Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dungdunggdebakAvatar border
TS
dungdunggdebak
Alasan Mengapa Kota Medan Paling Cocok Sebagai Ibukota Pengganti Jakarta


Medan, secara administratif, tercatat sebagai Ibu Kota Sumatera Utara. Kota ini memiliki luas wilayah 26.510 hektare atau 265,10 kilometer persegi. Bila diukur, kira-kira 3,6 persen dari wilayah Sumatera Utara diduduki oleh kota tersebut. Istimewanya, Medan merupakan daerah yang komplit. Segala hal ada di sana: hiburan, pendidikan, kuliner, perkumpulan berbagai etnis dan lain-lain.
Keelokan Medan beserta bentang alam di sekitarnya yang menawan membuat orang betah tinggal berlama-lama di sini. Bila 'terpaksa' merantau, mereka akan selalu rindu pulang ke kampung halaman. Bahkan, tak sedikit orang yang sudah sukses di rantau, masa tuanya balik ke Medan untuk menikmati hidup.

Apa sih yang membuat Medan begitu nyaman?

1. Kota ini termasuk dalam jajaran kota terbesar di Indonesia, tentunya setelah Jakarta dan Surabaya. Otomatis Medan menjadi tujuan bagi para perantau di Sumatera.



Kotanya maju dan tergolong besar, meski berada jauh dari ibu kota negara. Karenanya, banyak orang Sumatera bertandang ke Medan untuk bekerja atau sekadar bersekolah. Medan layaknya Jakarta bagi orang-orang Sumatera.

2. Medan ditinggali beragam kelompok etnis dan agama. Meski demikian, mereka hidup rukun berdampingan. Hal itu membuat Medan menjadi salah kota toleran.



Setidaknya ada lebih dari lima kelompok etnis yang tinggal di kota itu. Di antaranya Aceh, Batak, Jawa, Mandailing, Minangkabau, Melayu, Tionghoa. Agama penduduk pun berlainan. Meski demikian, tak ada yang merasa mendominasi. Tidak ada pula yang merasa terdiskriminasi. Karena itu, tak heran kalau kita jarang mendengar ada kabar kerusuhan di Medan yang disebabkan karena perbedaan suku, RAS, atau golongan.

3. Secara geografis, letak Medan sangat strategis lantaran berada di pinggir Selat Malaka. Ini membuatnya menjadi pintu gerbang perdagangan internasional. Tak heran banyak saudagar tinggal di sana.



Banyak juragan asal-muasalnya dari Medan. Sebab, kota ini sangat strategis dan terletak di pinggir Selat Malaka. Muara perdagangan pun asalnya dari sana. Entah perdagangan antar-daerah atau antar-negara. Karena itu, tak heran banyak orang menjadi pedagang dan tak mengherankan pula bila banyak di antaranya sukses menjadi orang kaya.
Baca Juga: 7 Jawara Ajang Pencarian Bakat Ini Semua Asal Medan Lho, Horas!

4. Medan adalah muaranya kuliner. Segala masakan enak adanya di sini. Jangan iri kalau di pinggir jalan saja rasa masakan yang dijual penduduk lokal punya cita rasa

Tak usah dipertanyakan lagi nikmatnya tinggal di Medan. Sebab, salah satu yang membuktikan adalah kuliner. Di sana, orang tak perlu pergi ke mana-mana untuk makan enak. Cukup keluar dari rumah, membeli penganan di warung-warung kecil saja sudah nikmat. Banyak jenis kuliner terdapat di sana, mulai mi Medan hingga ikan mas arsik. Maklum, latar belakang masyarakat yang beragamlah yang membikin masakan di sana ikut berwarna.

https://www.idntimes.com/hype/fun-fa...nggal-di-medan
simsol...
apollion
48y24rd
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
3
5K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan