YenieSue0101Avatar border
TS
YenieSue0101
Amazing, Ilmuwan Berhasil Menciptakan Jantung 3D dari Sel Manusia!




Halo, Agan dan Sista pembaca setia thread ane. Apa kabar hari ini? Semoga selalu bahagia di manapun berada.


emoticon-Stick Out Tongueertamaxemoticon-Stick Out Tongueertamaxemoticon-Stick Out Tongueertamaxemoticon-Stick Out Tongueertamax


Dunia dari hari ke hari semakin berkembang. Kemampuan berpikir manusia dan canggihnya teknologi telah berhasil menciptakan penemuan-penemuan luar biasa yang berguna bagi kelangsungan hidup mereka. Salah satu penemuan terbaru yang cukup fenomenal adalah terciptanya jantung 3D rekayasa yang berasal dari sel manusia. Seperti apakah penampakannya? Berikut ulasannya.


Disimak dan jangan lupa rate & subscribe!


emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star



sumber

Imuwan dari universitas Tel Aviv, Israel telah berhasil menciptakan jantung buatan yang dicetak dengan printer 3D. Yup, jantung 3D ini menyerupai jantung manusia yang memiliki sel, lengkap dengan pembuluh darah, ventrikel dan bilik jantung. Bahkan organ buatan ini bisa berdetak dan berkontraksi, namun belum mampu memompa darah.

Cara yang dilakukan oleh para ilmuwan ini adalah dengan mengambil sel lemak dari tubuh manusia sebagai sampel. Sampel ini akan diprogram ulang sehingga menjadi sel otot jantung dan pembuluh darah. Kemudian dicetak dalam printer 3D sebagai 'tinta biologis'.

Jantung 3D buatan ini memiliki ukuran kecil seperti jantung kelinci. Meski begitu, mereka berharap kelak organ buatan tersebut benar-benar bisa berfungsi layaknya jantung manusia secara maksimal. Di kemudian hari mereka berencana melakukan uji coba pada hewan.

Penemuan ini merupakan terobosan baru dalam dunia kedokteran, yang memungkinkan para pasien transplantasi jantung bisa mempertahankan hidupnya, tanpa harus menunggu pendonor.

:terimakasih:terimakasih:terimakasih:terimakasih


Wow, amazing ya, GanSis. Jika manusia benar-benar bisa menciptakan organ tiruan yang mampu berfungsi seperti aslinya, apakah mungkin kelak mereka juga akan mampu membuat makhluk hidup alih-alih robot dengan kecanggihan teknologi?


Quote:


:tepuktangan:tepuktangan:tepuktangan:tepuktangan


Cukup sekian ulasan ane kali ini. Semoga memberi wawasan baru bagi Agan dan Sista sekalian. Bila ada kurang dan lebihnya, mohon dimaklumi. Jika ada yang ingin ditambahkan, silakan berdiskusi di kolom komentar. Sampai jumpa di thread selanjutnya.




BBB GROUP

referensi
Diubah oleh kaskus.support16 16-05-2019 08:51
bonekakiku
Cahayahalimah
kimyunn
kimyunn dan 12 lainnya memberi reputasi
13
7.2K
154
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan