investment123Avatar border
TS
investment123
[SHARING] Pengalaman Ane Investasi Gak Pake Ribet di Platform P2P Lending
Quote:






P2P Lending

Peer-to-peer lending memang platform investasi yang baru di Indonesia. Tetapi, instrumen ini cukup bisa dipercaya karena Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah membuat regulasi dan pengawasan untuk industri ini.

Terus gimana cara kerjanya? P2P lending adalah platform yang memungkinkan kita untuk membeli obligasi secara daring, baik lewat website atau pun aplikasi perusahaan penyedia layanannya. Sederhananya, kita meminjamkan uang ke orang atau perusahaan lewat platform tersebut. Kita juga bisa melihat tingkat bunga dan grade perusahaan atau perseorangan yang ingin kita pinjamkan.

Ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan ini. Lebih lengkapnya, untuk melihat perushaan tepercaya, sebaiknya agan-agan lihat direktori OJK . Kalo ane sendiri menggunakan layanan dari KoinWorks. Alasannya nanti ane jelaskan. emoticon-Wink


Mengapa di P2P lending

Bicara soal investasi, ane mau cerita sedikit gimana akhirnya ane memutuskan untuk berinvestasi di layanan P2P lending. Ceritanya waktu itu ane baru lulus kuliah dan sudah mulai punya penghasilan sendiri. Karena ane masih single dan gak punya tanggungan banyak, maka gaji ane masih tersisa kan. Dari sana, ane mikir buat nabung atau investasi. 

Awalnya ane mau nabung di deposito berjangka. Tapi ane mikir, pekerjaan ane waktu itu belum tetap, jadi takutnya gak bisa nyetor rutin ke bank. Di sisi lain, ane gak nabung di sektor saham karena gak mau ribet analisis dan ngecekin harga tiap hari. Maka dari itu, ane coba searching2 di google. Dari sana lah ane dapet informasi mengenai P2P lending dan cara kerjanya. emoticon-Malu (S)

Mengapa di KoinWorks

Berbekal list perusahaan dari OJK, ane ngecekin beberapa perusahaan penyedia layanan P2P lending. Kalo ane boleh kategorikan, perusahaan P2P lending umumnya terbagi menjadi dua. Pertama adalah P2P lending yang menyediakan layanan pinjaman untuk kebutuhan usaha (pinjaman produktif). Contoh perusahaan ini adalah KoinWorks, Amartha, Investree, dan Modalku. Kedua adalah perusahaan yang menyediakan layanan pinjaman untuk kebutuhan konsumtif. Contoh perusahaan ini adalah PinjamanGo dan tunaiku.

Ane sendiri memutuskan untuk investasi di pinjaman produktif, karena ane mikirnya kalau di pinjaman produktif, pinjaman dari ane bisa diputar untuk ekspansi perusahaan. Jadi yang diuntungkan dari pinjaman ane bukan cuman peminjam tapi karyawan perusahaannya juga. 

Dari sekian P2P lending pinjaman produktif tersedia akhirnya ane memutuskan pakai KoinWorks. Mengapa? Karena modal minimum di KoinWorks terbilang rendah, yakni hanya Rp100 ribu. Hal ini memudahkan ane untuk investasi ke berbagai pinjaman, sehingga portofolio ane lebih terdiversifikasi.

Selain itu, KoinWorks punya fitur robolending. Fitur ini memungkinkan modal yang kita punya terdiversifikasi secara otomatis dan keuntungan yang lebih terprediksi. Dengan uang ane yang pas-pasan ketika itu (dan mental gak mau rugi) makannya ane putuskan untuk investasi di KoinWorks. emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup

Bagaimana cara kerjanya? emoticon-Ngacir Tubrukan

Gampang gan. Kita diminta bikin akun, setelah itu ikutin aja prosesnya, dan masukkan data-data yang dibutuhkan. Untuk bisa mulai investasi, kita diminta transfer uang ke rekening mereka dan otomatis saldo di akun kita akan bertambah.

Berapa imbal hasilnya?

Kalau di platform yang ane pake, ada dua jenis imbal hasil yang bisa didapat. Pertama adalah cicilan bulanan (cicilan pokok dan bunga) dan kedua adalah lump slum di mana kita mendapat keuntungan di akhir masa tenor.

Ane sendiri pake robolending dan pilih jenis investasi pinjaman lump slum 6 bulan dengan bunga 11%. Cuman kalau agan tertarik investasi manual, untuk pinjaman yang kredit ratingnya A, agan bisa dapet bunga 3.5% untuk pinjaman 3 bulan. Untuk yang ratingnya lebih rendah tentu bunganya lebih tinggi. emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup

Bagaimana risikonya?

Dari segi risiko, kalau ane perhatikan, sebetulnya sama kayak obligasi pada umumnya. Perusahaan yang kita pinjamkan berkemungkinan untuk gagal bayar. emoticon-Frown

Namun setelah ane periksa di website platform yang ane pake, KoinWorks menyediakan dana khusus untuk melindungi peminjam bila sewaktu-waktu perusahaan yang kita kasih pinjam bangkrut. Namun yang akan dibayar oleh KoinWorks adalah pokoknya saja, bunganya enggak. emoticon-Frown



Quote:





0
3.8K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan