Kaskus

Hobby

fajaryspAvatar border
TS
fajarysp
Simulasi Digital Kelas X ( Fungsi, Instalasi, dan Fitur Software)
Fungsi, Instalasi, dan Fitur Software.



1. Pengenalan Blender & instalasi.

Blender adalah suatu grafis yang ditulis sebagai perangkat lunak bebas ( open source ) dibawah GNU ( General Public License ). Blender dapat digunakan untuk modeling, UU, unwraping, texturing.

Blender tersedia untuk sejumlah OS antara lain linux, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

• GNU adalah GNU'S Not Unix ( Linux ).

• Modeling adalah perataan texture.

• Texturing adalah proses pemberian tulang pada objek.

• Urater Simulation adalah animasi dengan objek air ( fluid ).

• Skinning adalah proses pengulitan objek.

• Animating adalah proses menganimasikan.

• Rendering adalah proses pengubahan objek geometri menjadi mage.

• Partice merupakan animasi objek untuk zat cair, gas, api.

• Simulation adalah animasi berbasis simulasi.

• Rigid Body adalah perulangan objek manusia.

• Fluid adalah animasi efek zat cair.

• Cloth merupakan animasi lipatan kain.

• Compositing adalah fitur komposisi video.

• Modifter Based Modeling Tools adalah fitur untuk memodifikasi modeling menjadi lebih nyata.

• Phyton adalah bahasa pemograman blender.

• Powerfull Character Animasi Tools adalah fitur pelengkapan pemodelan berbasis karakter animasi.

• Scripting adalah proses pemberian coding bahasa pemograman.



2. Pengertian Fitur Blender.

× Head : Menu utama blender yang terdiri atas file, add, reader, dan help.

× Viewport : Tampilan yang terdiri atas objek lainnya.

× Tollbar : Terdiri atas daftar tools yang memiliki sifat dinamic menurut objeknya.

× Outline : Struktur data dari objek pada blender.

× Propertis : Panel yang membuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif.

× Timeline : Instruktur yang terkait dengan frame animasi atau untuk sequencer.

• Blender adalah aplikasi grafis 3D yang ditulis sebagai perangkat lunak berbasis ( Open Source ) dibawah GNU.

• Blender merupakan software yang free ( Open Source ) dan berbasis dikembangkan.

• Untuk menggunakan windows, anda dimintan untuk melihat tipe OS 32 bit atau 64 bit sebelum melakukan instalasi .

• Aplikasi untuk instalasi blender tersedia dalam OS Windows, Mac OS dan Linux.

• Untuk mendapatkan software blender bisa diunduh melalui software resmi blender www.Blender.org .

• Dalam menggunakan software terdapat shortcut yang berfungsi untuk memudahkan pemanggilan fitur.



3. Navigasi, Basic, Manipulatio, Mave, and Selection.

• Sumbu X adalah sumbu posisi horizontal atau sumbu yang berfungsi untuk menggeser objek ke arah kanan dan kiri.

• Jendela Kerja " View " berfungsi untuk memanggil perintah jendela yang diinginkan, antara lain camera view.

• Menegakka objek atau memposisikan objek dapat dilakukan dengan memasukan angka derajat seperti yang dikehendaki.

• Sumbu y sumbu horizontal yang berfungsi untuk menggeser objek ke atas dan kebawah.



4. Modeling, Enviroment, and Render Still.

• Fitur utama yang dikenalkan dalam latihan modeling adalah editing, model, vertex, edo, face, dan extrude.

• Tampilan Blender secara default adalah cube, camera, lamp, dan cursor.

• Fungsi shortcut face untuk mengatur permukaan objek Edge untuk mengatur garis objek. Vertex mengatur titik sudut objek.

• Render Still merupakan transportasi gambar dari objek hasio modeling menjadi gambar jadi.

• Extrude adalah proses penarikan pada objek terseleksi.

5. Subdivision surface, Bevel, dan Solidfy Text 3D.

• Fitur untuk membuat model menjadi lebih halus yaitu dengan fitur Subdivision Surface.

• Teknik Bevel dipakai untuk menghaluskan sudut objek yang sebelumnya kasar menjadi halus.

• Efek Solidify merupakan fitur untuk menambahkan tegasan text agar mempunyai volume.

• Texturing adalah proses menentukan karakteristik materi disebuah objek yang akan tampak pada permukaan objek tersebut.

• Riging adalah proses pengulangan yang tersusun dari beberapa kerangka yang saling berhubungan.

• Posemode berguna untuk menganimasikan kerangka.

• Camera Angel adalah sudut pengambilan gambar suatu objek.

Camera Angel menentukan wilayah dan titik pandang yang direkam oleh kamera.



6. Menganimasikan Objek.

• Animasi pada simulasi visual adalah animasi yang meliputi pemindahan operasi objek dan menganimasikan kamera animation.

• Menganimasikan adalah proses menggerakkan objek yang telah dibuat sesui dengan storyboard.



7. Camera Animation.

• Camera Animation atau animasi kamera adalah sebuat teknik animasi yang menggerakkan kamera, teknik ini juga sering digunakan dalam membuat animasi agar terlihat lebih dinamis.

• Terdapat beberapa jenis animasi kamera yaitu mode panning camera, coming camera dan gerakan kamera lainnya.



8. Rendering Sequence.

• Rendering Sequence merupakan suatu proses pengikatan gerakan objek dalam gambar berurutan.

• Rendering Sequence umumnya disimpan dalam format extensi png yang artinya latar belakangnya gambar akan transparan.

• Anda dapat menggunakan format extensi targa namun file setiap gambar atau frame akan lebih besar.



9. Editing, Mixing, dan Rendering Akhir.

• Editing adalah menggabungakan dan mengordinasikan shot demi shot menjadi keseluruhan sinematik yang utuh.

• Dalam editing anda dapat menggabungkan seluruh cut atau adegan menjadi satu kesatuan video.

• Fitur editing dalam blender dapat menggabungkan video, transisi, dan suara.



maaf jika ada kesalahan maupun kekurangan kata.🙏

sealgeekAvatar border
sealgeek memberi reputasi
1
2.7K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan