presiden.trumpAvatar border
TS
presiden.trump
Anies Soal Unjuk Rasa 22 Mei: Kebebasan Berkumpul-Berserikat Dilindungi UU
Kamis 23 Mei 2019, 17:25 WIB
Anies Soal Unjuk Rasa 22 Mei: Kebebasan Berkumpul-Berserikat Dilindungi UU
Yulida Medistiara - detikNews



Anies Soal Unjuk Rasa 22 Mei: Kebebasan Berkumpul-Berserikat Dilindungi UU
Anies Baswedan (Foto: Rifkianto Nugroho)


Jakarta - Gubernur DKI, Anies Baswedan, menegaskan bahwa kebebasan berkumpul dan berserikat rakyat dilindungi undang-undang. Oleh sebab itu, dia tidak mengimbau masyarakat untuk jangan berunjuk rasa pada 22 Mei 2019.

Awalnya, Anies ditanya soal antisipasi yang dilakukan sebelum 22 Mei 2019. Anies lalu mengatakan Dinas Kesehatan dan pemadam kebakaran sudah bersiaga sehingga korban bisa ditolong dengan cepat. Pihaknya juga sudah mengidentifikasi titik-titik konsentrasi massa.

"Semua titik yang strategis, yang punya risiko kumpulan massa di Jakarta sudah diidentifikasi beberapa minggu yang lalu sebelum pelaksanaan Pemilu dan tempat tempat itu kita jaga, kita monitor dan begitu ada pergerakan apa pun langsung dilaporkan dan kita intervensi," ungkap Anies di depan Gedung Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019).

"Itu kita lakukan sebelum 17 April, jadi pengidentifikasian bukan menjelang 22 Mei," sambungnya.

Baca juga: Anies ke Massa Perusuh: Kalau Mau Rusuh akan Berhadapan dengan Kami


Anies lalu ditanya mengapa dia tidak memberi imbauan agar jangan mengadakan aksi. Anies menjelaskan bahwa setiap warga negara punya hak untuk mengungkapkan pandangan.

"Setiap warga negara untuk mengungkapkan-mengungkapkan pandangannya di manapun mereka berada. Seperti juga imbauan tidak usah ke Jakarta kalau habis Lebaran. Jakarta itu bukan wilayah tersendiri, Jakarta adalah ibukota. Dan kantor Bawaslu lokasinya di Jakarta, kantor KPU lokasinya di Jakarta," jawab Anies.

"Karena itu bagian kita adalah memastikan semua kegiatan berwarga negara yang dilakukan di ibukota ini berjalan dengan aman, baik, tentram dan memastikan seluruh wilayah Jakarta tenang. Karena itu kita bersyukur bahwa Alhamdulillah kita berhasil seluruh wilayah Jakarta, di luar wilayah yg tempat kegiatan, berjalan dengan baik dan tenang. Jadi kebebasan berserikat, berkumpul dilindungi undang-undang dan kita tidak bisa justru memangkas hal paling mendasar di demokrasi kita, kebebasan berkumpul dan berserikat," sambung Anies.


https://news.detik.com/berita/d-4562...067.1558567536




Wan Abud gak singgung.... Demo yg disertai Lempar2 Batu, Petasan ke pihak Pengamanan dan Bakar2an... disusul dengan Menjarah Warung...

Ternyata benar kata Pak Hendropriono.... tentang itu... emoticon-Embarrassment


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Diubah oleh presiden.trump 23-05-2019 10:33
xianjing28
knoopy
joker1881
joker1881 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
4.7K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan