jonfaisalAvatar border
TS
jonfaisal
Demo 22 Mei Antar Rupiah Jadi yang Terlemah di Asia
Demo 22 Mei Antar Rupiah Jadi yang Terlemah di Asia

MARKET - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
 
22 May 2019 15:15


Mei Antar Rupiah Jadi yang Terlemah di Asia


SHARE  


Ilustrasi Dolar AS dan Rupiah (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus melemah di perdagangan pasar spot. Pelemahan rupiah bahkan menjadi yang terdalam di Asia. 

Pada Rabu (22/5/2019) pukul 15:00 WIB, US$ 1 dibanderol Rp 14.515. Rupiah melemah 0,28% dibandingkan penutupan perdagangan hari sebelumnya. 

Sebenarnya mayoritas mata uang Asia mayoritas juga melemah di hadapan dolar AS. Hanya yen Jepang yang masih bisa menguat, selebihnya tidak selamat. 


Namun depresiasi 0,28% membuat rupiah menjadi mata uang terlemah di Asia. Dalam hal melemah di hadapan dolar AS, rupiah jagonya. 

Berikut perkembangan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang Asia pada pukul 15:03 WIB: 

 

Sentimen domestik yang membebani rupiah hari ini adalah kondisi keamanan yang agak mencekam usai pengumuman hasil Pemilu 2019. Kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan pasangan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin unggul dari pesaingnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. 

Aksi massa pun terjadi sejak kemarin untuk menolak hasil Pemilu, kegiatan yang masih berlangsung sampai sekarang. Pusat demonstrasi ini berada di kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), tetapi ada sejumlah aksi lain di sejumlah titik. 

Terjadi beberapa kali gesekan antara pengunjuk rasa dengan aparat keamanan. Bahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan ada enam orang korban jiwa dan ratusan orang luka-luka. 




Sejumlah kantor swasta dan pemerintahan di ibukota pun tidak beroperasi. Pasar Tanah Abang, pusat tekstil terbesar di Asia Tenggara, juga terpaksa tutup karena menjadi salah satu titik keributan. Stasiun Tanah Abang juga masih ditutup karena dikuasai massa, membuat arus transportasi terhambat. 

Situasi ini tentu membuat investor tidak nyaman, terutama asing. Di pasar saham, investor asing mencatat jual bersih Rp 56,36 miliar di pasar reguler yang membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi 0,09% pada pukul 15:07 WIB. 

Minimnya pasokan arus modal membuat rupiah kekurangan 'darah'. Akibatnya rupiah seakan tidak punya pilihan selain melemah. 



Sumur

54m5u4d183
xneakerz
xneakerz dan 54m5u4d183 memberi reputasi
2
3.2K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan