Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

papaganteng212Avatar border
TS
papaganteng212
Kecelakaan Begini yang Ditakuti Pebalap MotoGP
Kecelakaan Begini yang Ditakuti Pebalap MotoGP

Halo agan-agan yang budiman, masih bersama ane papaganteng212. Libur-libur gini sambil nunggu waktu berbuka puasa, dan jangan lupa ada MotoGP seri Le Mans nanti malam jam 19.00 WIB.

Ngomong-ngomong MotoGP, ane mau bahas soal kecelakaan para pebalap. Kecelakaan tabrakan atau terjatuh, adalah hal yang sudah biasa dirasakan para rider MotoGP. Seakan tidak kapok atau merasakan sakit, banyak dari mereka yang habis terjatuh mau melanjutkan balapan lagi.

Tapi biasanya tergantung dari kondisi sepeda motor dan hal yang paling utama adalah kondisi dari pebalap itu sendiri. Regulasi MotoGP sudah diatur sedemikian ketat untuk menjaga keamanan pebalap.



Namun, ada satu kecelakaan yang amat sangat dihindari para pebalap MotoGP, yakni kecelakaan highside.

Mengutip dari MotoGP.com, highside adalah "kecelakaan dimana roda belakang meluncur ke sisi yang berlawanan saat menikung, lalu kembali mendapatkan grip, sehingga membuat motor dan pengendaranya terpelanting."

Pebalap bisa terpental karena saat ban mendapat grip, sokbreker akan mengalami rebound atau pantulan balik yang cukup keras. Highside sendiri sudah membuat banyak pebalap cedera parah.

Gara-gara highside, mata kaki Mick Doohan remuk dan memaksa ia untuk pensiun. Tahun 2010, Valentino Rossi mengalami patah kaki dan terpaksa absen beberapa seri hingga kehilangan kesempatan menjadi juara dunia.



Cedera yang diakibatkan oleh highside biasanya adalah patah tulang selangka, seperti yang pernah dialami Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.

ECU motor MotoGP cukup pintar untuk bisa melakukan anti-wheelie. Namun, sejauh ini belum ada teknologi yang bisa memprediksi kapan highside akan terjadi.

Lawan dari highside sendiri adalah lowside. Jika highside adalah ban belakang yang meluncur karena kehilangan grip, sebaliknya, lowside adalah ban depan yang kehilangan grip saat menikung.
EkoDF
roeynaldo.se
pulaukapok
pulaukapok dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.2K
11
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan