Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rahmand08Avatar border
TS
rahmand08
"Digital Outer Mirror" Teknologi Pengganti Fungsi Kaca Spion Mobil?
"Digital Outer Mirror" Teknologi Pengganti Fungsi Kaca Spion Mobil?


Kebayang gak sih sama agan-agan gimana jadinya kalo sebuah mobil gak dilengkapi kaca spion di sebelah kanan kirinya? Hmmm.. ane sih agak kesulitan ngebayanginnya gan.. 

Pertama, dari segi keselamatan tentunya mobil tersebut akan sangat berbahaya jika dikemudikan di jalan-jalan utama kota. Selain itu, dari sudut pandang desain juga pastinya akan membuat tampilan mobil menjadi "aneh", bukan?

Nah, ternyata konsep mobil dengan spion tanpa KACA/CERMIN ini bukan hanya sekedar rancangan yang biasanya dipamerkan oleh pabrikan kendaraan roda empat pada ajang-ajang pagelaran otomotif seperti GIIAS atau IIMS gan.

Jepang menjadi negara pertama yang pemerintahnya telah melegalkan regulasi penggunaan Digital Outer Mirror sebagai pengganti kaca spion konvensional pada kendaraan.

"Digital Outer Mirror" Teknologi Pengganti Fungsi Kaca Spion Mobil?

Digital Outer Mirror (atau juga biasa disebut "Digital Side Mirror") ini diklaim memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan kaca spion biasa. Diantaranya:

1. Meminimalkan Blindspot
Spoiler for Blindspot:


Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh teknologi ini adalah dapat memaksimalkan jangkauan penglihatan dari kursi pengemudi, sehingga bisa mengurangi blindspot yang tidak dapat terjangkau oleh kaca spion, baik ketika mobil sedang berjalan maupun saat berhenti/parkir.

2. Menghemat konsumsi BBM
Quote:


Sama, ane juga pertamanya mikir gitu gan. 

Tapi ternyata dengan bentuk kaca spion yang lebih "kecil" seperti ilustrasi gambar di atas, itu dianggap dapat memberikan keseimbangan yang lebih baik pada kendaraan. Sehingga, pada akhirnya akan berpengaruh pada efisiensi penggunaan bahan bakar gan.

3. Menampilkan perspektif yang sempurna di malam hari

Keunggulan lain dari Digital Side Mirror ini adalah dapat menampilkan pandangan yang sangat baik terutama saat seseorang mengemudi pada malam hari.
Spoiler for Gambar:


Agan-agan pernah kan kesal gara-gara cahaya yang mantul dari kaca spion dalam atau luar (kanan kiri) mobil agan terlalu terang, terus efeknya pandangan agan jadi silau beberapa saat?
Apalagi kalo ada mobil yang pake mode lampu jarak jauh terus-terusan atau pake lampu yang terang banget (bukan original bawaan). Asli bikin emosi kan, gan?

Kalo agan jawab "IYA" sambil ngangguk-nganguk, berarti teknologi ini bisa jadi solusi gan. emoticon-Big Grin

Itulah beberapa keunggulan dari Digital Outer Mirroryang digadang-gadang sebagai teknologi pengganti kaca spion pada kendaraan di masa depan.

Lexus ES Japanese Edition merupakan mobil pertama di dunia yang akan mengapdopsi teknologi spion tanpa kaca. Sedan mewah tersebut akan dilengkapi Digital Outer Mirror dan diproduksi secara massal mulai tahun 2019 ini.

Lexus sendiri adalah merek mobil mewah yang digunakan oleh Toyota Motor Corporation dan merupakan salah satu divisi dari perusahaan tersebut.

"Digital Outer Mirror" Teknologi Pengganti Fungsi Kaca Spion Mobil?
 
Spoiler for Sumber:


Spoiler for Bonus Video Ilustrasi:

Diubah oleh rahmand08 07-05-2019 06:09
kageyama09
aswira
davecchio
davecchio dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3.4K
13
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan