abbeaditya16Avatar border
TS
abbeaditya16
Beginilah Etika Bermain Game Online Biar Nggak Dimusuhin Orang Sekampung

Bermain game online di bulan Ramadan ini emang enak-enak sedap. Lagi asik mabar alias main bareng temen-temen, eh bedug maghrib udah berkumandang. Namun ada etika yang perlu diketahui dan diterapkan saat bermain game bersama teman-teman. Biar kita nggak dimusuhin sama yang lain. Nggak enak kan, udah lebaran eh malah maaf-maafan lagi.

Nah, berikut etika yang perlu dilakukan saat bermain game online bareng temen yang simpel dan penuh dengan makna.

Jangan spam chat


Berkomunikasi dengan rekan setim pas mabar emang diperlukan. Supaya kita saling tahu apa yang dibutuhkan sama tim. Kalo Agan pengen kirim pesan ke temen, ya tulis yang singkat aja. Kayak lagi ngechat gitu. Jangan bikin tulisan dengan huruf alay yang gak dimengerti orang lain. Apalagi kalo sampe spam. Duh, ganggu banget. Yang ada, nanti kita gak diajak main lagi.

Jangan bicara kasar


Kalo yang satu ini emang agak susah, tapi inget dong waktu kecil, kita sering ngomong apa, “Iiiih kata ibu aku nggak boleh ngomong kasar loh!” begitu. Pemain game online itu kan dari berbagai kalangan, jadi nggak menutup kemungkinan ada anak-anak yang bermain. Jadi kasih contoh yang baik kepada yang masih kecil itu penting banget. Lagipula, kalo ngomong kasar dan lawan kita dendam, bisa bahaya nanti. Inget, mulutmu harimaumu!

Sikap sportif


Kenapa game online ada yang masuk ke dalam esports? Karena didalamnya, kita harus bersikap sportif. Entah itu sportif saat mengalami kekalahan, atau sportif untuk tidak berbuat kecurangan. Bermain game online menggunakan cheat itu nggak baik, karena bisa-bisa nextnya agan dikick atau dibanned oleh admin. Nggak enak kan jadi ga bisa main lagi.

Jangan rasis


Bermain game online itu agan bakal main dengan berbagai latar belakangan, baik suku, agama, dan negara asal yang berbeda-beda. Makanya, tidak dibenarkan untuk bersikap rasis terhadap pemain dari negara lain yang bukan satu tim. Tindakan rasis saat bermain game online termasuk ke cyber bullying. Ayo jangan dibiasain rasis ya!

Ucapkan terima kasih


Saat bermain game, kamu akan berhadapan dengan banyak orang dan dituntut untuk saling bekerjasama agar dapat memperoleh skor yang tinggi. Oleh karena itu, penting saling memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih.

Karena bermain game online dilakukan bareng player yang lainnya, bisa teman sendiri atau bertemu dengan orang dari berbagai kalangan, jadi bersikap baiklah di internet. Jangan karena anonim, jadi kita bisa seenaknya. Jangan toxic lah jadi gamers, bisa-bisa nanti kita dibanned dari game dan pergaulan. Mau emang lo?

tata604
tata604 memberi reputasi
1
3.2K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan