oxsigen.Avatar border
TS
oxsigen.
Makan Dan Minum Yang Tidak Membatalkan Puasa.



Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa makan dan minum adalah hal yang membatalkan puasa. Saat menjelang subuh hal itu selalu diingatkan lewat kumandangan suara imsa diradio. Pernahkan terfikirkan dalam benak kita bahwasanya bisa saja orang puasa makan dan minum sepuas nya tanpa membatalkan puasa dan tentunya tidak berdosa.

Berikut ulasan nya.


Makan dan minum memang menjadi pantangan utama ketika berpuasa. Namun yang menjadi pembatal puasa adalah makanan dan minuman yang berasal dunia. Artinya orang yang sedang puasa boleh saja makan dan minum sepuas nya tanpa membatalkan puasa dan tidak berdosa apabila makana dan minuman yang dimakan berasal dari surga.

Makanan surga yang dimaksud adalah makanan yang betul-betul berasal dan datang nya dari surga.

Sebagaimana kita tau bahwa penjelasan tentang hukum islam banyak terdapat pada literatur klasik berupa kitab kitab karya ulama zaman dahulu. Nah dalam sebuah kitab berjudul "kasyifatussaja syarhi safinatunnaja" disebutkan

لا يفطر الصائم بوصول شئ الي جوفه من اعيان الجنة مطلقا.
Tidak batal puasanya seseorang sebab kemasukan sesuatu benda yang berasal dari surga.

Lebih jauh dalam kitab"hasyisah bujairimi alal khotib" di sebutkan

قوله : ) من عين ( بيان لما فخرج الريح والطعم ، والمراد بقوله " من عين " أي من أعيان الدنيا ، فإذا أكل من ثمار الجنة فلا يفطر ، شوبري وع ش . ومن العين الدخان المشهور فيفطر به لأنه كدخان الفتيلة ، برماوي )6/439(
Kesimpulan nya kurang lebih

Yang dimaksud ainun/sesuatu benda yang membatalkan puasa adalah benda dunia makan ketika orang puasa memakan buah yang berasal dari surga tidak batal puasanya..


Apakah itu mungkin..?

Tentun saja kemungkinan tersebut tergantung pada seberapa dekat seseorang kepada sang pencipta.

Andai saja ada seseorang yang begitu saleh hingga dikarunia rejeki berupa makanan dan minuman yang didatangkan dari surga saat bulan puasa lalu dia memakan nya sendiri atau membaginya dengan orang lain yang sama-sama sedang melakukan ibadah puasa, tentulah puasanya tidak serta merta menjadi batal.

Enak bukan? Pasti akan banyak yang berandai-andai. Tapi nyatanya hal tersebut meski mungkin saja terjadi tetapi akan sulit bahkan sangat sangat sangat sulit untuk bisa dilakukan atau dialami oleh orang-orang pada masa kini.



Sumber kutipan kitab
http://www.piss-ktb.com/2017/12/5346...ri-syurga.html

Sumber foto
http://4.bp.blogspot.com/-wlhq_DeFxv...akan-puasa.jpg
slametgentho
surogu
nona212
nona212 dan 3 lainnya memberi reputasi
2
2K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan