weshley07Avatar border
TS
weshley07
Neymar, Pemain Bintang atau Pemimpi Ingin Seperti Messi?
Neymar... oh Neymar. Neymar Jr cedera dan absen di Copa America 2019. Neymar dituduh melakukan pemerkosaan. Sesungguhnya, di mana posisi Neymar di antara pesepak bola kelas dunia?



Disebut bintang sepak bola Brasil (Kredit: The Rio Times)


Ada ungkapan menarik untuk menilai posisi seseorang di panggung sepak bola. Begini katanya, "Pemain yang baik adalah mereka yang mencermati situasi. Akan tetapi, pemain kelas bintang adalah mereka yang menciptakan situasitersebut."

Kalau begitu, di manakah posisi Neymar bila perbandingannya adalah dua perumpamaan tersebut?

Nama Neymar semula sempat muncul ketika Real Madrid ingin memboyongnya masuk akademi klub tersebut pada usia 14 tahun. Namun, Santos FC, sebagai klub pemilik, bersikukuh Neymar harus mengembangkan diri di klub tersebut dan memberi keluarga Neymar bonus menggiurkan.



Neymar saat cedera di laga uji coba vs Qatar (Kredit: SuperSport)


Neymar terus berkembang di Santos hingga kemudian memutuskan pindah ke rival Real Madrid pada Mei 2013, yakni FC Barcelona.

Di Barcelona, tak bisa dipungkiri Neymar berada di balik bayang-bayang Lionel Messi. Ia bukan bintang utama di sana. Apalagi, Messi seperti lupa cara bermain bukan sebagai nyawa tim dan penguasa di Barcelona... he he he.

Di timnas Brasil, Neymar punya banyak kisah. Di Piala Dunia 2014, Neymar cedera dan gagal membantu timnya keluar dari kejadian memalukan ketika kalah 1-7 di semifinal dari Jerman.

Setahun kemudian, Neymar terkena skorsing dan tidak bisa membela Brasil tampil di Copa America 2015. Neymar kemudian menjadi kapten tim peraih medali emas sepak bola putra Brasil di Olimpiade 2016.

Di Piala Dunia 2018? Alamak, aksi-aksi Neymar tak cukup membawa Brasil keluar dari fase perempat final. Aksi itu termasuk guling-guling Neymar saat Brasil vs Meksiko yang kemudian menjadi olok-olok sedunia.



Bertahan di PSG atau kembali ke Barcelona? (Kredit: Sky Sports)


Pindah dari Barcelona ke Paris Saint-Germain pada Agustus 2017 dengan harga wah, disebut-sebut mencapai 222 juta euro, Neymar seolah kesepian perhatian dunia. Wajar dong, Liga Prancis bukan panggung utama sepak bola dunia.

Neymar memang punya peran membawa PSG sebagai tim super di Prancis, namun cedera seolah tak mau jauh dari dirinya. Hal itu berdampak pada kegagalannya mengawal ambisi PSG berprestasi di Liga Champions musim ini.



Neymar kerap dilanda cedera (Kredit: Sports Illustrated)


Nah, bila agan dan sista diminta menyebutkan nama dalam daftar "The Greatest Football Player of All Time", adakah nama Neymar di dalamnya?

Dari Alfredo Di Stefano, Ferenc Puskas, Pele, Johan Cruyff, Franz Beckenbauer, Diego Maradona, Ronaldinho, hingga Zinedine Zidane, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo. Mungkin inilah pemain yang dimaksud dengan "menciptakan situasi". Bagaimana dengan Neymar?
Diubah oleh weshley07 09-06-2019 05:06
1syarif
ulfsaarr
nona212
nona212 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
14.3K
160
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan