Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ebipoAvatar border
TS
ebipo 
Yuk Main Kresek Sambil Belajar! Penasaran Komunitas Apa Itu? Kuy Kepoin Gan


Sebenernya apa sih tujuan utama mereka membangun suatu komunitas? Mungkin itu salah satu pemikiran yang ada di benak agan semua yang masih bertanya dalam hati buat apa mereka melakukan itu sampai segitunya. Kalau ane sendiri mempunyai pendapat asal komunitas yang mereka buat tidak membuat rusuh atau merusak norma adat itu sah-sah saja toh itu hak mereka juga.

Terlebih jika komunitas tersebut mempunyai banyak manfaat dan mungkin juga bisa di manfaatkan oleh masyarakat, jadi membangun komunitas untuk masyarakat. Nah kebetulan nih di kota ane (dimana lagi kalau bukan di kota Kretek Kudus - Jawa Tengah)banyak banget komunitas yang berkumpul tiap malam di alun-alun, balai jagong maupun bertempat di basecamp masing-masing komunitas.

Ehemm ane sempat bingung emoticon-Hammer mau pilih yang mana buat di share cerita untuk event kreator kali ini mengenai komunitas yang ada di sekitar kita. Alhasil setelah ane milih-milih, akhirnya dapat juga 3 komunitas yang menurut ane patut di contoh bahkan sangat pantas untuk di apresiasi. Apa saja sih komunitas yang ane mau share berbagi, yuk lah kuy simak di bawah ini.


Kresek Kudus



Ilustrasi: kresek.org

Kresek singkatan dari "Kreasi Sampah Ekonomi Kudus",nah agan pasti tahu nih arah tujuan komunitas ini di bentuk emoticon-Smilie yup komunitas ini bertujuan untuk mengolah sampah menjadi sesuatu yang bisa di manfaatkan kembali terlebih bisa menjadi suatu yang layak di jual.

Kresek sendiri terbentuk di Kudus tahun 2015, jadi sudah 4 tahun komunitas ini terbentuk. Terus apa saja kegiatannya? Banyak gan mulai dari garuk sampah masal, pembagian 1000 totebag, penanaman pohon, pembuatan biopori dan masih banyak lagi.



Ane sendiri pernah melihat komunitas kresek di CFD sekitar alun-alun simpang tujuh. Jadi mereka ini masing -masing sudah membawa kresek besar warna hitam, yang dilakukan apa? Mereka keliling tuh ke alun-alun ambil sampah berserakan yang sengaja di buang sembarangan, terlebih dari mereka ada yang mengajak berdiskusi menjelaskan apa itu dan kenapa harus begini?

Mantep bukan gan komunitas kresek emoticon-Smilienah ini project mereka di tahun 2019 yaitu "Sedekah Sampah", ehem dari sedekah sampah inilah mereka bisa membantu memberikan beasiswa kepada anak yang kurang mampu maupun kurang beruntung.


Ilustrasi: kresek.org


"Kami hanya sekelompok orang yang ingin lingkungan lebih bersih dan sehat"


Quote:


Yuk Main Kudus


Ilustrasi: ayokudus.com

Beda hal dengan komunitas kresek yang bertujuan peduli lingkungan, komunitas "Yuk Main Kudus"yang terbentuk tahun 2016 merupakan komunitas bermain dan belajar anak yang bertujuan agar anak tidak selalu memainkan gadget terlebih seringnya ngegame atau yang lain.

Nah dalam komunitas ini mengajak anak-anak untuk berkreasi membuat kerajinan, berekperimen maupun bermain canda gurau sesama. Kegiatannya apa saja sih yang ada di komunitas ini, nih gan seperti gambar di bawah ini.




Seru loh gan melihat anak berimajinasi dalam membuar suatu karya. Menurut ane nih komunitas melatih anak untuk kreatif di luar pembelajaran sekolah, daripada keseringan pegang gadget buka yang tidak-tidak kan enak ikut kegiatan seperti ini gan. Mau gabung, mau tahu, mau kepoin. Nih ane kasih tahu gan di bawah.


Quote:


Kudus Mengajar


Ilustrasi: KudusMengajar

Komunitas ini terbentuk tahun 2016 di Kudus, mempunyai tujuan yang hampir sama dengan komunitas Yuk Main yaitu menggugah kembali karakter positif dari anak yang selama ini sudah terkontaminasi gadget dan tayangan televisi yang tidak mendidik. Sesuai dengan tagline “mengajar dengan hati, mengabdi pada negeri”,semua relawan yang tergabung dalam komunitas Kudus Mengajar tidak memungut biaya apapun.

Kegiatan komunitas ini sendiri meliputi membentuk karakter pola pikir anak kembali positif dengan belajar kegiatan di luar sekolah, bermain bersama, games seru maupun membuat kreasi karya imajinasi dari masing-masing anak.



Ilustrasi: KudusMengajar

Nih untuk yang mau ikut gabung atau sekedar mau tahu apa saja kegiatan mereka, agan bisa langsung ke lokasi yang bertempat di Omah Aksi Jalan Eka Praya III, Nomor 34, Rendeng, Kecamatan Kota, Kudus. Catat gan siapa tahu mau jadi relawan juga seperti mereka. emoticon-Smilie


Quote:


Bagaimana gan pendapat mengenai 3 komunitas yang sudah ane share diatas? emoticon-MaluSalut dan patut di apresiasi yang lebih untuk mereka yang sudah menjadi relawan. Mohon maaf nih kalau ada opini ane yang menyinggung atau berpikir kok cuma komunitas mereka, sekali lagi maaf ya gan dan semuanya ane ucapin terima kasih.


Spoiler for Sumber:


sinichifqh
jmontefiore
rtrn
rtrn dan 20 lainnya memberi reputasi
21
4.5K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan