hansiphoaxAvatar border
TS
hansiphoax
[SALAH] Posko Perlawanan Kebangkitan PKI di Glodok


Debunk ini berisi bantahan terkait beredarnya informasi yang menyebutkan adanya posko perlawanan PKI di daerah Glodok, Jakarta Barat. Kapolsek Taman Sari, AKBP Ruly Indra Wijayanto, menegaskan bahwa bangunan maupun spanduk tersebut tidak ditemukan di Glodok maupun di wilayah kecamatan Taman Sari. setelah ditelusuri posko dengan desain banner serupa pernah beredar di medan pada tahun 2016 silam.

[KATEGORI]: KONTEN YANG SALAH / DISINFORMASI

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL


[NARASI]:
1). POSKO PERLAWANAN KEBANGKITAN PKI DI DAERAH GLODOK

2). Posko PKI dibuka di Glodok…mulai mau melawan..ini ancaman nyata..mana aparatnya ? Waspadai anak2 dan saudara2 kita kita, bahaya udah didepan mata…



[PENJELASAN]:
Beredar di media sosial postingan berupa foto yang disertai narasi bahwa poko perlawanan kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) dibuka di Glodok, Jakarta Barat.

Dalam foto tersebut terilhat sebuah spanduk berwarna hijau yang terpampang di depan ruko yang diklaim berada di kawasan Glodok.



Dilansir dari republika.co.id, Kapolsek Taman Sari, AKBP Ruly Indra Wijayanto, angkat bicara terkait beredarnya foto posko perlawanan kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI). Posko itu disebut-sebut berada di daerah Glodok, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Ruly mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pengecekan. Faktanya, bangunan maupun spanduk tersebut tidak ditemukan di Glodok maupun di wilayah kecamatan Taman Sari.

“Dari tadi pagi, kami dapat informasi tersebut dan langsung dilakukan pengecekan di wilayah Taman Sari, khususnya Glodok dan hasilnya sampai dengan saat ini tidak ditemukan alias hoaks,” ucapnya saat dihubungi Republika.co.id, Senin (10/6).

Berdasarkan penelusuran, informasi serupa mengenai posko tersebut pernah muncul pada tahun 2016 lalu yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara. jika dilihat dari bentuk dan desain spanduk sangatlah mirip.

Saat itu komunitas generasi angkatan 66 Sumatera Utara mendirikan Posko Perlawan Kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) di sejumlah tempat. Termasuk di ruko dan Depan Mesjid Bengkok Medan.

[KESIMPULAN]
Dari hasil penelusuran diketahui bahwa lokasi ruko posko perlawanan PKI yang diklaim berada di wilayah Glodok, Jakarta Barat adalah tidak benar.

Ruko tersebut berada di wilayah Medan, Sumatera utara tepatnya di depan Mesjid Bengkok. jika dilihat dari kemiripan desain spanduk dapat disimpulkan bahwa postingan tersebut merupakan informasi pada tahun 2016 silam namun di pelintir seolah-olah saat ini posko tersebut berada di kawasan Glodok.

COUNTER ARTICLE

Quote:


eggnostick
tiger.gaul
junleon
junleon dan 2 lainnya memberi reputasi
3
6.3K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan