Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

junleonAvatar border
TS
junleon
Bukannya Sehat, Kebanyakan Tidur Saat Puasa Malah Bikin Lemes Loh!


Puasa memang kegiatan yang bisa dibilang cukup melelahkan, karena kita tidak boleh makan dan minum dari pagi hingga sore hari. Namun puasa sendiri tentu mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh gan. Jadi nggak karena puasa, tubuh kita malah jadi sakit.

Berpuasa memberi kesempatan bagi tubuh Agan untuk beristirahat sejenak dari kebiasaan makan sehari-hari yang dinilai kurang baik. Saat berpuasa, tubuh Agan tak akan menerima asupan apapun hampir lebih dari 12 jam. Tetapi fase puasayang sebetulnya dimulai sejak sistem pencernaan Agan selesai mencerna semua zat gizi yang ada di dalam tubuh.

Nah, untuk menghindari badan jadi lemes atau males ngapa-ngapain saat berpuasa, kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh kita. Banyak penyebab badan kita menjadi lemas saat berpuasa, seperti contoh karena kurang tidur. Pola tidur selama bulan Puasa bagi sebagian orang dapat berubah drastis gan.

Hal ini disebabkan ada beberapa aktivitas selama Ramadan, khususnya di malam bulan puasa yang sering membuat kita melek. Jadi Agan harus atur waktu tidur Agan selama puasa, agar badan tidak lemas. Manfaatkan waktu yang ada untuk tidur saat berpuasa. Tapi kebanyakan tidur, malah bisa bikin lemes lagi loh.

Ketika siang hari, tubuh seseorang akan mengalami rasa ngantuk berlebihan. Adanya rasa ngantuk yang berlebihan bakal membuat seseorang justru menjadi kebanyakan tidur, dan akibatnya tubuhnya malah menjadi lemas lagi.

Kebanyakan tidur juga mempunyai dampak buruk untuk kesehatan gan, salah satunya yakni meningkatkan risiko penyakit diabetes. Seseorang yang banyak tidur saat puasa, mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk tidur saja.



Bukan hanya tidur kurang dari 5 jam yang dapat meningkatkan risiko diabetes, tetapi juga tidur yang melebihi batas normal seperti 9 jam, mereka juga bisa memiliki risiko 50% lebih besar terkena penyakit diabetes. Jadi Agan harus tetap menjalankan aktifitas seprti biasa ya, jangan molor mulu.

Tidak hanya itu, ternyata kemampuan otak kita juga dapat menurun karena kebanyakan tidur saat puasa loh. Hal ini diperoleh dari sebuah penelitian yang ada di Inggris. Oleh karena itu, kebanyakan orang tua lebih suka bangun pagi dan tak tidur berlebihan. Secara tidak langsung, hal itu dapat menunda penurunan fungsi kerja otak.

Selain dinilai dari segi kesehatan, tidur berlebih selama puasa juga tidak baik menurut Agama Islam. Segala sesuatu yang berlebihan itu memang betul tidak baik. Lebih baik waktu yang ada dimanfaatkan untuk beribadah ataupun bekerja.

Intinya tidur itu boleh, akan tetapi jangan berlebihan. Ingat waktu salat serta waktu kerja. Lebih baik saat puasa kita bekerja dan melakukan aktifitas, menebar manfaat. Sebaiknya-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain, apalagi di bulan Ramadan seperti ini.

Jadi daripada Agan tidur melulu dan malah lemes atau mager parah, mending baca-baca thread menarik di KASKUS deh! Kayak thread ane yang ini "Bingung Pilih Transportasi Buat Mudik Nanti? Baca Ini Deh!"

Diubah oleh junleon 04-04-2022 06:54
ngejleb
hatalomba
hatalomba dan ngejleb memberi reputasi
2
1.6K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan