Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

badass.babyAvatar border
TS
badass.baby
Begini Cara Bayi Mengenal Ibunya Sendiri
Begini Cara Bayi Mengenal Ibunya Sendiri

 Setelah kelahiran pertama, Moms seperti masih meraba untuk mengenal bayi Anda sendiri. Biasanya, selama tahun pertama usia Si Kecil akan Anda habiskan untuk mengenalnya. Apa yang bisa membuatnya tertawa, menangis dan tertidur.
Namun tak hanya Moms, di waktu yang sama Si Kecil tentu juga berusaha untuk mengenal ibunya sendiri. Ia akan mencari tahu tentang seseorang yang ia lihat setiap hari, yaitu Anda. Berikut penemuan tentang Anda yang Si Kecil dapatkan di tahun pertama usianya.

[hr]

0-2 Bulan Si Kecil Akan Mengenali…
• Suara Anda
Bahkan sebelum ia lahir (sekitar usia kehamilan 7 bulan), Si Kecil bisa mendengar suara Anda. Jadi, ketika Anda menggendong dan berbisik kepadanya, ia sudah mengenali suara Anda.
• Wajah Anda
Meski pandangan Si Kecil masih belum jelas, namun dalam keadaan cahaya yang baik, ia bisa melihat benda atau objek yang berada 20-35 cm darinya. Kebetulan juga, jarak ini merupakan jarak seorang ibu dan bayinya ketika tengah menyusui.
• Aroma Anda
Para peneliti menemukan bahwa bayi berusia 3 hari mampu membedakan ASI ibunya dengan milik wanita lain hanya dari bau atau aromanya, yang ternyata juga ia sukai. “Bayi biasanya akan mengenduskan hidungnya ketika berada sangat dekat dengan Anda,” ujar Alice Sterling Honig, Ph.D, Profesor perkembangan anak. 
• Anda memberinya makan
Saat berusia 6 minggu, Si Kecil mulai memiliki pengenalan yang baik mengenai kegiatan makan. Setelah ia menangis karena rasa lapar, ia tahu bahwa Anda akan memberinya makan lewat menyusui. Si Kecil belajar untuk mempercayai Anda dan Anda akan merawatnya dengan baik.
• Anda menyamankannya

Sadarkah Anda bahwa ketika Anda menggendong Si Kecil, biasanya ia akan berhenti menangis? Dari sudut pandang Si Kecil, hal ini karena ia merasa nyaman dan aman dalam pelukan Anda.

2-6 Bulan Si Kecil Akan Menemukan…
• Beberapa orang serupa dengan Anda

[hr]

Tak hanya Si Kecil mengenali wajah Anda dan menyukainya, saat berusia 10-12 minggu, ia mampu mengenali apakah orang lain yang ia temui memiliki jenis kelamin yang sama dengan Anda. “Dengan kata lain, jika Si Kecil melihat orang baru, ia akan berpikir seberapa mirip orang ini dengan Mama dan Papa yang selalu mengurusku?” ujar Paul Quinn, Ph. D, profesor psikologi dari University of Delaware, AS.
• Kadang Anda merasa sedih
Nyatanya, Si Kecil akan melakukan apa pun untuk menghibur Anda ketika sedih. Antara usia 2,5-6 bulan, Si Kecil mampu membedakan ekspresi wajah yang berbeda. Karena Si Kecil bisa merasakan emosi Anda, jangan terkejut jika ia ikut rewel ketika Anda stres.
• Anda lucu dan menyenangkan
Saat berusia 6 bulan, Si Kecil mulai mengembangkan kemampuan humornya. Salah satu alasan mengapa Si Kecil menganggap Anda lucu adalah ia mengenal wajah dan suara Anda dengan baik. Ia juga tahu bagaimana saat Anda bersikap normal. Jadi, jika ia melihat Anda membuat wajah yang aneh, ia akan tertawa.

6 Bulan-1 Tahun Si Kecil Akan Tahu…
• Anda ada walaupun tak terlihat
Sebelum bayi berusia 6 bulan, perpisahan dengan sang mama adalah “tidak terlihat berarti tidak ada”. Saat ini, Si Kecil biasanya menangis ketika Anda pergi. Namun, ketika berusia 8 bulan. Si Kecil mulai mengembangkan kemampuan object permanence, artinya ia bisa menyimpan gambaran Anda di dalam pikirannya, meski Anda tak ada di dekatnya.
• Anda akan ikut senang bersamanya
Seiring usia yang bertambah, Si Kecil akan tertantang untuk menemukan hal baru mengenai dirinya sendiri dan hal lain di sekitarnya. Ia ingin berbagi apa yang ia pelajari dengan Anda, misalnya bagaimana sebuah truk bisa terjatuh dari atas sofa, karena ia tahu, Anda akan ikut senang bersamanya.
• Anda melindunginya
Ketika Si Kecil tengah sibuk menemukan sesuatu yang baru, ia juga menyadari bahwa sang mama bisa menjadi navigator yang baik. Baginya, Anda dapat menentukan hal yang terbaik dan mau menjawab semua pertanyaannya. Ketika berada dalam situasi yang menyenangkan sekalipun, Si Kecil teringat bahwa Anda selalu ada untuknya. Ia tahu bahwa ia selalu bisa bergantung pada Anda

https://www.motherandbaby.co.id/arti...Ibunya-Sendiri
0
1.2K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan