CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Photography /
Bingung beli kamera apa? Ini solusinya!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cff263b09b5ca67db7c291c/bingung-beli-kamera-apa-ini-solusinya

Bingung beli kamera apa? Ini solusinya!!

Bingung mau beli kamera apa??

Bingung beli kamera apa? Ini solusinya!!


5 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kamera
1. Kebutuhan / keinginan
Seseorang yg akan membeli kamera hendaknya melihat dulu apakah agan sedang butuh kamera ataukah sekedar ingin memiliki kamera.
Jika agan butuh pasti agan bakal membeli sebuah kamera entah itu kamera dg harga murah ataupun mahal. Kebutuhannya pun berbeda2 sesuai job agan masing-masing. Namun jika hanya sebatas keinginan lebih baik jangan dipaksakan daripada nantinya kamera hanya akan menjadi pengisi lemari yg kosong emoticon-Wow
Memang tak ada salahnya jika kita menginginkan sebuah kamera, terlebih lagi jika kita punya dana yg tidak terbatas. Namun jika kita memiliki budget yg terbatas rasanya dana tersebut bakal berguna jika digunakan untuk keperluan lain yg lebih mendesak, mengingat harga kamera memang tidak murah dari pada membeli sebuah kamera yg belum tentu kita bisa memanfaatkannya dg baik.

2. Pertimbangkan Budget
Bingung beli kamera apa? Ini solusinya!!

Budget menjadi hal yg sangat penting yg harus dipertimbangkan sebelum membeli kamera. Jangan membeli kamera melebihi budget yg telah kamu siapkan.

Prinsipnya:
Jika kamu belum mampu Membeli sesuatu berarti kamu belum butuh

Quote:


Agan bisa membeli kamera2 prosummer yg harganya relatif lebih murah dibanding DSLR / mirrorless misalnya :

Sony DSC H200 : Rp. 1.500.000
Canoon SX 430 : Rp. 2.999.000

Atau kamera digital pocket
Sony DSC W830 : Rp. 1.800.000
Atoast CDR2 : Rp. 1.000.000

Namun untuk segi kualitas maupun hasil gambar jelas jauh lebih kalah dibanding dg kamera sekelas DSLR maupun MIRRORLESS

Quote:


Agan beli saja kamera DSLR bekas yg masih mulus. Banyak yg jual kok emoticon-Toast

Secara umum harga kamera dibagi berdasarkan kelasnya. Mulai dari kelas pemula, semi profesional, dan profesional.
Harganya pun beraneka ragam:
Level pemula : mulai dari 4.000.000 - 13.000.000
Level semipro : 15.000.000 - 20.000.000
Level profesional : 30.000.000 - 80.000.000emoticon-Wow

Sesuaikan budet kalian dg level kalian.

3. Pekerjaan

Bingung beli kamera apa? Ini solusinya!!

Sebelum membeli kamera sebaiknya agan lihat dulu kebutuhannya untuk pekerjaan apa?
Jika agan seorang mahasiswa atau pelajar yg membutuhkan kamera sekedar untuk tugas2 sekolah atau kuliah saya rasa kamera type mirrorless sangat cocok, karena lebih ringkas dan mudah dibawa kemana-mana selain itu harganya juga pas untuk kantong mahasiswa / pelajar.

Jika kalian seorang pekerja yg memang dibidang fotogragi (fotograger) tak ada salahnya jika kalian memilih kamera dg fitur yg lebih komplit karna akan banyak membantu pekerjaan kalian. Namun harga yg ditwarkan untuk kamera dg fitur2 yg lebih canggih memang tidak murah.

Untuk kalian yg hoby jualan produk entah itu baju, kue, dll pake aja kamera DSLR kelas pemula yg harganya terjangkau. Pasti akan membuat produk kalian lebih menarik dipandang konsumen.

jika pekerjaan kalian memang membutuhkan hasil cetak (digital printing, salon foto, foto sudio)
Maka kalian memerlukan kamera dg resolusi yg cukup misalnya 13 MP, 18 MP dan 24 MP.
Namun jika kalian hanya sekedar share ke medsos atau hanya disimpan di gadget kalian resolusi tinggi sangat tidak dibutuhkan. Cukup dg 10 MP atau bahkan 8 MP saja sudah cukup.

Kembali lagi karena yg mempengaruhi kualitas foto adalah sensornya bukan resolusinyaemoticon-Jempol

4. Merk
Hal yg paling membingungkan biasanya yg dialami calon pembeli kamera "baru" adalah merk.
Banyak brand yg sudah memasarkan kameranya di indonesia misalnya canoon, nikon, fujifilm, sony, pentax, leica, dll.
Pada dasarnya kamera bukanlah soal spesifikasi. Yg terpenting adalah kemampuan kita dalam mengoperasikan kamera tersebut sehingga membuat kita nyaman dalam memegangnya. Jadi pilihlah kamera yg kalian kuasai agar kalian nyaman dan tidak menyebabkan "bad mood" saat motretemoticon-Motret

Quote:


jika kalian mengalami hal seperti ini maka kamera merk CANOON lah yg sebaiknya kalian pilih. karena interface canoon lebih mudah dipahami khususnya untuk pemula dibanding kamera pesaingnya NIKON. Karena nikon di design lebih profesional

Disini ane gak promosiin brand ini atau itu ya gan. Ane cuma sharing pengalaman aja make kamera dg merk berbeda emoticon-Shakehand2

5. Lensa

Bingung beli kamera apa? Ini solusinya!!

Biasanya tak sedikit pemula yg ingin membeli kamera sekaligus ingin membeli lensa tambahan.
Untuk yg punya dana tak terbatas mungkin ini tak begitu menjadi masalah besar. Namun untuk kita yg memiliki dana terbatas kayak ane emoticon-Mewekemoticon-Wakaka
Mungkin ini menjadi masalah besar. Jadi kita harus banyak mikir dan memepertimbangkan ini itu nya.
Biasanya sih pemula yg gak tau apa2 tentang kamera dan lensa naksir ama lensa yg bentuknya panjang, trus gede, hitem lagi wkwkwk apa sih?? emoticon-Wakaka just kid

Percaya ama ane, buat elu yg bener2 polos gak usah mikir beli lensa tambahan dulu. Karena lensa yg bagus harganya bakal lebih mahal dari kamera lu cuy. Dari pada lensa yg elu beli gk kepake dan berjamur nantinya, Cukuplah dg lensa kit bawaan aja. Kecuali kalian emang bener2 udah paham ttg fotografi.

Maksimalkan lensa kit kalian sampe bener2 paham ttg gaya fotografi kalian.
Jika udah bener2 mateng dan kalian sudah tau gaya fotogragi kalian barulah kalian mikir deh mau beli lensa tambahan apa emoticon-Jempol
Untuk yg hoby foto pemandangan kalian bisa lensa wide 10-22mm / 35 mm
Untuk yg hoby foto model bisa pake lensa fix 50mm / 80mm yg bukaannya lebar (f)
Untuk yg hoby nyolong foto orang atau foto satwa serta olahraga yg gk memungkinkan kita mendekat bisa pake lensa tele 250mm / 300mm /400mm / 800mm

Berikut daftar harga lensa yg mungkin bisa jadi referensi

Lensa wide:
Meike 12mm f 2.8 ultra wide : Rp. 3.500.000
Yongnuo 35mm f 2.0 : Rp. 1.650.000
Canon EFS 24mm f 2.8 : Rp. 2.000.000
Canon 17-40mm f 1.4 L USM : Rp. 6.500.000
Canon EF 16-35 mm f 2.8 L III USM : Rp. 33.500.000
Nikkor 12-24 mm f 1.4 G DX : Rp. 5.880.000

Lensa fix :
Yongnuo 50mm f 1.8 : Rp. 750.000
Canon EFS 50mm f 1.8 STM : Rp. 1.450.000
Nikkor 50mm f 1.4 AI : Rp. 800.000
Canon EF 85mm f 1.4 L IS USM : 21.500.000

Lensa tele :
Canon EFS 55-250mm f. 4-5.6 IS STM : Rp. 2.200.000
Tamron 75-300mm f 4-5.6 : Rp. 1.700.000

harga lainnya silahkan cek sendiri di google atay olshop.
Semoga bermanfaat

Salam SOBAT FOTO
https://www.youtube.com/c/CahNjawi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 30 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Bingung beli kamera apa? Ini solusinya!!
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Sekarang saya juga ketagihan beli seken...rugi rasanya beli baru. Dulu masih newbie, semua gear beli baru, nyesel dijual harganya terjun bebas. Sekarang pindah ke semipro kamera, lensa, flash, tripod seken semua wkwkwkwk...yg penting pandai2 aja milih seller yg terpercaya.

Dari awal juga baiknya tentuin genre yg disukai, penyakitnya newbie adalah coba2, semua gear dan lensa dicoba akhirnya jatuhnya pemborosan. Klo masih galau genre mana mending tekunin dulu dg lensa kitnya...yg penting jepret2 dulu ga usah mikir gear macem2, ntar juga lama2 tau preferensinya...klo udah jago baru naik kelas...

Dan bener TS, tetapkan tujuan dan kebutuhan, klo dirasa pake kamera hape cukup ya pake hape saja ga usah maksain ke kamera DSLR/mirrorless. Apalagi cuma buat gaya2an.

Sekedar sharing aja...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kubelti3 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh planthopperman
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Sipp mantap gan ilmunya emoticon-Jempolemoticon-Jempol
gue masih pake hp gan
profile-picture
profile-picture
dahyun98 dan sobatf memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Jaman dulu booming kamera slr. Kakak saya beli Canon harga 7.5jt akhirnya cuma jadi pajangan doang sekarang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
kl sekedar hobi ambil aja nikon d3400 atauc canon 1500d lensa kit dulu kl bisa pakennya jg bagus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dahyun98 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane pake hp aja ..
sama kamera warisan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dahyun98 dan 2 lainnya memberi reputasi
nice thread nih, bener bener ane dulu beli dslr karena pengen doang... sebenernya sempet butuh tapi pas uda ga butuh tetep aja pengen. sekarang lebih sering nangkring di lemari, mau jual juga masih sayang :")
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salahakan dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


haaa coba kalo dulu sebelum ane beli dslr baru baca ini dulu yaa pasti bakal mikir-mikir lagi :")) untung belom beli lensa macem-macem
profile-picture
sobatf memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
beli deh gan
profile-picture
sobatf memberi reputasi
Quote:


Ada apa
Buat moto gundam bre, make lensa hp cukup asal jago emoticon-Cool
profile-picture
sobatf memberi reputasi


Quote:


Bener banget ini,setuju klo emang awalnya udah punya DSLR,tekunin aj dlu gear2 standarnya sampe bener2 kembung,klo sekiranya udah paham baru ganti2 gear apa tambah2 gear
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan sobatf memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
sesuain budget aja
wahhh nice info nih gan... ditunggu thread lainnya gan... yg mantul dan informatif...
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
dahyun98 memberi reputasi
masih setia sama canon 1200d ane
profile-picture
profile-picture
dahyun98 dan Abc..Z memberi reputasi
moto mah ga penting, yang penting belanja emoticon-Ngacir
profile-picture
dahyun98 memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di