YenieSue0101Avatar border
TS
YenieSue0101
Mengenal Trancam, Salad Jawa Sederhana yang Menyegarkan



Baca juga : Aneka Masakan Pepes Anti Mainstream yang Patut Dicoba, Penasaran?

Hai, Agan dan Sista pembaca thread ane. Apa kabar hari ini? Semoga selalu berbahagia di mana pun berada.

Pada kesempatan ini, ane mau membahas sebuah olahan makanan yang bernama salad. Kalian pasti nggak asing kan dengan makanan yang satu ini?

Berbicara mengenai salad, yang terpikir di benak kalian pasti campuran dari sayur-sayuran atau buah-buahan mentah yang siap santap. Nah, kali ini ane mau mencoba memperkenalkan Trancam, sebuah nama dari salad Jawa yang berasal cari sayur-sayuran mentah yang menyegarkan.

Trancam adalah makanan yang berasal dari Jawa Tengah, tapi karena kemahsyurannya, makanan ini sudah menyebar dan dikenal di seluruh pelosok Jawa, bahkan mungkin sampai luar Jawa. Trancam di daerah ane (Jawa Timur) biasanya terdiri dari timun yang dicincang kasar, daun kenikir, daun kemangi, dan petai cina(lamtoro). Bisa juga ditambahkan dengan lamtoro muda yang belum ada bijinya. Caranya cukup dipotong kecil-kecil saja. Ingat ya, semua bahan tersebut harus masih mentah dan segar. Namanya juga salad, ya kan?





Semua bahan tersebut dicampur dan disatukan dengan bumbu. Adapun bumbunya yaitu berupa parutan kelapa muda yang telah dicampur dengan bumbu halus berbahan bawang putih, bawang merah dan cabe. Setelah semua bahan disatukan, trancam pun siap disajikan.

Makanan ini sangat cocok bagi vegetarian. Meski sederhana, trancam tak kalah menggoda dibanding dengan salad lainnya. Aroma timun dan kemangi yang khas dan segar membuat makanan ini selalu digandrungi penggemarnya. Ane sendiri termasuk penggemar trancam. Makanan ini sangat cocok dijadikan lauk nasi hangat. Rasa pedas dari cabe, gurih dari parutan kelapa, dan segar dari sayurannya menjadikan trancam sebagai makanan yang sehat yang menggiurkan.

Nah, GanSis, bagi kalian yang masih saja pilih-pilih makanan dan nggak suka sayur mentah, inilah saatnya cobain trancam. Dijamin, bakalan ketagihan deh. Ingat, sayuran merupakan salah satu komponen makanan yang dibutuhkan tubuh. Dapat nikmatnya, dapat juga manfaatnya. 😉

emoticon-Jempolemoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol


Okelah, GanSis, ane nggak mau berpanjang lebar membahas trancam, takutnya kalian jadi ngiler. Masih penasaran? Buruan cobain. Bikin sendiri di rumah gampang kok. 😉😉

Cukup sekian thread ane kali ini, semoga bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru di dunia kuliner. Jangan lupa kirimkan cendol sebagai apresiasi atas thread ini. Selamat siang dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

Belajar Bersama Bisa



ilustrasi
Diubah oleh YenieSue0101 09-05-2019 13:16
ngejleb
pinknam00
cru153r
cru153r dan 21 lainnya memberi reputasi
22
13.2K
238
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan