Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pagahgatiAvatar border
TS
pagahgati
Tiket Pesawat Dari Bandung Ke Medan Tembus 20 Jutaan


Jakarta - Pakar penerbangan Alvin Lie menyoroti harga tiket pesawat di agen travel online yang dijual di atas Rp 20 juta. Tiket tersebut dapat ditemukan untuk penerbangan kelas bisnis Bandung-Medan dan Jakarta-Makassar pada tanggal tertentu.

Alvin menjelaskan bahwa fenomena tersebut bukan disebabkan oleh si maskapai penerbangan, melainkan inisiatif dari agen travel yang merangkai rute penerbangan dengan transit hingga tiba di tujuan utama.

"Publik mengira rute putar-putar ini rangkaian airlines. Padahal ini inisiatif OTA (online travel agent), bukan airlines," katanya kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (30/5/2019).

Dengan rute yang dirangkai oleh pihak agen travel online, sehingga mengharuskan penumpang transit beberapa kali. Otomatis harga menjadi lebih mahal. Ibarat kata penumpang membeli tiket untuk beberapa rute perjalanan.

Tapi yang perlu diingat, bukan pihak maskapai yang secara resmi memberlakukan rute tersebut.

"Yang merangkai rute transit tersebut adalah online travel agents, bukan maskapai. Hal ini yang membuat keruh pendapat publik. Otomatis harga jadi mahal karena rute menjadi mutar-mutarmenempuh jarak yang secara signifikan lebih jauh. Tentu ongkos angkut juga naik signifikan," tambahnya.

Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno juga berpandangan serupa bahwa pihak agen travel terkadang menawarkan rute lain dengan catatan mampir di bandara lain sebelum ke bandara tujuan utama.

"Pihak agen travel menawarkan rute yang lain, tapi singgah di beberapa bandara. Bagi yang jarang bepergian dengan pesawat udara, pasti terkaget-kaget," tambahnya.

Sebelumnya detikFinance pada Rabu kemarin (29/5/2019) menelusuri Traveloka, harga tiket pesawat untuk penerbangan 31 Mei dari Bandung ke Medan yang termurah adalah Rp 13.400.700 dan termahal Rp 21.920.800. Pesawat tersebut tercatat 2 kali transit yaitu Bandung-Bali, dan Bali-Jakarta. Dari Jakarta baru ke Medan.

Masih berdasarkan penelusuran detikFinance, Kamis (30/5/2019), di Traveloka terlihat kelas bisnis Garuda Indonesia dari Jakarta ke Makassar yang transit di Jayapura. Harganya Rp 24.576.300 pada Sabtu 2 Juni mendatang. Memang, masih tersedia harga paling murah Rp 3.190.590. 

sumber

Gw mo ke Jakarta dr Bandung tp mau rute transitnya Bandung-Bali-Jayapura-Medan-Jakarta biar greget emoticon-Cool soalnya tetangga gw mo ke Medan Merdeka rutenya Dubai-Austria-Jakarta emoticon-Ngakak

budayakan membaca sampe abis jangan cuma baca judul
Diubah oleh pagahgati 30-05-2019 11:46
mahfudz.umri
bmpemda
bmpemda dan mahfudz.umri memberi reputasi
2
2.9K
19
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan