Salah satu hal yang paling menyebalkan pada saat main game, pastinya ketika agan dipertemukan dengan yang namanya layar loading. Bahkan, ada satu bagian di dalam game yang seharusnya bisa diselesaikan dengan lancar, tetapi agan malah harus rela dicekoki dengan loading screen yang munculnya secara tiba-tiba tanpa aba-aba. Pastinya kzl tuh.
Tapi, tau gak, dibalik menyebalkannya loading screen yang sering muncul pada game-game, terselip berbagai fakta yang bisa agan temui. Cekidot!
Quote:
Gambaran Mengenai Level/Stage yang Akan Dimasuki
Ya, minimal agan sudah tau-tau sedikitlah tentang apa yang ada di stage tersebut, siapa yang bakal agan lawan, atau bagaimana cerita dari game yang stage-nya akan agan mainkan. Tidak jarang loading screen seperti ini juga membocorkan jalur mana yang harus dilewati si pemain (baca: map), sehingga begitu sudah masuk ke dalam stage-nya, pemain tidak perlu meraba-raba isi area lingkungan di dalam game lagi (biasanya sih, terjadi di game-game balap).
Quote:
Ajang Pamer "Karya Seni"
Kita tau, salah satu hal yang paling menonjol di dalam game itu adalah aspek visualnya. Developer game, terutama bagian concept art, environment dkk pasti harus kerja keras demi menghasilkan sebuah karya yang dapat dinikmati di dalam game. Banyak cara untuk mengekspresikannya, seperti menjadikan karya tersebut sebagai bonus unlockable, easter egg, sampai loading screen. Paling tidak bisa dijadikan sebagai pengusir bosan ketika agan harus menunggu selesainya loading screen.
Quote:
Tutorial "Numpang Lewat"
Kenapa ane menyebutnya "numpang lewat"? Karena seringkali developer menyelipkan berbagai tips/tutorial di dalam suatu stage hanya di dalam loading screen dan tidak didapatkan pada tutorial biasa. Apalagi, tutorial yang ditunjukkan tidak hanya satu, tetapi bisa lebih, dan akhirnya menjadikan loading screen punya fitur scroll tips untuk melihat-lihat tutorial yang ada di sana. Ini sih enaknya kalau loading screen-nya harus ditekan tombol kalau sudah selesai. Kalau ketemu yang begitu selesai langsung masuk mah, lewatlah.
Quote:
Sarana Menguji Kesabaran
Kalau menurut ane sih, tujuan dibuatnya layar loading itu juga untuk menguji kesabaran para pemainnya. Misalnya nih, karakter yang agan mainin tuh mati. Terus, untuk bisa balik ke gamenya, harus nunggu layar loading-nya dulu. Ya, hitung-hitung buat redam emosi juga sih, biar ga sampai membara gegara mati terus . Selain itu, karena layar loading yang bersangkutan mungkin saja tidak bisa langsung selesai, agan bisa manfaatin dengan menyusun strategi, supaya jangan lagi agan ulangi kesalahan yang sama.
Quote:
Kesempatan Buat Melakukan Kegiatan di Dunia Nyata
Ini sih sebenarnya hanya berlaku jika loading yang bersangkutan itu waktunya lama banget, jadi daripada duduk diem nungguin loading-nya selesai, lebih bagus agan isi dengan melakukan hal-hal lain di luar game yang lebih berguna. Paling gampang sih kayak ke toilet, ngabisin cemilan yang gak kunjung habis sedari awal bermain, atau sekedar tinggalin konsol/PC-nya terus keluar.
Hikmah yang bisa kita petik adalah, tidak selamanya layar loading dalam game itu membosankan. Ada hal-hal yang bisa agan manfaatkan dari layar loading. Kalau agan punya cerita serupa, silakan tulis di kolom komentar.