omdikenyotomAvatar border
TS
omdikenyotom
[epic of gilgamesh] karya sastra tertua manusia

asyuranbanipal

tahun 1849 , arkeolog bernama Austen Henry Layard,menemukan perpustakaan asyuranbanipal,yaitu perpustakaan kuno maha besar peninggalan kebudayaan asyria yg berasal dari era 700 Sebelum Masehi.


struktur rak tablet batu di perpustakaan asyuranbanipal

perpustakaan raksasa ini terpelihara dalam kondisi cukup baik dan menyimpan30.000++ keping tablet batu yg menyajikan informasi tak ternilai harganya yg membawa arkeologi ke dunia kuno ribuan tahun lalu.

memberi arkeologi ambaran budaya,tradisi,agama,hukum,administrasi,dan legenda bangsa timteng masa lalu.

penemuan catatan plg berharga yg ditemukan disana adalah epic of gilgamesh/epos of gilgamesh,epos tertua umat manusia,sebuah cerita kisah kepahlawanan plg populer bagi bangsa sumeria,babylonia,dan asyria selama ribuan tahun sekaligus merupakan cerita keagamaan mereka.


epic of gilgamesh ditulis dalam tulisan cuineform,arkeolog memastikan cerita ini bertahan ribuan tahun lintas generasi sumeria-babylonia-asyria,dan penemuan tablet epic of gilgamesh di asyuranbanipal saja(epic of gilgamesh jg ada ditemukan ditempat dan waktu yg lain) ditulis dalam dua bahasa,asyur dan neo-babylonia ,ditulis dalam bentuk puisi bercerita

12 tablet berisi cerita lengkap epic of gilgamesh telah berhasil diterjemahkan,sebagian tablet berhasil dibaca dengan sangat baik,namun sebagian kecil diantaranya ada yg mengalami kerusakan parah,sehingga arkeolog melengkapi cerita epic of gilgamesh dengan puisi lainnya yg masih memiliki koneksi cerita dengan epic of gilgamesh.Dan menurut TS pribadi selain cerita epic of gilgamesh cukup seru(seperti cerita pertulangan anime/manga),jg memiliki pesan moral yg bagus.



berikut isi 12 tablet epic of gilgamesh :

tablet 1 :




gilgamesh,anak dari dewi ninsun dan Lugulbanda,gilgamesh memangun kota uruk dan jg tembok kotanya


Gilgames dari Uruk, raja terbesar di muka bumi,penguasa bumi. 2/3 dewa dan 1/3 manusia, adalah Raja terkuat yang pernah ada ,bertubuhbesar raksasa dan kuat perkasa.

kekuatan absolut gilgamesh membuatnya bertindak semena-mena,ia meniduri setiap calon pengantin perempuan bangsawan kerajaannya sebelum diserahkan ke suaminya, mengambil apapun dari rakyatnya,dan menyingkirkan apapun yg berani menghalanginya.

sungguh penguasa yg lalim

tp siapa yg berani melawan?

Ketika rakyatnya mengeluh bahwa ia terlalu kejam,para dewa mendengar,dewi penciptaan,yaitu dewi Aruru menciptakan manusia liar Enkidu,bertubuh besar dan perkasa juga seperti gilgamesh, dari tanah liat,ia bentuk dan hembuskan nafas kehidupan.

enkidu tinggal di hutan bersama sama teman teman binatangnya,ia bahkan bisa berkomunikasi dengan mereka.sampai suatu hari seorang pemburu melihat enkidu dihutan.ia terkejut ketakutan dan kabur kembali ke kota,memberitahu orang orang bahwa ia melihat manusia raksasa yg bakal menjadi lawan yg setimpal bagi gilgamesh.

tapi bagaimana cara menarik enkidu ke kota dan melawan gilgamesh?

ayah si pemburu memberi usul : "pikat enkidu dengan pramuria kuil cantik yg bernama shamhat."

shamhat berbaring di hutan,ketika enkidu melihatnya,shamhat menunjukkan buah dadanya dan menggoda enkidu

untuk pertama kalinya enkidu mengenal nafsu seks

6 hari 7 malam mereka berhubungan

dan saat enkidu selesai memuaskan hasratnya dan kembali kehutan menemui teman teman binatangnya,mereka menolaknya.

enkidu telah berbau manusia dan kehilangan kesuciannya,teman temannya tkabur melihatnya.

frustasi,enkidu kembali ke shamhat dan meminta nasihatnya

shamhat kemudian membujuk enkidu tinggal dikota bersama sama kaum sejenisnya(manusia)

shamhat mengenalkan enkidu musik,pakaian,makanan,dan peradaban manusia lainnya..jg menceritakan tentang gilgamesh si raja kejam..

enkidu naik darah mendengar bagaimana bagaimana gilgamesh merudapaksa setiap calon pengantin seenaknya dan berbuat semena mena kpada rakyatnya.

rencana berhasil,demi rakyat uruk,enkidu akan menantang gilgamesh berkelahi

ditempat lain,gilgamesh mendapat petunjuk mimpi akan kedatangan enkidu



tablet 2



si pramuria kuil membagi sebagian kain nya utk enkidu,ini adalah pakaian pertama enkidu.si pramuria kuil menggengam tangan enkidu dan membawanya ke uruk.


enkidu memasuki gerbang kota uruk,rakyat uruk terpana melihat ukuran tubuh besar enkidu dan otot otot tubuhnya yg kokoh.mereka bersorak,akhirnya rakyat uruk memiliki jagoan sepadan dengan raja lalim mereka.

hari ini akan ada calon pengantin perempuan yg ditiduri gilgamesh,dalam iringan perjalanan,enkidu memblokir arak arakan pengantin tersebut dan menantang gilgamesh

gilgamesh menyanggupinya,ia bahkan senang akhirnya ada lawan yg memiliki ukuran tubuh sepadan dirinya.

mereka bergulat dijalan,membentur tembok kota ,dan tembok kota bergetar.seluruh kota terpana menyaksikan pertarungan mereka.pada akhirnya gilgamesh berhasil mengunci enkidu dalam pergulatan seru ditengah kota.namun bukannya kebencian,justru antara enkidu dan gilgamesh muncul rasa saling mengagumi ,mereka berpelukan (dan berciuman)emoticon-Betty (S)

gilgamesh mendeklarasikan enkidu sebagai sahabatnya

ibu gilgamesh,dewi ninsun memberi berkat restu kepada mereka,bahwa keduanya adalah sahabat sejati mulai sekarang(hubungan bromance emoticon-Betty (S))

"persahabatan" gilgamesh+enkidu membawa dampak positif bagi kepribadian gilgamesh,ia sangat menghargai pendapat enkidu,termasuk dalam memperlakukan rakyatnya sehingga gilgamesh tidak lagi berbuat semena mena kpada rakyatnya meski sifat angkuh gilgamesh tetap terpelihara.

enkidu suatu hari menceritakan tentang hutan cedar yg dijaga humbaba,monster peliharaan dewa enlil(dewa penguasa bumi,angin,udara)

enkidu menceritakan monster ini sangat kuat,dan tidak mngkn dikalahkan.

gilgamesh semakin tertantang,ia memilih mengambil resiko membuktikan dirinya sebagai petarung terkuat.

bersama enkidu dan gilgamesh mempersiapkan diri mencari humbaba

*sebenarnya kepastian pemenang duel gilgamesh-enkidu tidak pasti,dikarenakan pada bagian cerita tersebut mengalami kerusakan sehingga arkeolog menafsirkan sendiri berdasarkan puisi terkait gilgamesh lainnya

tablet 3 dan 4



gilgamesh mengumpulkan rakyatnya dan berpidato bahwa ia akan mengalahkan humbaba dan mengambil ranting pohon cedar yg dilindungi humbaba,para tetua penasihat kota uruk memperingati gilgamesh bahwa ia bertindak terlalu jauh dan membahayakan nyawanya sendiri.

niat gilgamesh telah bulat,sadar bahwa tidak mungkin membujuk gilgamesh membatalkan niatnya para tetua mengajurkan agar gilgamesh meminta berkat dewa matahari : shamash dan mendiang ayahnya.

shamash mengangkat enkidu sebagai anaknya,ditandai dengan ritual perayaan ,termasuk pesta seks hetero dan homo seksual emoticon-Betty (S)


akhirnya perjalanan keduanya dimulai,dengan senjata dan armor terbaik,keduanya dengan kaki raksasanya telah berjalan 450 mil dalam waktu 3 hari.mereka tidak berhenti kecuali saat makan.

dalam perjalanan,enkidu mengalami keraguan,namun gilgamesh menyemangatinya bahwa mereka bisa mengalahkan humbaba


lanjut dibawah


Diubah oleh omdikenyotom 14-10-2017 18:24
anasabila
darissean
darissean dan anasabila memberi reputasi
2
28.9K
139
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan