar Darmaningtyas. Sudah ditinggalkan di negara maju Darmaningtyas beranggapan sudah terlambat LRT dibangun di Jakarta. 

Menurut dia, moda transportasi massal ini sudah ditinggalkan di negara-negara maju. Penyebabnya, biaya operasional dan pembangunan infrastruktur LRT terbilang besar, tanpa diimbangi dengan kapasitas angkut dan daya jangkau yang luas. Baca juga: Menebak Kepastian Waktu LRT Jakarta Beroperasi Komersial... "Sudah sejak dulu saya ingatkan, mau ngapain kita bangun LRT? LRT itu merupakan moda transportasi yang ketinggalan zaman. Kita kok malah bikin," kata dia.

"Di negara-negara maju ditinggalkan, mereka mengembangkan BRT (bus rapid transit)," ujar Darmaningtyas.  Padahal, proyek LRT rute Kelapa Gading-Velodrome baru merupakan koridor awal yang dibangun di Jakarta. Baca juga: Ada Proyek LRT Jabodebek, Jalan Setiabudi Tengah Ditutup Mulai 17 Juni 2019 Menurut rencana, ada tujuh koridor LRT Jakarta yang bakal digarap lebih lanjut.  

"Kalau tujuh koridor LRT Jakarta dibangun, mungkin sekitar Rp 5 triliun lebih dana APBD hanya akan dipakai untuk menyubsidi LRT sendiri. Artinya, memang enggak layak dibangun, justru menambah beban APBD, tetapi belum tentu menyelesaikan masalah kemacetan," kata Darmaningtyas.  Adapun, LRT Jakarta tengah melakukan uji publik sejak Selasa (11/6/2019) dengan operasional yang dibuat semirip mungkin dengan rencana operasional resmi. Total, tiga kali LRT Jakarta sudah melakukan uji coba semacam ini, namun belum kunjung ada titik terang kapan moda transportasi anyar ini beroperasi secara komersial. 

Direktur Proyek LRT PT Jakarta Propertindo Iwan Takwin mengindikasikan LRT Jakarta akan beroperasi dalam waktu dekat. Menurut Iwan, tahap uji publik yang digelar mulai Selasa ini merupakan tahap pamungkas sebelum LRT Jakarta resmi beroperasi. "Iya betul (tahap terakhir), sama kayak MRT. Supaya kita bisa tahu bagaimana mengantisipasi di mana kekurangannya, ini kan rangkaian sebelum operasi komersial," kata Iwan ketika dikonfirmasi.  "Sekarang kita tinggal tunggu sertifikasi operasinya," tambahnya.


https://megapolitan.kompas.com/read/...rang-bermobil


ORANG KAYAH DISURUH NAIK LRT???

YANG ADA SETELAH TURUN DARI LRT TERKATUNG2 KENA PANAS, DEBU, ASAP emoticon-No Hope

TRUS NYAMBUNG LG TRANSPORTASI LAIN KALO GA SESUAI LOKASI (MIN NAIK OJOL LG)

LAGI2 BIKIN TANPA KAJIAN DAN PERHITUNGAN MATANG, GA STRATEGIS, JALURNYA NANGGUNG 5,8KM emoticon-No Hope

NIAT BIKIN BUAT GENGSI AGAR ATLET ASIAN GAMES GAK JADI, SEKARANG TERANCAM SEPI KAYAK LRT PALEMBANG
Diubah oleh nevertalk 13-06-2019 20:03
cabekriting21Avatar border
dupa.fairAvatar border
muhamad.hanif.2Avatar border
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
5.2K
79
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan